Pekanbaru, 26 Februari 2024 - Kantor Pelayanan
Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekanbaru mengadakan Sosialisasi Pemenuhan
Hak dan Perlindungan Terhadap Kelompok Rentan yang bertujuan untuk memperkuat
budaya inklusif dalam layanan publik dengan mengundang pengajar dari Sekolah
Luar Biasa Negeri Pembina Pekanbaru.
Dalam acara yang digelar di Ruang Rapat Samudera, dihadiri
oleh para ASN maupun PPNPN di lingkungan KPKNL Pekanbaru. Sosialisasi ini
merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman akan etika berinteraksi dengan
penyandang disabilitas, serta mengkampanyekan budaya yang inklusif di dalam pemberian
layanan.
Topik yang dibahas dalam sosialisasi ini mulai dari
pemahaman tentang jenis-jenis disabilitas, cara berkomunikasi yang efektif,
hingga penanganan situasi khusus yang melibatkan penyandang disabilitas. Para
peserta diajak untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi dan berbagai simulasi
situasi, sehingga mereka dapat mempraktikkan langsung keterampilan yang dipelajari
dalam pelaksanaan tugas dan fungsi sehari-hari.
Acara ini sangat penting dalam konteks peningkatan pelayanan
publik yang ramah terhadap semua lapisan masyarakat, termasuk penyandang
disabilitas. Menurut Kepala KPKNL Pekanbaru, Maulina Fahmilita, sosialisasi ini
diharapkan dapat menambah wawasan para pegawai KPKNL Pekanbaru agar menjadi
lebih sensitif dan kompeten dalam berinteraksi dengan penyandang disabilitas. “Layanan publik yang diselenggarakan diharapkan
menjadi lebih inklusif dan memberikan manfaat yang maksimal bagi seluruh elemen
masyarakat, termasuk penyandang disabilitas" ujarnya.
Pada saat menutup kegiatan, wanita kelahiran Bukittingi ini
kembali menegaskan agar pelayanan yang aksesibel bagi semua stakeholder tidak
saja dipenuhi fasilitasnya namun juga etika dan perilaku pelayanan yang
menghilangkan kendala atas akses layanan.