Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kemenkeu Mengajar 7, Satu Hari Mengajar, Selamanya Memberi Arti
Widya Aprilina Sinaga
Rabu, 30 November 2022   |   536 kali

Pematang Siantar, 28/11/2022 - Kementerian Keuangan kembali melaksanakan kegiatan Kemenkeu Mengajar secara serentak di seluruh Indonesia yang pada tahun 2022 ini menjadi tahun ke-7 Kemenkeu Mengajar hadir memberikan pembelajaran kepada siswa/i tentang bagaimana peran Kementerian Keuangan dalam upaya menjaga ekonomi negeri, serta memperkenalkan profesi, nilai-nilai kebaikan, dan semangat yang ada di Kementerian Keuangan. Kemenkeu Mengajar (KM) merupakan kegiatan mengajar yang dilakukan oleh Pegawai Kementerian Keuangan secara sukarela dan tidak membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Kemenkeu Mengajar dilaksanakan sekaligus sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Oeang Ke-76 Republik Indonesia sekaligus bentuk bakti dan pengabdian insan Kementerian Keuangan kepada masyarakat, khususnya di dunia pendidikan.

Bersama dengan kota-kota lainnya di Indonesia, Kota Pematang Siantar turut serta menjadi salah satu wilayah Kemenkeu Mengajar dilaksanakan dimana terdapat 2 (dua) sekolah yang menjadi kolaborator, yaitu SMA Negeri 4 dan UPTD SD Negeri 122380.

Adapun para relawan terbagi dalam 4 (empat) bagian besar, yaitu Panitia Daerah, Relawan Pengajar, Relawan Fasilitator, dan Relawan Dokumentator yang berasal dari beberapa instansi di bawah Kementerian Keuangan. Widya Aprilina Sinaga, Pelaksana pada Seksi Hukum dan Informasi turut serta bergabung menjadi salah satu relawan dokumentator Kemenkeu Mengajar di UPTD SD Negeri 122380 mewakili KPKNL Pematang Siantar.

Materi yang disampaikan oleh para pengajar adalah terkait peran Kementerian Keuangan dalam mengelola APBN, peran APBN dalam dunia pendidikan masa kini, berbagai Proyek Strategis Nasional, pengenalan profesi yang ada di Kementerian Keuangan, serta cerita inspirasi untuk menjaga semangat belajar para siswa dan siswi di masing-masing sekolah.

“Saya berharap, kegiatan Kemenkeu Mengajar ini dapat memberikan pengetahuan baru kepada anak-anakku sekalian, mengenai dasar-dasar pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), termasuk peran yang bisa kita lakukan sebagai warga negara sebagai salah satu bentuk kecintaan kita kepada Indonesia.” kata Virgilia Letare Trishanti, Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan KPPBC TMP C Kota Pematang Siantar dalam sambutannya.

“Kami sangat senang sekali atas kedatangan Kemenkeu ke sekolah kami dengan tadi penjelasan yang disampaikan oleh Narasumber, anak-anak menjadi lebih tahu anggaran negara itu ke mana dan apa-apa saja yang menjadi tugas dari Kementerian Keuangan.” ucap Saurmauli Sibarani, Plt Kepala Sekolah UPTD SD Negeri 122380. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan Kemenkeu Mengajar bisa ini menjadi salah satu motivasi bagi seluruh siswa/i untuk dapat belajar dengan lebih giat lagi dalam mencapai cita-cita mereka masing-masing.

Salah satu relawan fasilitator, Ribka Sitanggang, juga menyampaikan rasa bahagia dan senang telah menjadi salah satu relawan pada rangkaian acara Kemenkeu Mengajar 7, khususnya pada SDN 122380 Pematang Siantar. “Anak-anaknya begitu antusias, lucu, dan pintar-pintar, guru-guru juga sangat suportif dalam menyambut kedatangan keluarga besar Kemenkeu”, tambah Beliau.

Mengakhiri sambutannya, Virgilia Letare Trishanti mengajak seluruh siswa/, guru, dan relawan untuk terus menguatkan sinergi dan memberikan yang terbaik sesuai peranan masing-masing. “Kita membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dan punya kapasitas yang cukup untuk menjadikan Indonesia negara yang maju, sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Kemajuan Indonesia adalah hasil ikhtiar kita Bersama.” tambah Beliau.

 

Kemenkeu Mengajar 7, Dari Kami Untuk Negeri.

Satu hari Mengajar, Selamanya akan Memberi Arti.

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini