Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Juang UMKM KPKNL Parepare, Strategi baru pemasaran bagi UMKM Penghasil Sutera
Nor Fuad Al Hakim
Selasa, 28 September 2021   |   213 kali

Pada hari Jum’at (24/9) bertempat di aula Kantor BRI Cabang Sengkang, KPKNL Parepare kali ini bekerjasama dengan BRI Cabang Sengkang kembali melaksanakan kegiatan Juang UMKM, dimana kegiatan yang sama sebelumnya telah sukses diselenggarakan di dua wilayah berbeda yaitu Kabupaten Pinrang dan Kota Parepare. Kegiatan Juang UMKM yang diselenggarakan dengan 2 metode yaitu secara tatap muka dengan peserta yang terbatas serta tetap menjaga protokol kesehatan yang ketat dan juga secara online melalui zoom meeting. Acara tersebut juga dihadiri oleh Pimpinan Cabang PT. BRI (Persero) Tbk. Cabang Sengkang, Bagian CRR PT. BRI (Persero) Tbk. Kanwil Makassar, Kepala Bidang Pemberdayaan Koperasi Dinas Koperindag & UKM Kabupaten Wajo, dan pelaku UMKM Kabupaten Wajo sebagai Pemohon lelang.

Dalam rangkaian kegiatannya, acara yang dipandu oleh Widya Ayuningtiyas sebagai MC dibuka dengan bincang santai sekaligus sosialisasi mengenai lelang dan Juang UMKM yang disampaikan langsung oleh Kepala KPKNL Parepare, Fredy Himarwanto. Fredy menyampaikan Juang UMKM dilaksanakan untuk membantu dan mempermudah para pelaku UMKM khususnya Kabupaten Wajo untuk memasarkan produknya melalui website lelang.go.id dengan KPKNL sebagai jembatannya. Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar , Ekka S. Sukadana untuk memberikan apresiasi kepada KPKNL di lingkungan Kanwil DJKN Sulseltrabar atas partisipasinya dalam pelaksanaan Kedai Lelang.

Pimpinan Cabang PT. BRI (Persero) Tbk. Cabang Sengkang, Anggit Rumpoko menyambut baik kegiatan ini karena Kegiatan Juang UMKM sejalan dengan arahan pemerintah untuk membantu para pelaku UMKM yang usahanya menurun akibat dampak dari pandemi Covid-19, juga sekaligus memperkenalkan lelang non eksekusi sukarela yang jarang diketahui oleh masyarakat karena lelang yang paling banyak diketahui adalah lelang eksekusi. Diharapkan kedepannya dengan menggunakan platform lelang.go.id, jangkauan yang diperoleh oleh pelaku UMKM dalam memasarkan produknya menjadi lebih luas.

Kepala Bidang Pemberdayaan Koperasi Dinas Koperindag & UKM Kabupaten Wajo, Andi Rahmayanti menyambut baik kegiatan ini dan mengungkapkan bahwa sebenarnya banyak potensi hasil kerajinan khas kabupaten wajo selain kain sutera, namun memang permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM di Kabupaten Wajo dalam mengembangkan usahanya adalah sulitnya memasarkan produk UMKM karena minimnya jaringan yang ada untuk memasarkan produk dan juga masih banyak pelaku UMKM yang kurang melek akan teknologi. Diharapkan dengan Juang UMKM yang digagas KPKNL Parepare, kedepannya dapat membantu dalam memasarkan produk UMKM Kabupaten Wajo serta dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM yang lainnya yang tidak hadir dalam acara ini.

Juang UMKM kali ini menawarkan produk-produk unggulan dari Pelaku UMKM Kabupaten Wajo diantaranya kerajinan berbahan sutera berupa kain dan baju yang merupakan potensi dari Kabupaten Wajo. Dalam bincang santai, Taufik sebagai pelaku UMKM menjelaskan bahwa kerajinan kain sutera merupakan kerajinan padat karya karena banyak pihak yang ikut berperan dalam prosesnya dari hulu sampai ke hilir mulai dari budidaya tanaman, budiaya ulat sutera, proses pemeliharaanya, produksi benang sutera dan proses penenunan menjadi kain sutera, sehingga tidak heran apabila kain sutera asli memiliki harga yang mahal.

Memasuki puncak kegiatan, lelang yang dipimpin oleh Hadri, S.Mn sebagai pelelang berjalan lancar dan semua barang yang dilelang laku terjual. Dengan keberhasilan pelaksanaan lelang tersebut, diharapkan kolaborasi dan sinergi para pemangku kepentingan menjadi lebih baik dan juga dapat menjadi motivasi kepada para pelaku UMKM untuk dapat terus berinovasi mengembangkan produknya sehingga kedepannya semakin banyak pihak yang menggunakan lelang sebagai sarana dalam memasarkan produknya.

Setelah kegiatan Juang UMKM, Kepala KPKNL Parepare beserta Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar berkesempatan untuk mengunjungi langsung salah satu UMKM pengrajin sutera untuk melihat langsung proses produksi kain sutera yang berada di Kabupaten Wajo.

 

Nor Fuad Al Hakim – Pelaksana Seksi HI

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini