Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Lelang BMD Pemda Kabupaten Sidrap Laku 1,3 Miliar
Desy Dwi Permatasari
Kamis, 24 Oktober 2019   |   376 kali

Sidrap – (21/10) Bertempat di Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Parepare melaksanakan lelang Barang Milik Daerah (BMD) secara online melalui portal lelang.go.id. Pada kesempatan ini, Hadri dan Syarifuddin, Pejabat Lelang KPKNL Parepare memandu jalannya lelang yang terbagi dalam dua sesi, yaitu dengan penawaran terbuka (open bidding) dan penawaran tertutup (closed bidding).

Pada sesi open bidding, sebanyak 7 unit kendaraan roda empat dan 1 paket kendaraan roda empat (terdiri dari 13 unit) laku terjual dengan total nilai Rp. 1.037.436.000,- . Sedangkan pada sesi closed bidding, sebanyak 2 paket kendaraan roda empat dan 1 paket kendaraan roda dua dalam kondisi rusak berat (scrap) laku terjual dengan total nilai Rp. 286.504.999,- . Mekanisme lelang secara online melalui portal lelang.go.id memberikan kesempatan luas bagi siapa saja untuk dapat mengikuti lelang. Selain itu, lelang secara online memungkinkan orang untuk mengikuti lelang dimana saja tanpa perlu hadir di lokasi lelang.

Semua barang yang ditawarkan laku terjual, bahkan beberapa barang berhasil terjual dengan harga dua kali lipat dari harga limit/pembukaan. Lelang kendaraan dinas milik Pemda Kabupaten Sidrap sendiri merupakan bentuk tindak lanjut dari mekanisme penghapusan BMD yang tengah berlangsung. Langkah Pemda Kabupaten Sidrap dalam melakukan penghapusan BMD dengan penjualan secara lelang melalui KPKNL Parepare ini dalam rangka mendapatkan nilai wajar kendaraan agar hasil penjualan optimal dan dapat dipertanggungjawabkan.

Ini merupakan kedua kalinya dilaksanakan oleh Pemda Kabupaten Sidrap yang sebelumnya pernah dilaksanakan pada tahun 2017. Pelaksanaan lelang ini diharapkan dapat menjembatani peningkatan kerja sama antara Pemkab Sidrap dan KPKNL di masa yang akan datang. (foto/text: Desy-Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini