Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kepala KPKNL Pekalongan : Barang Milik Negara Pegang Peranan Penting Dalam Laporan Keuangan Pemerintah Pusat
Noviana Cepaka Sari
Kamis, 22 Agustus 2019   |   492 kali

KPKNL Pekalongan mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan BMN kepada satuan kerja /  Kementerian Lembaga pada Rabu (21/8). Kepala KPKNL Pekalongan, Jati Wiryawan, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Barang Milik Negara memegang peran penting dalam Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP). Oleh karena itu, mengelola BMN secara tertib merupakan suatu keharusan. Sejalan dengan prinsip 3T (tertib fisik, tertib administrasi dan tertib hukum) dalam pengelolaan BMN maka kegiatan bimbingan teknis ini akan sangat membantu satuan kerja dalam mengelola BMN. Lebih lanjut, Pak Jati, begitu biasa disapa, menyampaikan bahwa kegiatan revaluasi BMN akan diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Formulir pendataan reval yang merupakan kunci validitas revaluasi BMN merupakan tanggung jawab sepenuhnya dari satuan kerja itu sendiri menjadi perhatian dalam proses pemeriksaan tersebut..

Dalam acara tersebut diserahkan BMN Award kepada satuan kerja berkinerja terbaik, dengan beberapa kategori. Agus Kurniawan, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, menyampaikan kategori penerima penghargaaan, yaitu prosentase Penetapan Status Penggunaan (PSP) BMN dan kinerja best of the best dalam pengelolaan BMN meliputi 100 persen PSP, Laporan Pengawasan dan Pengendalian tepat waktu, Sewa BMN sudah dilaporkan, Pemanfaatan BMN mendapatkan izin, serta rutin melaporkan PNBP.

Pengadilan Agama (PA) Kendal mendapatkan penghargaan sebagai satuan kerja berkinerja terbaik. Selain itu, PA Kendal juga mendapatkan penghargaan karena PSB BMN telah mencapai 100% bersama empat satuan kerja lainnya, yaitu PA Kajen, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Kota Pekalongan, MAN Kabupaten Pekalongan, dan Badan Narkotika Nasional Batang.

Agen Perubahan KPKNL Pekalongan yang diwakili oleh Gunawan K. S. menyampaikan sosialisasi mengenai Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM). Pada kesempatan tersebut inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh KPKNL Pekalongan disampaikan kepada satuan kerja yang merupakan bagian dari pemangku kepentingan. Selain itu, permohonan kerja sama yang solid antara KPKNL Pekalongan dengan satuan kerja agar selalu terjalin dengan baik dan dapat meningkat.

Sesi terakhir dari kegiatan pada hari Rabu tersebut adalah Monitoring dan Evaluasi (Monev)  Revaluasi BMN yang dipandu oleh Tavip Supriyanto, pelaksana pada Seksi PKN. Sinkronisasi data dan pencocokan form dilakukan saat itu juga. Pemutakhiran data revaluasi BMN serta data SIMAN atas laporan Pengawasan dan Pengendalian BMN dan RK-BMN juga dilakukan.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini