Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Gebyar Lelang UMKM 2022, Pulih dan Bangkit Bersama Lelang Indonesia
Widya Aprilina Sinaga
Kamis, 24 Maret 2022   |   297 kali

Kamis (24/3) segenap keluarga besar Direktorat Jenderal Kekayaan Negara merayakan acara Gebyar Lelang UMKM yang merupakan Puncak Rangkaian kegiatan Perayaan 114 Tahun Lelang Indonesia. Lelang Indonesia lahir semenjak diundangkannya Vendu Reglement (VR) pada tanggal 28 Februari 1908 sebagai dasar hukum penjualan secara lelang di Indonesia. Pelaksanaan lelang ini terbukti menstimulus dan mewarnai perekonomian nasional melalui penjualan barang yang mencerminkan fungsi publik dan privat. Lelang selalu mendukung visi dan misi DJKN dalam mengumpulkan penerimaan negara. Lelang yang efisien, transparan, akuntabel, adil, dan kompetitif melalui Portal Lelang Indonesia, lelang.go.id lahir menjadi salah satu sarana jual beli yang dapat mengakomodasi kepentingan masyarakat.

Kegiatan 114 Tahun Lelang Indonesia untuk tahun 2022 mengusung tema yang sejalan dengan Pelaksanaan Presidensi G-20, yaitu “Dengan semangat 114 Tahun Lelang di Indonesia, mari bersama kita dorong Pemulihan dan Penguatan Ekonomi Indonesia” dengan slogan “Pulih dan Bangkit bersama Lelang Indonesia”. Sedangkan tema Kedai Lelang UMKM Tahun 2022 adalah “Inovasi Lelang Produk UMKM mendukung pemulihan dan penguatan ekonomi masyarakat” dengan slogan “KEDAI Lelang, Inovasi Tiada Henti Sahabat UMKM”.

Kegiatan Gebyar Lelang UMKM dan Kedai Lelang UMKM Tahun 2022 didukung oleh para Pembina UMKM dari berbagai wilayah di Indonesia. Kegiatan ini berpotensi melibatkan 600 pelaku UMKM dan menargetkan dapat menjual 3000 lot produk UMKM. Kegiatan Gebyar Lelang UMKM bukan hanya dilaksanakan untuk mendukung para pelaku UMKM, melainkan berkontribusi juga dalam gerakan Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Rangkaian acara Gebyar Lelang UMKM dibuka oleh Master of Ceremony (MC), Ronny Sianturi, salah satu personil dari grup vokal pria Indonesia yang dikenal dengan nama Trio Libels yang juga merupakan seorang aktor, penyanyi, dan politikus Indonesia. Beliau juga turut serta menghibur seluruh insan lelang yang mengikuti Puncak Perayaan 114 Tahun Lelang Indonesia dengan mempersembahkan salah satu lagu dari penyanyi legendaris Indonesia, Chrisye yang berjudul “Cintaku”.

Joko Prihanto, Direktur Lelang DJKN menyampaikan laporan terkait pelaksanaan Kegiatan Gebyar Lelang dan Rencana Kegiatan Kedai Lelang UMKM Tahun 2022 sebagai rangkaian perayaan  114 tahun lelang Indonesia. “Untuk memeriahkan kegiatan 114 Tahun Lelang Indonesia, telah dilakukan Bulan Sinergi dan Edukasi Lelang yang berkolaborasi dengan panitia dari Perbankan, yaitu Bank BRI, Bank BNI, Bank BTN, Bank Mandiri, Bank BCA, dan Bank BSI untuk melakukan beberapa kegiatan, seperti beberapa webinar yang telah dilaksanakan yang tentunya sangat bermanfaat bagi seluruh insan lelang Indonesia” ujar Beliau dalam paparannya.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Rionald Silaban dalam sambutannya menyampaikan agar seluruh insan lelang Indonesia dapat menjulang wawasan pengetahuan dalam mendukung kinerja pelayanan lelang serta turut membantu Pelaku UMKM untuk bangkit dari dampak Pandemi Covid-19. “Gebyar Lelang Produk UMKM, Kedai Lelang UMKM, dan berbagai webinar yang telah dilaksanakan selama Bulan Sinergi dan Edukasi Lelang merupakan warna kemeriahan 114 tahun lelang”, tambah Beliau. Rionald Silaban juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia baik dari pihak perbankan maupun DJKN atas terlaksananya rangkaian Kegiatan 114 Tahun Lelang Indonesia dengan baik dan kepada seluruh insan lelang Indonesia yang telah mendukung dan memeriahkan kegiatan 114 Tahun Lelang Indonesia.

Setelah menyampaikan sambutan, Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Rionald Silaban secara resmi mencanangkan Kegiatan Kompetisi dan Inovasi Lelang Produk UMKM (Kedai Lelang UMKM) Tahun 2022. KEDAI Lelang UMKM dilaksanakan sebagai sarana dalam mendorong ide-ide kreatif, inovatif, dan solutif dari seluruh KPKNL di Indonesia dalam mewujudkan lelang sebagai salah satu instrumen jual beli di masyarakat. Kedai Lelang UMKM ini sendiri telah dilaksanakan sejak tahun 2020 dan pada tahun 2021, Kedai Lelang UMKM telah melibatkan sebanyak 199 pelaku UMKM dari seluruh Indonesia, tak kurang dari 2.967 lot barang UMKM telah ditawarkan melalui KPKNL di seluruh Indonesia dan sebanyak 1.370 lot barang telah laku terjual menghasilkan Pokok Lelang sebesar Rp499,56 juta.

Rionald Silaban juga melaksanakan virtual visit pelaksanaan lelang UMKM pada beberapa Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) yang tersebar di Indonesia, yaitu KPKNL Ambon, KPKNL Palembang, KPKNL Pontianak, KPKNL Makasar, KPKNL Denpasar, KPKNL Malang, KPKNL Yogyakarta, dan juga Balai Lelang Serasi.

Di penghujung acara, Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Rionald Silaban mempersembahkan sebuah lagu yang berjudul “Kasih Ibu”. Lagu ini ditujukan bagi seluruh insan lelang di Indonesia. “Seandainya hati dan pikiran kita sejernih anak-anak, maka dunia ini akan lebih baik”, ujar Beliau ketika memilih lagu “Kasih Ibu”.

Di lain tempat, KPKNL Pematangsiantar turut serta melaksanakan lelang Produk UMKM yang berada di wilayah kerja KPKNL Pematangsiantar. Produk-produk yang dilelang terdiri dari berbagai jenis bidang usaha, yaitu makanan, fashion (pakaian dan aksesoris), maupun cenderamata (kerajinan tangan, oleh-oleh khas daerah). Pelaksanaan lelang UMKM pada 24 Maret 2022 ini telah menjual 36 lot produk UMKM dan menyumbang pokok lelang sebesar Rp 6.178.342,00. Pelaksanaan lelang ini turut dihadiri oleh Pelaku UMKM terkait. “Kami para Pelaku UMKM sangat bersyukur, sangat berterima kasih kepada KPKNL Pematangsiantar yang telah memberikan kesempatan untuk dapat ikut lelang, omzetnya bagus, responnya juga bagus, semoga kedepannya, kami masih diberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan di KPKNL Pematangsiantar”, ujar salah satu Pelaku UMKM.

114 Tahun Lelang, Pulih dan Bangkit bersama Lelang Indonesia

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini