Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
DKO Triwulan I Tahun 2022, Kepala KPKNL Parepare: “Jangan terlena dengan target triwulanan, pantau juga target tahunannya”
Alvin Mahamidi
Senin, 11 April 2022   |   97 kali

Parepare – (06/04) menutup pencapaian triwulan I Tahun 2022, KPKNL Parepare menyelenggarakan tiga rapat sekaligus untuk mengevaluasi berbagai aspek sepanjang triwulan I Tahun 2022 pada KPKNL Parepare. Rapat tersebut diantaranya adalah Dialog Kinerja Organisasi (DKO), Rapat Pemantauan Manajemen Risiko dan Rapat Pengendalian Internal. Rangkaian rapat diselenggarakan secara tatap muka di ruang rapat KPKNL Parepare dengan peserta terbatas dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Rapat dibuka oleh Kepala KPKNL Parepare, Fredy Himarwanto. Dalam pembukaannya Fredy menyampaikan bahwa Rapat DKO ini merupakan sarana monitoring untuk kinerja yang ada pada KPKNL Parepare. “jangan hanya berpatokan dengan target triwulanan yang telah tercapai, tapi pantau juga target tahunannya” ungkap Fredy dalam pembukaannya.

            Memasuki agenda rapat pertama yaitu DKO, materi dibawakan oleh Sumiati, Kepala Seksi Kepatuhan Internal. Dalam rapat DKO ini dipaparkan terkait capaian Kinerja Organisasi selama triwulan I Tahun 2022. Mayoritas capaian IKU pada KPKNL Parepare telah tercapai target trajectory untuk triwulan I. “dari 20 IKU yang ada, 10 IKU sudah berstatus Hijau, 1 Kuning, 3 Merah, dan 6 masih Abu Abu” ungkap Sumiati menjelaskan terkait status capaian kinerja sepanjang triwulan I. Setelah penjelasan mengenai capaian, dibahas juga terkait rencana aksi masing masing seksi dan strategi untuk mencapai target triwulan berikutnya.

            Agenda berikutnya dilanjut dengan rapat pemantauan manajemen risiko. Masih disampaikan oleh pemateri yang sama, dijelaskan bahwa berdasarkan peta risiko KPKNL Parepare, saat ini terdapat 26 kejadian Risiko. Dari 26 risiko yang ditangani terdapat 15 risiko dengan level kemungkinan hampir tidak terjadi dengan level dampak tidak signifikan, terdapat risiko 2 risiko dengan level dampak sangat signifikan dengan level kemungkinan sering terjadi, terdapat 1 risiko dengan level dampak sangat signifikan dengan level kemungkinan kadang terjadi, terdapat 1 risiko dengan level dampak sangat signifikan dengan level kemungkinan jarang terjadi, dan terdapat 1 risiko dengan level dampak sangat signifikan dengan level kemungkinan hampir tidak terjadi. Dari masing masing seksi juga memberikan penjelasan mengenai penyebab dan mitigasi penanganan risiko-risiko tersebut diatas.

            Memasuki agenda terakhir, rapat terkait pengendalian internal. Disampaikan oleh Sumiati bahwa untuk saat ini, pemantauan tahun 2022, Seksi Kepatuhan Internal sementara telah melaksanakan pemantauan secara langsung sepanjang triwulan I Tahun 2022 dengan perangkat tahun sebelumnya. Selain itu, dipantau juga terkait kode etik dan sosial media para pegawai KPKNL Parepare.

Sebagai penutup Fredy mengingatkan juga terkait pemenuhan dokumen LKE dalam mendukung pembangunan ZI-WBK WBBM KPKNL Parepare. “jangan sampai apa yang sudah kita kerjakan selama ini sia sia hanya karena kita tidak memenuhi dokumen LKE” ungkap Fredy sembari menutup acara.

 (Alvin Mahamidi – Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini