Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pekalongan > Berita
Masuk Semifinal Kedai Lelang UMKM 2022, KPKNL Pekalongan Presentasikan Lelang Sewu Di Depan Juri
Ely Sri Mardiyani
Selasa, 08 November 2022   |   95 kali

Pekalongan - Selasa (8/11/2022) KPKNL Pekalongan mengikuti penjurian babak semifinal Kedai Lelang UMKM 2022 yang dilakukan secara on line.  Lomba Kompetisi dan Inovasi (Kedai) Lelang Produk UMKM 2022 yang diselenggarakan oleh DJKN ini telah memasuki babak semifinal yang menyisakan 17 KPKNL. Dari 17 KPKNL ini nantinya akan dipilih 6 KPKNL yang akan menuju babak Final. Penjurian  pemilihan KPKNL telah dilakukan mulai tanggal 7 November dan akan  berakhir pada  9 November 2022. KPKNL Pekalongan masuk dalam babak semifinal dengan inovasi lelang yang diberi nama LELANG SEWU.

Dalam penjurian, Tim Kedai Lelang KPKNL Pekalongan yang diwakili oleh Gunawan Kurnia Satriadi menyampaikan presentasi terkait Inovasi Lelang Sewu di hadapan Tim Juri. Lelang Sewu adalah lelang produk UMKM dengan harga limit mulai dari Rp1000,00 (seribu rupiah). Yang menjadi alasan dilaksanakannya lelang sewu adalah 43 persen UMKM merupakan usaha mikro, namun hanya  8 persen dari seluruh UMKM yang sudah go on line, dan hanya 1 persen yang merupakan usaha mikro. Untuk itu diperlukan strategi untuk mengenalkan produk UMKM mikro untuk go on line. Beberapa Inovasi dalam lelang sewu yaitu strategi cross marketing, sentralisasi permohonan lelang oleh pelaku UMKM, pelaksanaan lelang melalui 4 platform yaitu lelang.go.id, instagram, facebook dan zoom serta strategi cross subsidies untuk pengiriman barang.  

Lelang Sewu telah berhasil melakukan penjualan lelang produk UMKM sebanyak 359 barang dan laku sebanyak 236 barang dengan kenaikan nilai limit mencapai 295 persen. Manfaat sosial dari Lelang Sewu antara lain lelang on line menjadi alternatif penjualan bagi UMKM serta penjualan lelang produk UMKM meningkat progresif secara nasional. Selain mafaat sosial, lelang sewu juga memiliki manfaat ekonomi yaitu meningkatnya penjualan produk UMKM, meningkatkan PNBP, dan lelang makin dikenal dalam sistem perekonomian Indonesia. KPKNL Pekalongan berharap dapat menuju babak final dan Inovasi lelang sewu dapat menjadi unggulan. (Penulis: Lely Sri M)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Sriwijaya No. 1 Pekalongan - 51119
(0285) 436118;
(0285) 436113
kpknlpekalongan@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini