Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sosialisasi Kearsipan pada KPKNL Pekanbaru
David Sihombing
Selasa, 18 September 2018   |   307 kali

Pekanbaru – Pada hari Senin tanggal 10 September 2018, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekanbaru mengadakan sosialisasi mengenai penataan arsip sesuai peraturan yang berlaku. Tema sosialisasi yang diambil yaitu “Pengelolaan Arsip Dinamis pada DJKN c.q. KPKNL Pekanbaru”.

Bertempat di Ruang Rapat KPKNL Pekanbaru, Kepala KPKNL Pekanbaru, Rina Yulia, membuka kegiatan sosialisasi kearsipan tersebut. Bertindak sebagai narasumber adalah Plt. Kepala Subbagian Umum, Hendri Gunawan Lubis. Seluruh pegawai KPKNL Pekanbaru tampak menghadiri kegiatan sosialisasi.

Kegiatan dimulai dengan klasifikasi arsip yang ada pada Kementerian Keuangan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 276/PMK.01/2014 tentang Pedoman Kearsipan di Lingkungan Kementerian Keuangan. “Secara garis besar, pengelolaan arsip mencakup arsip statis dan arsip dinamis. Untuk arsip statis dapat ditatausahakan dan diamankan pada gudang penyimpanan arsip sedangkan untuk arsip dinamis masih terbagi menjadi dua macam lagi yaitu arsip aktif dan arsip inaktif”, ujar Hendri.

Hendri juga menyampaikan bahwa untuk mendukung kegiatan pengarsipan pada KPKNL Pekanbaru, masing-masing seksi dapat menyampaikan permintaan sarana penyimpanan arsip berupa box dan rak arsip agar arsip yang ada dapat ditatausahakan sesuai dengan aturan.

Dijelaskan pula bahwa penanggungjawab arsip adalah pencipta arsip tersebut sendiri. Arsip sebagai sumber informasi dan pertanggungjawaban memang menjadi hal yang sulit untuk dikelola kecuali semua elemen dalam suatu unit dapat bekerja sama untuk memulainya. Diharapkan dengan sosialisasi ini, KPKNL Pekanbaru dapat menjadi pelopor dalam tertib administrasi kearsipan.

 

Penulis : David Sihombing

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini