Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Masa Pandemi COVID-19, KPKNL Pekanbaru Peduli Masyarakat Sekitar
Eva Resia
Selasa, 19 Mei 2020   |   1019 kali

"Pada masa Pandemi COVID-19 ini, kita diajarkan untuk lebih peduli lagi dengan lingkungan sekitar kita, peduli kebersihan lingkungan, peduli kesehatan lingkungan, dan juga peduli dengan keadaan saudara-saudara kita yang terkena dampak Pandemi COVID-19” ujar Rachmat Kurniawan pada saat Apel Monitoring Rabu Pagi.

Ungkapan Kepala KPKNL Pekanbaru ini diwujudkan dalam suatu kegiatan sosial KPKNL Pekanbaru yang dinamai “KPKNL Peduli”. Kegiatan ini merupakan suatu bentuk kepedulian segenap keluarga besar KPKNL Pekanbaru dengan cara berbagi kepada masyarakat yang terkena dampak COVID-19 di wilayah Kota Pekanbaru yang dilaksanakan sejak Jumat(15/05) sampai dengan Senin (18/05). 

Saat ini Kota Pekanbaru sedang menerapkan program Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal tersebut mengakibatkan pembagian santunan dilakukan tidak seperti biasanya, melainkan dengan mekanisme door-to-door. Penerima santunan KPKNL Peduli tersebut merupakan masyarakat yang sangat membutuhkan yang berada di wilayah sekitar tempat tinggal masing-masing pegawai KPKNL Pekanbaru. 

Kegiatan sosial kali ini dibagi menjadi dua tahapan, yaitu tahapan pertama pengumpulan dana dan data penerima santunan serta tahap kedua penyerahan santunan. Karena seluruh pegawai KPKNL Pekanbaru saat ini sedang dalam status bekerja dari rumah (work from home), maka kegiatan rapat dan pengumpulan dana dilakukan dengan memanfaatkan teknologi tanpa tatap muka. Kondisi saat ini sedikit pun tidak mengurangi semangat kepedulian seluruh pegawai KPKNL Pekanbaru yang dilihat dari betapa antusiasnya pegawai dalam mengumpulkan data penerima santunan pada wilayah tempat tinggal mereka. Proses pencarian calon penerima bantuan ini secara tidak langsung membangkitkan rasa kepedulian pegawai karena harus menyaksikan bagaimana kondisi kesulitan masyarakat sekitar tempat tinggalnya. 

Dari hasil pendataan dan pengumpulan dana, diputuskan ada sebanyak 72 orang penerima santunan KPKNL Peduli. Santunan yang diberikan berupa sembako maupun sejumlah uang, tergantung kebutuhan si penerima santunan. Penerima santunan yang berjumlah 72 orang tersebut berada pada wilayah yang tersebar di Kota Pekanbaru. 

Meski telah rutin dilakukan, kegiatan berbagi kali ini dirasa “berbeda”. Manfaatnya bukan hanya dirasakan oleh masyarakat yang menerima bantuan, tapi juga oleh seluruh pegawai KPKNL Pekanbaru. Kondisi pandemi COVID-19 kali memang menyengsarakan seluruh pihak, tapi kondisi ini juga mengajarkan kita tentang kepedulian, tentang arti bersyukur, tentang arti berbagi serta lebih mengenal keadaan masyarakat sekitar.

“Kegiatan ini secara tidak langsung meningkatkan semangat pegawai KPKNL Pekanbaru dalam memberikan pelayanannya masyarakat demi terwujudnya cita-cita kita bersama, kemakmuran rakyat”, Rachmat Kurniawan, Kepala KPKNL Pekanbaru

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini