Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pekalongan > Berita
Semangat KPKNL Pekalongan Menyambut Implementasi PUG
Dian Syuraiya
Selasa, 10 April 2018   |   163 kali

Pekalongan – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pekalongan mengadakan morning call pada Senin (9/4/2018) di area meetpoint KPKNL PekalonganTema morning call kali ini berbeda dengan sebelumnya yaitu terkait Pengarusutamaan Gender (PUG).

KPKNL Pekalongan ditunjuk oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) untuk mewakili DJKN dalam lomba implementasi pengarusutamaan gender tingkat satuan kerja vertikal lingkup Kementerian Keuangan tahun 2018.

Lomba Implementasi Pengarusutamaan Gender ini diadakan oleh Biro Perencanaan dan Keuangan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan dengan tujuan evaluasi atas sosialisasi PUG yang selama ini telah dilakukan di lingkungan Kementerian Keuangan dan akan diselenggarakan pada bulan Agustus 2018.

Salah satu agenda morning call kali ini adalah pengenalan terminologi Pengarusutamaan Gender (PUG) dan implementasinya yang disampaikan oleh Kepala Kantor, Marhaeni Rumiasih. Bahwa PUG merupakan pembagian peran yang sama di antara para pegawai dengan didukung analisa gender, yang tidak mengistimewakan salah satu gender namun justru mengakomodasi para pegawai maupun stakeholder.

Marhaeni menekankan agar setiap personil di jajarannya benar-benar memahami pengarusutamaan gender. Dalam kegiatan kali ini sekaligus dibentuk Kelompok Kerja (Pokja) implementasi PUG dan anggota masing-masing Pokja.

Morning call dihadiri oleh seluruh pegawai,termasuk  cleaning service, tenaga honorer hingga tenaga keamanan, dengan tujuan agar seluruh jajaran KPKNL Pekalongan bisa mengetahui bahwa seluruh kebijakan, program, dan kegiatan Kementerian Keuangan bertujuan memberikan rasa adil dan setara bagi perempuan dan laki-laki, memastikan adanya keberlanjutan, pelestarian dan pengembangan kualitas penyelenggara PUG di Kementerian Keuangan dan yang terakhir memastikan bahwa seluruh jajaran memahami konsep, prinsip dan strategi PUG dalam penyelenggaraan pembangunan yang menjadi tugas, fungsi dan kewenangan Kementerian Keuangan.

KPKNL Pekalongan dinilai sudah responsif gender, antara lain dengan disediakannya area bermain anak, ruang laktasi, parkir khusus penyandang disabilitas, meetpoint (café), maupun pemisahan kamar mandi. Untuk selanjutnya akan dilakukan pembenahan dan penambahan sarana penunjang.

Keikutsertaan KPKNL Pekalongan dalam lomba ini merupakan tantangan besar, karena KPKNL Pekalongan juga ikut serta dalam pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari  Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani. Hal ini merupakan komitmen total dari seluruh jajaran KPKNL Pekalongan menjadi kantor pemerintah yang professional dan berintegritas berskala nasional. (Naskah&Foto: Seksi Hukum dan Informasi)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Sriwijaya No. 1 Pekalongan - 51119
(0285) 436118;
(0285) 436113
kpknlpekalongan@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini