Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
DJKN Goes to Campus, Uang Kita dan Kekayaan Negara Bangkitkan Ekonomi Rakyat
Widya Aprilina Sinaga
Selasa, 29 Juni 2021   |   180 kali

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pematangsiantar mengikuti kegiatan DJKN Goes to Campus yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Sumatera Utara pada hari Selasa, 29 Juni 2021. Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual baik melalui aplikasi zoom maupun siaran langsung pada kanal Youtube Kanwil DJKN Sumatera Utara ini diikuti oleh perwakilan mahasiswa/i dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada Universitas Sumatera Utara. Tema yang diangkat dalam DJKN Goes to Campus kali ini adalah Uang Kita dan Kekayaan Negara Bangkitkan Ekonomi Rakyat.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) pada Universitas Sumatera Utara (USU), Dr. Fadli, S.E., M.Si sangat mengapresiasi kegiatan DJKN Goes to Campus ini karena dinilai sangat bermanfaat bagi pengetahuan mahasiswa/i. Beliau berharap agar kegiatan ini dapat berkelanjutan serta mahasiswa/i pada Universitas Sumatera Utara kiranya terhindar dari segala hoax yang tersebar di media massa terkait pengelolaan kekayaan negara. Beliau juga mengatakan bahwa Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada Universitas Sumatera Utara telah berkomitmen untuk memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik kepada seluruh civitas akademika. FEB USU juga telah melakukan transformasi untuk membangun lingkungan pembelajaran yang mendukung visi USU yang semakin kondusif dan memberikan pengalaman belajar terbaik. Sebagai salah satu bentuk komitmen tersebut, FEB USU akhirnya bekerja sama dengan Kanwil DJKN Sumatera Utara untuk melaksanakan kuliah umum dengan tema DJKN Goes to Campus yang telah diselenggarakan tersebut.

Rektor Universitas Sumatera Utara, Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si sangat tertarik dengan tema yang diangkat dalam acara tersebut karena sangat signifikan dengan masa pandemi kali ini dimana Indonesia dihadapkan pada situasi yang sulit terutama dalam pembiayaan sektor-sektor publik, peningkatan regulasi, serta distribusi sumber-sumber keuangan yang ada di masyarakat. Beliau juga mengimbau seluruh mahasiswa/i serta para dosen yang mengikuti acara tersebut agar dapat memanfaatkan secara maksimal waktu dan informasi yang telah diberikan oleh para narasumber untuk menambah wawasan mengenai keuangan negara.

Berbeda dengan sambutan yang diberikan oleh Rektor dan Dekan FEB USU, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Sumatera Utara, Tedy Syandriadi membuka sambutannya dengan membacakan sebuah pantun. Setelah itu, beliau menjelaskan tentang tujuan kegiatan DJKN Goes to Campus tersebut, yaitu untuk memberikan pengenalan, pembelajaran, serta pemahaman terkait tugas dan fungsi yang ada di Kementerian Keuangan khususnya unit Eselon I Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). Beliau berharap kiranya makna kegiatan tersebut tidak berkurang walaupun dilaksanakan secara virtual, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan secara fisik. Kanwil DJKN Sumatera Utara telah berusaha untuk mengemas kegiatan tersebut semenarik mungkin agar materi dapat lebih tersampaikan kepada mahasiswa/i. Beliau juga menjelaskan tentang respon DJKN dalam menanggulangi pandemi Covid-19 yaitu dengan melakukan adaptasi penyesuaian regulasi dan proses bisnis, baik dengan perubahan SOP, perubahan adaptasi (cara kerja), serta penguatan SDM.

Sebelum memasuki materi utama, Kanwil DJKN Sumatera Utara memutarkan video penyerahan cenderamata oleh Kepala Kanwil DJKN Sumatera Utara, Tedy Syandriadi kepada Rektor Universitas Sumatera Utara, Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si.. Penyerahan cenderamata telah dilaksanakan pada hari sebelumnya, yaitu pada tanggal 28 Juni 2021 di ruang rektor Universitas Sumatera Utara. Universitas Sumatera Utara juga turut memberikan cenderamata kepada Kanwil DJKN Sumatera Utara sebagai bentuk kerjasama dalam membantu tugas dan fungsi DJKN serta meningkatkan pengetahuan mahasiswa/i Universitas Sumatera Utara.

Terdapat 2 (dua) narasumber dalam acara tersebut, yaitu Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara (Kabid PKN) Kanwil DJKN Sumatera Utara, Maulina Fahmilita, M.Si., Psikolog dan Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Medan, Kesatria Purba. Maulina Fahmilita menyampaikan materi tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN), dan Peran Serta Barang Milik Negara (BMN) dalam membangkitkan ekonomi. “Setiap dari kita pasti melakukan pengelolaan atas keuangan secara pribadi, apalagi sebuah negara yang salah satu tujuannya adalah menyejahterakan masyarakat tentunya mempunyai instrumen untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat tersebut dengan adanya APBN”, sebut Maulina dalam mengawali materi yang disampaikan. Maulina mengajak seluruh peserta untuk dapat menjaga Barang Milik Negara (BMN) karena BMN sendiri berasal dari masyarakat dan digunakan kembali untuk kepentingan masyarakat. Berbeda dengan materi yang disampaikan oleh Maulina Fahmilita, Kesatria Purba menyampaikan materi tentang peran DJKN dalam investasi pemerintah. Beliau menjelaskan bahwa DJKN berperan aktif dalam investasi pemerintah yang ditunjukkan dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan khususnya penyuntikan dana PMN kepada BUMN.

Kegiatan DJKN Goes to Campus dilakukan sebagai salah satu upaya tata kelola proses komunikasi di Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dalam rangka mendukung pencapaian visi dan misi organisasi serta memperkenalkan tugas dan fungsi pelayanan di seluruh bidang yang ada di DJKN.

Ayo Jaga Aset Negara !

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini