Pekalongan -- Rabu (5/10) KPKNL Pekalongan menerima kunjungan Tim Penilai Kementerian dalam rangka pemantauan dan
evaluasi unit berpredikat WBBM. Kedatangan
Tim Penilai Kementerian yang terdiri dari Inspektorat
Jenderal dan Biro Organta Sekretaris
Jenderal Kementerian Keuangan didampingi oleh Kantor Pusat DJKN ini disambut
oleh Kepala KPKNL Pekalongan, Wahyu Setiadi beserta jajaran Pejabat Eselon IV dan Pejabat Fungsional.
Kegiatan pemantauan dan evaluasi dilakukan di aula KPKNL Pekalongan dengan dihadiri Tim Penilai, Kantor Pusat DJKN, dan Kepala
KPKNL Pekalongan berikut jajarannya.
KPKNL Pekalongan sudah mendapat predikat Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani
(ZI-WBBM) sejak tahun 2020, namun predikat tersebut tidak melekat untuk selamanya. Pemantauan dan evaluasi dilakukan untuk menilai masih layak atau tidak KPKNL Pekalongan menyandang
predikat ZI-WBBM.
Dalam upaya mempertahankan predikat ZI-WBBM, Kepala KPKNL Pekalongan melalui presentasinya menyampaikan inovasi-inovasi layanan, prestasi dan penyebaran virus Zona Integritas yang telah dilakukan. Ada 18 inovasi layanan pada KPKNL Pekalongan yang terdiri dari 4 inovasi layanan intern dan 14 inovasi layanan ekstern.
Salah satu inovasi layanan intern yaitu Kepegawaian Sakpore yang memudahkan
pagawai dalam memonitor penyerapan anggaran, pengajuan usulan diklat, input
data CKP dan data lainnya sehingga informasi terkait dengan penyerapan anggaran
dan data kepegawaian dapat tersaji dengan cepat dan tepat waktu. Dan 14 inovasi layanan
ekstern antara lain cash on same day, sewa 10 hari selesai, penerbitan SP3N
dalam 1 hari kerja, pembuatan pakta integritas dalam pelaksanaan tugas
kedinasan, panagihan Piutang Negara dengan pendekatan non eksekusi, Balas
permohonan lelang kilat (Baperkil), kemudahan
Pembayaran dengan penggunaan mesin EDC dan QRIS, SIP Sakpore, Simplifikasi
permohonan lelang, dan pemberian konpensasi pada penerima layanan.
Beberapa
prestasi berhasil dicapai oleh KPKNL Pekalongan pada Tahun 2020 sampai dengan
2022 antara lain menjadi Kantor Pelayanan
Terbaik Peringkat I Kementerian Keuangan, Peringkat 3 lomba arsip DJKN, penyelenggara
pelayanan publik kategori sangat baik, Peringkat I IKPA Semester I Tahun 2022,
Juara 3 lomba cerdas cermat penilai se-Indonesia, dan NKO terbaik Kanwil DJKN
Jateng dan DIY Semester I Tahun 2022.
KPKNL Pekalongan juga melakukan penyebaran virus integritas kepada instansi di lingkungan
Kementerian Keuangan maupun di luar Kementerian Keuangan dengan melakukan
kunjungan virtual dan mentoring pada KPKNL yang sedang melakukan
Pembangunan ZI-WBK/WBBM, menjadi Benchmarking fisik pada BPS Kabupaten Kendal,
Kantor Pertanahan Kota Pekalongan dan Dinas Kearsipan Kota Pekalongan serta menjadi narasumber dalam sosialisasi
antikorupsi.
Dalam kegiatan evaluasi tersebut juga dilakukan tanya jawab
hal-hal yang berkaitan dengan inovasi, pelayanan,
integritas dan kinerja KPKNL Pekalongan. Sejak menyandang predikat ZI-WBK/WBBM
Kepala KPKNL Pekalongan beserta jajarannya telah berkomitmen untuk senantiasa menjaga
integritas dalam melaksanakan tugas dan memegang teguh nilai-nilai Kementerian
Keuangan dan serta memberikan pelayanan prima (service excellent) kepada Pengguna Jasa sebagaimana moto KPKNL
Pekalongan “Sakpore” (Santun dalam bersikap, Kompten dan Profesional dalam
bekerja, Responsif dan Empati dalam melayani). (Penulis: Ely Sri M)