KPKNL Parepare
BERITA UTAMA
Profil KPKNL Parepare

Kota Parepare merupakan daerah yang menghadap ke selat Makassar dengan luas wilayah 99.33 km2. Kota ini berada di tepi laut dengan kontur wilayah sebagian berbukit yang menjadikan Kota Parepare memiki pesona tersendiri. Sebagai jalur transportasi darat dan laut yang menghubungkan antar kota dengan kota lainnya di wilayah Sulawesi Selatan maupun Nusantara, Kota Parepare dapat ditempuh dengan jalur tranportasi darat selama kurang lebih empat jam dengan jarak tempuh 155 km ke arah utara dari Kota Makassar. Salah satu tokoh terkenal yang lahir kota ini adalah B.J Habibi Presiden ke-3 RI. Kota yang berjulukan Bandar Madani ini berbatasan dengan Kabupaten Pinrang di sebelah utara, Kabupaten Sidenreng Rappang di sebelah, dan Kab. Barru di sebelah selatan. Pelabuhan Nusantara sebagai Bandar Madani menghubungkan Kota Parepare dengan kota kota dipesisir Kalimantan, Surabaya, dan kota pelabuhan lainnya di Indonesia Timur.

 

Di kota yang berpenduduk 129.013 jiwa (data statistik tahun 2010), Kementerian Keuangan menempatkan beberapa kantor vertikalnya yaitu KPP Pratama, KPPN, KPPBC, dan KPKNL Parepare. KPKNL Parepare yang sebelumnya bernama KP2LN Parepare merupakan pemekaran  KP2LN Makassar yang terbentuk berdasarkan PMK 170/PMK.01/2012 tentang organisasi dan tata kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN).

Sebagai unit vertikal yang berada di bawah Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat di Makassar, KPKNL Parepare memiliki  wilayah kerja yang meliputi Kota Parepare, Kab Barru, Kab.Pinrang, Kab Sidenreng Rappang, Kab Wajo Kab.Soppeng serta Kab.Bone. Selain itu, KPKNL Parepare juga memberikan pelayanan kepada stakholders di wilayah kerja KPKNL Mamuju, meliputi Kab. Polewali Mandar, Kab. Mamasa dan Kab. Majene berupa Pengelolaan Kekayaan Negara, Pengurusan Piutang, dan pelaksanaan lelang di Kab. Mamuju dan Kab. Mamuju Utara berupa Pelayanan Pengurusan Piutang Negara.

Sejak resmi melaksanakan kegiatan tugas dan fungsinya pada tahun 2002, KPKNL Parepare telah beberapa kali berpindah gedung kantor, antara lain di Jalan Pinggir Laut, Jalan Siliwangi, Jalan Ahmad Yani, Jalan Chalik, dan terakhir Jalan Jenderal Sudirman No.93 Parepare.

Berada di area ketinggian, tepatnya di wilayah Pusat Perkantoran Pemerintahan Kota Parepare, KPKNL Parepare  saat ini menempati tanah dan bangunan Perum Bulog Divisi Regional Sulawesi dengan status sewa. Lokasi kantor cukup strategis, karena berada di Jalan Poros Jenderal Sudirman. KPKNL Parepare berhadapan dengan Kantor Pertanahan Kota Parepare dan sebelah utara Kantor Imigrasi Kota Parepare sehingga KPKNL parepare dapat mudah dijangkau oleh stakeholders yang membutuhkan pelayanan.

 

Gedung KPKNL Parepare yang secara resmi ditempati bulan April Tahun 2014 ini memiliki fasilitas dan sarana pendukung seperti mesjid, rumah panggung, dan areal tempat parkir kendaraan yang cukup memadai. Hal ini menjadikan gedung KPKNL sekarang ini sedikit berbeda dengan sebelumnya. Satu hal yang menarik dari lokasi ini ialah pemandangan laut beserta rumah penduduk dari atas ketinggian.

Dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsinya, KPKNL Parepare didukung sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten dan siap bekerja secara profesional sebanyak 30 orang pegawai, terdiri dari 1 Kepala Kantor, 7 Kepala Seksi, dan 22 Tenaga fungsional. Dilihat dari tingkat pendidikan, komposisi pegawai KPKNL parepare memiliki 2 orang dengan tingkat pendidikan S2, 15 orang pegawai S1, dan 13 orang untuk tingkat pendidikan Diploma dan SLTA, dan memiliki 12 orang tenaga fungsional khusus yaitu 3 pejabat lelang, 3 orang Juru sita, 11 orang penilai, dan 3 pemeriksa.

KPKNL Parepare saat ini dipimpin oleh Drs. Sofyan yang sebelumnya menjabat KPKNL Palopo. Alumni Fakultas Sosial Politik UVRI Makassar tersebut resmi menjabat sebagai Kepala KPKNL Parepare sejak 28 April 2011. Dalam kepemimpinannya, Pria yang lahir 23 Januari 1961 ini selalu berpegang teguh pada kedisiplinan, menekankan semangat kebersamaan dalam bekerja dengan baik, dan bertanggung jawab.

Jujur, ikhlas, dan amanah menjadi Motto KPKNL Parepare dalam memberikan pelayanan  kepada seluruh stakeholders dalam bidang Pengurusan Piutang Negara, Lelang, Penilaian, dan Pengelolaan Kekayaan Negara di wilayahnya

Terkait pembinaan SDM, KPKNL Parepare memberi kesempatan yang sama bagi seluruh pegawainya untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman melalui berbagai acara diklat, workshop, dan sosialisasi. Evaluasi realisasi capaian IKU  melalui Morning Call merupakan agenda mingguan dengan tujuan untuk menginternalisasi Nilai-Nilai dan Budaya Kerja Kementerian Keuangan.

Semangat reformasi birokrasi dan internalisasi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan menjadi tonggak bagi KPKNL Parepare sebagai Agent of Change dalam memperbaiki pelayanan kepada para pengguna jasa dan pemangku kepentingan lainnya. Penerapan SOP Layanan Unggulan dan Key Performance Indicator (KPI) menjadi sarana transparansi bagi publik untuk terus menerus melakukan pembenahan  baik secara internal maupun secara eksternal. Pembenahan internal meliputi sumber daya manusia, prasarana, penataan dan lain-lain yang berkaitan dengan tugas dan fungsi DJKN. Pembenahan eksternal berupa koordinasi, sosialisasi maupun bimbingan teknis dengan satker kementerian/lembaga negara sehubungan dengan inventarisasi dan penilaian aset, penataan hubungan dengan penyerah piutang dan penggalian potensi lelang.

Capaian Kinerja KPKNL Parepare dari tahun ke tahun memperlihatkan tren semakin meningkat. Nilai Kinerja Organisasi (NKO) KPKNL Parepare Tahun 2013  sebesar 113,71%. Angka tersebut cukup fantastis untuk diapresiasi karena seluruh target IKU KPKNL Parepare di atas rata rata 100% tercapai. Capaian Kinerja tersebut tidak terlepas dari komitmen seluruh pegawai untuk melaksanakan tugas dengan baik berdasarkan semangat team workOne Team, One Spirit, One Goal dalam memberikan kepuasan terhadap para pengguna jasa dengan prinsip good governance.

Kinerja KPKNL Parepare pada tahun 2014 secara umum memperlihatkan tren yang baik. Hal ini dapat dilihat dari capaian IKU yang telah mencapai target diantaranya utilisasi BMN sebesar 102,19%, pokok lelang sebesar 103,49 %, Jumlah Bea lelang sebesar 158%, dan Frekuensi Lelang sebesar 101%.

Terkait program tertib hukum BMN, khususnya tanah melalui program sertifikasi BMN, KPKNL Parepare melakukan inisiatif strategis 2014 di antaranya dengan melaksanakan Rapat Koordinasi yang mempertemukan pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) dengan satker yang ada di wilayah kerja KPKNL Parepare, membahas progress percepatan sertifikasi bidang tanah yang menjadi target sertifikasi tahun 2014.

Sebagai ujung tombak DJKN dalam memberikan Pelayanan di bidang Pengelolaan Kekayaan Negara di daerah, KPKNL Parepare dituntut untuk memberikan sosialisasi atas regulasi yang update kepada semua pengguna layanan.

Terkait masalah pengembalian BKPN pasca dikeluarkannya putusan mahkamah Konstitusi nomor 77/PUU-IX/2011 KPKNL Parepare telah berhasil mengembalikan seluruh BKPN dengan Total BKPN sebesar  2.467 dengan outstanding sebesar Rp74.161.344.612,00.

Strategi lanjutan untuk meningkatkan Kinerja KPKNL Parepare dilakukan dengan cara mengoptimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki meliputi sumber daya manusia, keuangan, sarana, dan prasarana, serta menciptakan kondisi kerja yang produktif dan kondusif dengan menjalin kebersamaan dan menjaga hubungan baik antar pegawai dan juga dengan stakeholders. Dengan strategi tersebut, tidak mengherankan jika koordinasi KPKNL Parepare dengan K/L sebagai stakeholders termasuk pemerintah daerah setempat tetap terjaga dengan baik.

Guna meningkatkan daya tahan tubuh dan semangat kerja pegawai, KPKNL Parepare secara rutin melakukan kegiatan olahraga bersama di antaranya tenis meja, futsal, tenis lapangan, dan olahraga khas indoensia yakni sepak takraw.

 

KPKNL Parepare dengan motto “Jujur, ikhlas, dan Amanah” serta mengedepankan semboyan bugis “SIPAKATAU SIPAKAINGE” (saling menghargai dan mengingatkan antar sesama) bertekad mewujudkan visi dan misi DJKN menjadi pengelola Kekayaan Negara yang Profesional dan Akuntabel untuk sebesar besar kemakmuran rakyat.


Wilayah Kerja
Peta Lokasi KPKNL Parepare
Alamat Kantor
Jl. Siliwangi Nomor 110 Pare Pare - 91113
(0421) 26678
(0421) 28068