Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sosialisasi Lelang Sukarela dan Peresmian “Juang UMKM” KPKNL Parepare
Nor Fuad Al Hakim
Senin, 05 Juli 2021   |   173 kali

Pada hari Jum’at (2/7) Bertempat di aula Kantor BRI Cabang Pinrang, KPKNL Parepare melaksanakan kegiatan Sosialisasi Lelang Sukarela Melalui JUANG UMKM yang diselenggarakan dengan 2 metode yaitu secara tatap muka dengan peserta yang terbatas dan tetap menjaga protokol kesehatan yang ketat dan juga secara online melalui zoom meeting. Dalam rangkaian kegiatannya, acara diawali dengan peresmian program Kedai Lelang UMKM KPKNL Parepare dengan tema “Juang UMKM” (Jum’at Kedai Lelang UMKM) oleh Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar, Ekka S. Sukadana yang didampingi oleh Kepala KPKNL Parepare, Fredy Himarwanto. Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala BRI Cabang Pinrang, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pinrang, Pimpinan ParePos Kabupaten Pinrang dan para pelaku UMKM Kabupaten Pinrang yang tergabung dalam organisasi D’Great of Lasinrang. Dalam sambutannya Ekka menyampaikan JUANG UMKM sendiri bertujuan untuk membantu dan mempermudah para pelaku UMKM dalam memasarkan produknya melalui website lelang.go.id dengan KPKNL sebagai jembatannya.

“JUANG UMKM” merupakan bentuk tindak lanjut KPKNL Parepare atas arahan dari kantor pusat DJKN terkait program Kedai Lelang UMKM sebagai salah satu upaya dalam rangka pemulihan ekonomi nasional ditengah dampak penyebaran Covid-19 di Indonesia. Kedai Lelang UMKM sendiri merupakan bukti keberhasilan sinergi antara pemerintah dengan para pemangku kepentingan lain, utamanya para pelaku UMKM yang tersebar di wilayah kerja KPKNL Parepare, dimana KPKNL Parepare akan membantu memasarkan produk-produk unggulan dari UMKM yang ikut dalam program ini. Selanjutnya dilaksanakan pula sosialisasi mengenai lelang sukarela pada KPKNL oleh Kepala KPKNL Parepare, Fredy Himarwanto kepada para undangan dengan harapan kedepan semakin banyak stakeholder yang memanfaatkan lelang sebagai media dalam memasarkan produknya dan transaksi karena dengan lelang dapat memberikan harga yang maksimal terhadap suatu produk.

Tanggapan positif datang dari para undangan karena sebelumnya mereka hanya mengenal lelang eksekusi yang dilaksanakan oleh KPKNL sedangkan mengenai lelang sukarela mereka masih belum banyak mengetahui. Salah satunya termasuk dari Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pinrang yang menyambut baik adanya lelang sukarela pada KEDAI LELANG UMKM ini, serta memotivasi para pelaku UMKM di Kabupaten Pinrang untuk memanfaatkan dan ikut serta dalam program ini karena dinilai dapat menjadi sarana pemasaran yang bagus untuk produk UMKM karena menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

JUANG UMKM kali ini menawarkan produk-produk terbaik dari pelaku UMKM Kabupaten Pinrang sebanyak 7 lot, dimana lelang yang dilaksanakan oleh Hadri, S.Mn sebagai Pelelang berjalan lancar. Dengan keberhasilan pelaksanaan lelang tersebut, diharapkan kolaborasi dan sinergi para pemangku kepentingan menjadi lebih baik dan juga dapat menjadi motivasi kepada para pelaku UMKM untuk dapat terus berinovasi mengembangkan produknya sehingga kedepannya semakin banyak pihak yang menggunakan lelang sebagai sarana dalam memasarkan produknya.

 

Nor Fuad Al Hakim – Pelaksana Seksi HI

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini