KPKNL Pekanbaru
BERITA UTAMA
Pekanbaru – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekanbaru telah melaksanakan lelang eksekusi terhadap barang rampasan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru melalui situs www.lelang.go.id pada hari Kamis (25/6). Barang rampasan yang di
Profil KPKNL Pekanbaru
MENGENAL KPKNL PEKANBARU, SAMUDERA DI TENGAH DARATAN RIAU

          Kantor Pelayanan Kekayaan Negara danLelang (KPKNL) Pekanbaru,  sebagai salah satu instansi vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan, dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor: 135/PMK.01/2006 tanggal 28 Desember 2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara sebagai imbas dari reorganisasi ditubuh Kementerian Keuangan dimana Direktorat Jenderal Piutang dan Lelang Negara (DJPLN) dilebur menjadi DJKN di mana fungsi Pengurusan Piutang Negara dan Pelayanan Lelang yang merupakan tugas danfungsi DJPLN digabung dengan fungsi Pengelolaan Kekayaan Negara yang sebelumnya merupakan bagian tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

        Dalam struktur organisasinya, KPKNL Pekanbaru berada di bawah koordinasi dan bertanggung jawab langsung kepada Kantor Wilayah DJKN Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau. KPKNL Pekanbaru mulai melaksanakan pelayanan sejak tanggal 1 April 2007 dengan beralamatkan di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 24, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. KPKNL Pekanbaru saat ini telah memiliki sarana dan prasarana bangunan yang modern serta taman yang terawat sehingga memberikan suasana kenyamanan kepada pemohon layanan, stakeholders, dan pegawaiKantor ini juga memiliki berbagai fasilitas untuk menunjang tusinya antara lain Area Pelayanan Terpadu (APT), Ruang Konsultasi Terbuka, Ruangan e-Auction dan Ruang Rapat Samudera

         KPKNL Pekanbaru dipimpin oleh Rachmat Kurniawan, ST,M.E selaku Kepala Kantor sejak 06 Januari 2020. Dalam operasionalnya Kepala Kantor didukung oleh 34 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan 10 orang pegawai PNPNS dari berbagai bidang keahlian seperti ekonomi, keuangan, bisnis, hukum, sosial dan keahlian lainnya untuk menjalankan tugasnya. KPKNL Pekanbaru memiliki wilayah kerja 7 kota/kabupaten yaitu: Kota PekanbaruKabupaten KamparKabupaten PelalawanKabupaten Rokan HuluKabupaten Kuantan SingingiKabupaten Indragiri HuluKabupaten Indragiri Hilir. Luasnya wilayah kerja ini memberikan semangat yang tinggi untuk pegawai KPKNL Pekanbaru dalam melayani stakeholders dengan sepenuh hati.

        Sebagai wujud implementasi budaya Kementerian Keuangan, KPKNL Pekanbaru rutin mengadakan kegiatan bersama yaitu satu informasi setiap hari yang dilakukan setiap hari Rabu pagi. Seluruh pegawai KPKNL Pekanbaru berkumpul dan dipimpin langsung oleh kepala KPKNL Pekanbaru dengan diawali menyanyikan mars DJKN yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian informasi dari berbagai seksi dan diskusi planning kerja yang akan dilakukan kedepannya. Selain itu, untuk tetap memacu semangat semua pegawai, masing-masing seksi mendapat giliran untuk memberikan pesan motivasi, pesan moral, atau pun informasi lain yang dapat menambah inovasi, integritas, profesionalisme dan sinergi pelayanan untuk menuju kesempurnaan. Tidak lupa pula doa bersama Pekanbaru untuk mengawali segala aktivitas pegawai KPKNL Pekanbaru. Kegiatan di akhiri dengan meneriakkan yel-yel dan sekaligus motto “KPKNL Pekanbaru SAMUDERA"Tak hanya itu, sebagai sarana untuk menyampaikan kreatifitas, setiap Senin sore KPKNL Pekanbaru melaksakan sharing knowledge untuk menambah ilmu dan pengetahuan sehingga memacu semangat bekerja dan menjadi yang terbaik dengan memberikan pelayanan yang akurat, handal dan professional.




VISI, MISI & TUGAS

 

Dalam melaksanakan tugas dan fungsi, KPKNL Pekanbaru senantiasa berpegang teguh pada visi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, yaitu:

“Menjadi pengelola kekayaan negara yang produktif secara optimal untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat”.

 

Untuk menjalankan visi tersebut, KPKNL Pekanbaru melaksanakan misi yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, yakni:

1.    Mewujudkan optimalisasi penerimaan, efisiensi pengeluaran dan efektivitas pengelolaan Kekayaan Negara; 

2.    Mengamankan Kekayaan Negara secara fisik, administrasi dan hukum;

3.    Meningkatkan tata kelola dan nilai tambah pengelolaan investasi pemerintah;

4.    Mewujudkan nilai Kekayaan negara yang wajar dan dapat dijadikan acuan dalam berbagai keperluan;

5.    Melaksanakan pengurusan Piutang Negara yang efektif, transparan dan akuntabel;

6. Mewujudkan lelang yang transparan yang efisien, akuntabel, adil dan kompetitif sebagai instrument jual beli yang mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat.

 

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 263/PMK.01/2016 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 170/PMK.01/2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, KPKNL Pekanbaru mempunyai tugas melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, piutang negara dan lelang. Dalam menjalankan tugas, KPKNL Pekanbaru  menyelenggarakan 14 (empat belas) fungsi, sebagai berikut:

1.     Inventarisasi, pengadministrasian, pendayagunaan, pengamanan kekayaan negara;

2.     Registrasi, verifikasi dan analisa pertimbangan permohonan pengalihan serta penghapusan kekayaan negara;

3.  Registrasi penerimaan berkas, penetapan, penagihan, pengelolaan barang jaminan, eksekusi, pemeriksaan harta kekayaan milik penanggung hutang/penjamin hutang;

4.  Penyiapan bahan pertimbangan atas permohonan keringanan jangka waktu dan/ atau jumlah hutang, usul pencegahan dan penyanderaan penanggung hutang dan/atau  penjamin hutang serta penyiapan data usul penghapusan piutang negara;

5.     Pelaksanaan pelayanan penilaian;

6.     Pelaksanaan pelayanan lelang;

7.     Penyajian informasi di bidang kekayaan negara, penilaian, piutang negara dan lelang;

8.     Pelaksanaan penetapan dan penagihan piutang negara serta pemeriksaan kemampuan penanggung hutang atau penjamin hutang dan eksekusi barang jaminan;

9.     Pelaksanaan pemeriksaan barang jaminan milik penanggung hutang atau penjamin hutang serta harta kekayaan lain;

10.  Pelaksanaan bimbingan kepada Pejabat Lelang;

11.  Inventarisasi, pengamanan, dan pendayagunaan barang jaminan;

12.  Pelaksanaan pemberian pertimbangan dan bantuan hukum pengurusan piutang negara dan lelang;

13.  Verifikasi dan pembukuan penerimaan pembayaran piutang negara dan hasil lelang; dan

14.  Pelaksanaan administrasi Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang.

 

STRUKTUR ORGANISASI

 

    Saat ini, KPKNL Pekanbaru dipimpin oleh Kepala Kantor, Rachmat Kurniawan, dibantu oleh Kepala Subbagian Umum, Wiwiek Indrawati; Kepala Seksi Pengelola Kekayaan dan Plt. Kepala Seksi Pelayanan Penilaian, Rofiq Khamdani Yusuf; Kepala Seksi Piutang Negara, Prapti Suryaningsih, Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Ramli Simbolon; Kepala Seksi Hukum dan Informasi, Syaiful Adli, Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Tri Sutopo. Jabatan fungsional yang ada di KPKNL Pekanbaru adalah Pelelang Ahli Madya, Amirudin dan Pelelang Ahli Muda, Lamrahman. Jumlah pelaksana KPKNL Pekanbaru adalah 23 orang.



Motto KPKNL Pekanbaru: 

“SANTUN, AMANAH, UNGGUL, DINAMIS, EMPATI, RAMAH” yang dapat disingkat S AM U D E R A.

Makna Motto:

Santun              :   Tutur kata dan perbuatan yang lemah lembut/halus dan baik

 

Seluruh Pegawai KPKNL Pekanbaru berusaha berkomunikasi kepada pengguna jasa layanan dengan mengedepankan sikap sopan santun, agar tercipta rasa saling menghargai, menghormati dan rasa nyaman terhadap pelayanan yang diberikan.

Korelasi dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan: PELAYANAN

Amanah           :  Sesuatu yang dipercayakan (dititipkan) orang lain.

 

KPKNL Pekanbaru dalam mengemban amanah yang diberikan Kantor pusat dalam mencapai target selalu berusaha semaksimal mungkin untuk tetap istiqomah dalam menjaga kepercayaan yang diberikan dan memegang teguh kode etik dan prinsip-prinsip moral yang berlaku.

Korelasi dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan: INTEGRITAS

Unggul              :  Terbaik/prima/utama

 

KPKNL Pekanbaru berusaha memberikan pelayanan terbaik/prima kepada pengguna jasa layanan sesuai dengan ketentuan yang berlaku berdasarkarkan standard operating procedure (SOP), dan juga berusaha semaksimal mungkin untuk lebih mempersingkat waktu pelayanan dengan tetap mempertahankan kualitas.

Korelasi dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan: KESEMPURNAAN

Dinamis            :  Terus berubah,berkembang secara aktif, antusias dan penuh tekad

Perubahan core business di DJKN dan teknologi yang semakin canggih menjadi pendorong setiap pegawai KPKNL Pekanbaru untuk dapat meningkatkan kompetensinya sehingga pelayanan dapat diberikan secara maksimal kepada semua pihak.


Empati            :  Keinginan untuk menolong sesame.

 

Kepedulian terhadap permasalahan yang dialami pengguna jasa layanan mendorong KPKNL Pekanbaru untuk mencoba membantu menyelesaikan masalah tersebut, dengan menawarkan solusi yang secara teknis bisa di laksanakan sesuai ketentuan yang berlaku.

Ramah            :  Perilaku dan sifat murah senyum, ringan tangan dan hormat dalam berkomunikasi.

 

Selain santun dalam memberikan pelayanan, KPKNL Pekanbaru juga mengedepankan sifat ramah tamah yang menjadi factor penting terjalinnya suatu hubungan yang baik kepada pemangku kepentingan. Perilaku dan sifat murah senyum, ringan tangan kepada seluruh pengguna jasa layanan diharapkan menjadi salah satu cara untuk memberikan rasa puas kepada mereka.


Wilayah Kerja
Kota Pekanbaru
Kabupaten Kampar
Kabupaten Indragiri Hulu
Kabupaten Indragiri Hilir
Kabupaten Kuantan Singingi
Kabupaten Rokan Hulu
Kabupaten Pelalawan
Prestasi KPKNL Pekanbaru
Juara Umum I HUT DJKN VII - 2013
Juara Umum I - Olahraga Lingkup Kanwil DJKN Riau Sumbar dan Kepri 2014
Juara Umum II Olahraga dan Seni HUT DJKN VIII - 2015 Kanwil DJKN Riau Sumbar dan Kepri
Juara I Desain Logo 110 Tahun Lelang Indonesia (Alief Ibnu Nuzul-Pegawai KPKNL Pekanbaru)
Memperoleh Predikat Kantor Wilayah Bebas Korupsi dari Menteri Keuangan
Juara III Lomba Kantor Pelayanan Terbaik
Peta Lokasi KPKNL Pekanbaru
Alamat Kantor
Jl. Jenderal Sudirman Nomor 24, Simpang Tiga, Pekanbaru atau di Nomor Pengaduan 082286666106
(0761) 23845
(0761) 44593
kpknlpekanbaru@kemenkeu.go.id