Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sosialisasi Tata Naskah Dinas dan Aplikasi SMARt DJKN
Christian Junyanto Sinaga
Kamis, 08 November 2018   |   318 kali

Pekanbaru – Pada hari Selasa tanggal 06 November 2018, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekanbaru mengadakan sosialisasi mengenai tata naskah dinas yang sesuai dengan peraturan dan pengenalan aplikasi SMARt. Tema sosialisasi yang diambil yaitu “Pedoman Tata Naskah Dinas di Kementerian Keuangan dan Pengenalan Aplikasi SMARt DJKN”.

Bertempat di Ruang Rapat KPKNL Pekanbaru, Kepala KPKNL Pekanbaru, Rina Yulia, membuka kegiatan sosialisasi tersebut. Bertindak sebagai narasumber adalah Ibu Wiwiek Indrawati (Kepala Subbagian Umum ) dan Dewi Tri Untari (Staf Subbagian Umum). Seluruh pegawai KPKNL Pekanbaru tampak menghadiri kegiatan sosialisasi.

Kegiatan dimulai dengan sosialisasi tata naskah dinas di lingkungan Kementerian Keuangan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 136/PMK.01/2018 tentang Pedoman Tata Naskah Dinas di Lingkungan Kementerian Keuangan sebagai perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 181/PMK.01/2014. “Secara garis besar, tata naskah dinas di lingkungan Kementerian Keuangan berpedoman kepada Peraturan Kepala Arsip Nasional RI Nomor 2 Tahun 2014. Peraturan tentang naskah dinas di lingkungan Kementerian Keuangan tersebut lebih menegaskan lagi penggunaan naskah dinas baik kepada pihak internal maupun eksternal, serta mengatur lebih detail bagian-bagian pada naskah dinas”, ujar Dewi.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi Aplikasi SMARt (Sistem Monitoring Aktivitas Rutin). Melalui aplikasi SMARt, pegawai DJKN dengan mudah  memperoleh berbagai jenis informasi, hal tersebut karena aplikasi SMARt telah terintegrasi dengan berbagai aplikasi DJKN lainnya. Dewi juga menyampaikan bahwa aplikasi SMARt sangat mendukung kegiatan pelayanan yang ada pada KPKNL Pekanbaru. Aplikasi ini telah hadir dengan mode mobile yang dapat diunduh oleh seluruh pegawai DJKN guna melancarkan pelaksanaan tugas serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Naskah Dinas dan aplikasi SMARt merupakan sesuatu yang penting karena menjadi media untuk menyampaikan informasi kepada pihak internal maupun eksternal Kementerian Keuangan. Diharapkan dengan sosialisasi ini, KPKNL Pekanbaru dapat menjadi pelopor dalam tertib administrasi dan memberikan kemudahan kepada seluruh pegawai DJKN.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini