Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Lakukan Pemeriksaan Lapangan, KPKNL Pekanbaru Kunjungi Debitur di Indragiri Hulu
Zulfa Asria Nafiati
Jum'at, 19 Mei 2023   |   48 kali

Senin (15/05), Tim Pemeriksa Piutang Negara KPKNL Pekanbaru beranggotakan Mulyadi, Yadi Herdianto, dan Dhiya T didampingi Pegawai Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Kecil Menengah (LPDB KUKM) melaksanakan pemeriksaan lapangan kepada Debitur Penyerahan LPDB KUMKM yang bertempat di Air Molek, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau.

Debitur dimaksud merupakan koperasi yang dikategorikan sebagai debitur macet penyerahan LPDB KUMKM yang menerima pinjaman dari LPDB KUMKM pada tahun 2012. Selanjutnya, LPDB KUMKM menyerahkan pengurusan piutangnya kepada KPKNL Pekanbaru selaku Anggota PUPN Cabang Riau sejak tahun 2017. Hingga saat ini, Debitur rutin melakukan angsuran setiap bulannya melalui KPKNL Pekanbaru. Namun demikian, dalam rangka mempercepat penyelesaian piutang tersebut, KPKNL Pekanbaru bersama dengan LPDB KUMKM melakukan pemeriksaan lapangan untuk mengetahui status kepengurusan debitur, kemampuan keuangan debitur, hingga penelusuran Harta Kekayaan Lain debitur.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 15 s.d. 17 Mei 2023 ini juga bertujuan untuk menindaklanjuti barang jaminan berupa Personal Guarantee  yang mengikat pengurus lama koperasi dengan menemui Pengurus dan Pengawas Koperasi selaku Penanggung Hutang/Penanggung Jawab Hutang dimaksud. Selain bertanya terkait barang jaminan, Tim Pemeriksa juga mengadakan sosialisasi terkait Program Keringanan Utang kepada debitur sebagai upaya percepatan penyelesaian piutang tersebut.

Selain menemui pengurus dan pengawas koperasi, Tim Pemeriksa juga berkoordinasi dengan Lurah setempat dan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu dalam rangka mendapatkan informasi terkait data administrasi kependudukan yang namanya tercantum dalam Personal Guarantee tersebut.

Melalui kegiatan pemeriksaan lapangan ini, KPKNL Pekanbaru bersama LPDB KUMKM berharap agar piutang tersebut dapat segera diselesaikan dengan baik. (DT/M)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini