Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Penguatan Budaya Inklusif untuk Layanan Inklusif, KPKNL Pekanbaru Gelar Sosialisasi Etika Berinteraksi Dengan Penyandang Disabilitas
Zulfa Asria Nafiati
Selasa, 27 Februari 2024   |   58 kali

Pekanbaru, 26 Februari 2024 - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekanbaru mengadakan Sosialisasi Pemenuhan Hak dan Perlindungan Terhadap Kelompok Rentan yang bertujuan untuk memperkuat budaya inklusif dalam layanan publik dengan mengundang pengajar dari Sekolah Luar Biasa Negeri Pembina Pekanbaru.

Dalam acara yang digelar di Ruang Rapat Samudera, dihadiri oleh para ASN maupun PPNPN di lingkungan KPKNL Pekanbaru. Sosialisasi ini merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman akan etika berinteraksi dengan penyandang disabilitas, serta mengkampanyekan budaya yang inklusif di dalam pemberian layanan.

Topik yang dibahas dalam sosialisasi ini mulai dari pemahaman tentang jenis-jenis disabilitas, cara berkomunikasi yang efektif, hingga penanganan situasi khusus yang melibatkan penyandang disabilitas. Para peserta diajak untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi dan berbagai simulasi situasi, sehingga mereka dapat mempraktikkan langsung keterampilan yang dipelajari dalam pelaksanaan tugas dan fungsi sehari-hari.

Acara ini sangat penting dalam konteks peningkatan pelayanan publik yang ramah terhadap semua lapisan masyarakat, termasuk penyandang disabilitas. Menurut Kepala KPKNL Pekanbaru, Maulina Fahmilita, sosialisasi ini diharapkan dapat menambah wawasan para pegawai KPKNL Pekanbaru agar menjadi lebih sensitif dan kompeten dalam berinteraksi dengan penyandang disabilitas.  â€śLayanan publik yang diselenggarakan diharapkan menjadi lebih inklusif dan memberikan manfaat yang maksimal bagi seluruh elemen masyarakat, termasuk penyandang disabilitas" ujarnya.

Pada saat menutup kegiatan, wanita kelahiran Bukittingi ini kembali menegaskan agar pelayanan yang aksesibel bagi semua stakeholder tidak saja dipenuhi fasilitasnya namun juga etika dan perilaku pelayanan yang menghilangkan kendala atas akses layanan.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini