Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Talkshow Crash Program 2023, Lunas Hari Ini Lega Sampai Nanti
Ely Sri Mardiyani
Rabu, 14 Juni 2023   |   113 kali

Pekalongan - Crash Program merupakan program pemerintah dalam mempercepat penyelesaian piutang negara sekaligus bentuk simpati pemerintah pada masa pemulihan dari pandemi Covid-19. Crash Program sendiri adalah optimalisasi penyelesaian piutang negara yang dilakukan secara terpadu berupa pemberian keringanan utang kepada Penanggung Utang. Keringanan utang yang diberikan meliputi pengurangan  pokok, bunga, denda dan ongkos/biaya lainnya. Ketentuan pelaksanaan crash program 2023 diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor 13/PMK.06/2023 tentang Penyelesaian Piutang Instansi Pemerintah yang diurus/dikelola oleh Panitia Urusan Piutang Negara/Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Tahun Anggaran 2023.  

Dalam upaya publikasi Crash Program 2023, KPKNL Pekalongan menggandeng Batik TV Pekalongan untuk mensosialisasikan program Keringan Utang 2023 kepada masyarakat. Talkshow Crash Program 2023 dilaksanakan pada Senin (12/06) dan ditayangkan dalam acara “Expose” Batik TV Pekalongan pada Selasa (13/06) jam 08.00 WIB.

Talk show dipandu oleh presenter Aziz dari Batik TV dan narasumber Crash Program 2023 oleh Kepala KPKNL Pekalongan, Wahyu Setiadi dan Kepala Seksi Pengurusan Piutang Negara KPKNL Pekalongan, Dwi Nugroho. Dalam talkshow Wahyu menyampaikan bahwa program keringanan utang telah dilaksanakan mulai tahun 2021 dan dilanjutkan pada tahun 2023 dengan memperluas jangkauan penerima manfaat program keringanan utang.  Objek crash program pada tahun sebelumnya hanya untuk piutang negara pada instansi pemerintah pusat, di tahun 2023 diperluas menjadi  piutang negara pada instansi pemerintah pusat dan daerah. Crash Program 2023 ditujukan kepada penanggung utang/debitur perorangan atau badan hukum/badah usaha dengan sisa kewajiban sampai dengan sebesar Rp2.000.000.000 (dua miliar rupiah). Dwi Nugroho, selaku Kepala Seksi yang membidangi Piutang Negara menyampaikan materi terkait persyaratan pengajuan keringan utang dan prosedur pengurusan piutang negara.

“Bagi masyarakat yang menjadi objek program keringan utang 2023, mari manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Lunas hari ini, lega sampai nanti.” pungkas Wahyu di penghujung acara. (Penulis: Ely Sri M)
Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini