Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pekalongan > Berita
Pertahankan Predikat ZI-WBBM, KPKNL Pekalongan Presentasikan Inovasi, Prestasi Dan Penyebaran Virus Integritas Kepada Tim Penilai
Ely Sri Mardiyani
Kamis, 06 Oktober 2022   |   132 kali

Pekalongan -- Rabu (5/10) KPKNL Pekalongan menerima kunjungan Tim Penilai  Kementerian dalam rangka pemantauan dan evaluasi unit berpredikat WBBM. Kedatangan Tim Penilai Kementerian yang terdiri dari Inspektorat Jenderal  dan Biro Organta Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan didampingi oleh Kantor Pusat DJKN ini disambut oleh Kepala KPKNL Pekalongan, Wahyu Setiadi beserta jajaran Pejabat Eselon IV dan Pejabat  Fungsional.

Kegiatan pemantauan dan evaluasi dilakukan di aula KPKNL Pekalongan dengan dihadiri Tim Penilai, Kantor Pusat DJKN, dan Kepala KPKNL Pekalongan berikut  jajarannya.  KPKNL Pekalongan sudah mendapat predikat Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI-WBBM)  sejak  tahun 2020, namun predikat  tersebut  tidak  melekat untuk selamanya. Pemantauan  dan evaluasi  dilakukan untuk menilai masih layak atau tidak KPKNL Pekalongan menyandang predikat ZI-WBBM.

Dalam upaya mempertahankan predikat ZI-WBBM, Kepala KPKNL Pekalongan melalui presentasinya menyampaikan inovasi-inovasi layanan, prestasi dan penyebaran virus Zona Integritas yang telah dilakukan.  Ada 18 inovasi layanan pada KPKNL Pekalongan yang terdiri dari 4 inovasi layanan intern dan 14 inovasi layanan ekstern.

Salah satu inovasi layanan intern yaitu Kepegawaian Sakpore yang memudahkan pagawai dalam memonitor penyerapan anggaran, pengajuan usulan diklat, input data CKP dan data lainnya sehingga informasi terkait dengan penyerapan anggaran dan data kepegawaian dapat tersaji dengan cepat dan tepat waktu.  Dan 14 inovasi layanan ekstern antara lain cash on same day, sewa 10 hari selesai, penerbitan SP3N dalam 1 hari kerja, pembuatan pakta integritas dalam pelaksanaan tugas kedinasan, panagihan Piutang Negara dengan pendekatan non eksekusi, Balas permohonan lelang kilat (Baperkil), kemudahan Pembayaran dengan penggunaan mesin EDC dan QRIS, SIP Sakpore, Simplifikasi permohonan lelang, dan pemberian konpensasi pada penerima layanan.

Beberapa prestasi berhasil dicapai oleh KPKNL Pekalongan pada Tahun 2020 sampai dengan 2022 antara lain menjadi Kantor Pelayanan Terbaik Peringkat I Kementerian Keuangan, Peringkat 3 lomba arsip DJKN, penyelenggara pelayanan publik kategori sangat baik, Peringkat I IKPA Semester I Tahun 2022, Juara 3 lomba cerdas cermat penilai se-Indonesia, dan NKO terbaik Kanwil DJKN Jateng dan DIY Semester I Tahun 2022.

KPKNL Pekalongan juga melakukan penyebaran virus integritas kepada instansi di lingkungan Kementerian Keuangan maupun di luar Kementerian Keuangan dengan melakukan kunjungan virtual dan mentoring pada KPKNL yang  sedang melakukan Pembangunan ZI-WBK/WBBM, menjadi Benchmarking fisik pada BPS Kabupaten Kendal, Kantor Pertanahan Kota Pekalongan dan Dinas Kearsipan Kota Pekalongan serta menjadi narasumber dalam sosialisasi antikorupsi.

Dalam kegiatan evaluasi tersebut juga dilakukan tanya jawab hal-hal yang berkaitan dengan inovasi, pelayanan, integritas dan kinerja KPKNL Pekalongan. Sejak menyandang predikat ZI-WBK/WBBM Kepala KPKNL Pekalongan beserta jajarannya telah berkomitmen untuk senantiasa menjaga integritas dalam melaksanakan tugas dan memegang teguh nilai-nilai Kementerian Keuangan dan serta memberikan pelayanan prima (service excellent) kepada Pengguna Jasa sebagaimana moto KPKNL Pekalongan “Sakpore” (Santun dalam bersikap, Kompten dan Profesional dalam bekerja, Responsif dan Empati dalam melayani). (Penulis: Ely Sri M)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Sriwijaya No. 1 Pekalongan - 51119
(0285) 436118;
(0285) 436113
kpknlpekalongan@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini