KPKNL Parepare
Berita DJKN

In House Training: Membangun Soft Competency

Kamis, 05 Juli 2018   |   88 kali

Parepare – Selasa, 3 Juli 2018, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Parepare menyelenggarakan Lokakarya Soft Competency atau yang biasa dikenal dengan In House Training (IHT) yang berlokasi di Pantai Pasir Putih Tonrangeng, Kota Parepare. Kegiatan ini merupakan inisiasi dari Bagian Kepegawaian Kantor Pusat DJKN yang bekerja sama dengan Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia BPPK. Kegiatan yang lebih berfokus pada pengembangan soft competency ini diselenggarakan setiap tahun. Tahun ini, kegiatan IHT memiliki tema “Bersinergi Untuk Negeri, Revaluasi BMN Tuntas Berkualitas”.

Ada banyak hal yang dapat diambil dari kegiatan penggalian soft competency seperti ini, yaitu kemampuan komunikasi, kejujuran/integritas, kemampuan bekerja sama, kemampuan interpersonal, etika, dan masih banyak lainnya. Uniknya, pesan-pesan tersebut tidak dijelaskan secara teoritis yang membosankan, melainkan dibungkus dengan media pembelajaran yang menyenangkan dan dapat diterima oleh semua kalangan, yaitu dengan menuangkannya dalam bentuk permainan beregu. Alat-alat yang digunakan cukup sederhana seperti balon, sarung, ember, dan botol plastik.

I Nyoman Suparta selaku Kepala KPKNL Parepare, memimpin langsung para pegawainya untuk terus mengikuti kegiatan IHT dengan penuh semangat. Hari itu, pangkat dan jabatan kami lepas sejenak sehingga semua berbaur tanpa segan layaknya sebuah keluarga.

Permainan demi permainan terus kami ikuti tanpa rasa bosan. Di akhir sesi outdoor, dilanjutkan dengan acara makan siang bersama dengan mata tertutup. Nilai yang ingin ditanamkan dari mata tertutup ini adalah tumbuhnya rasa percaya terhadap rekan, senior, junior, atasan, maupun bawahan.

Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi indoor yang dilakukan di Aula KPKNL Parepare. Pada sesi inilah dilakukan pembedahan nilai-nilai atas permainan yang telah kami mainkan. Ternyata masih banyak nilai-nilai tersirat yang belum kami tangkap seperti kreatif, inovatif, dan bijaksana dalam mengambil keputusan. Tidak seru rasanya apabila dalam permainan tidak ada menang dan kalah. Di akhir sesi, diumumkan para pemenang dalam permainan yang telah berlangsung.

Selanjutnya, acara diisi oleh Bagian Kepegawaian Kantor Pusat DJKN untuk menyampaikan Current Issue terkait kepegawaian. Ada beberapa masukan terkait kepegawaian yang disampaikan oleh beberapa pegawai. Hal ini tentu sangat bagus agar seluruh aspirasi pegawai DJKN dapat tersampaikan dengan baik.

(daily)


Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Jenderal Sudirman No. 93, Cappa Galung, Bacukiki Bar., Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan 91122
(0421) 26678
(0421) 28068