Peran Call Center dalam Pelayanan
Instansi
Sudah tidak asing bagi kita jika
mendengar apa itu call center. Call center mungkin masih dianggap pekerjaan
yang sepele dalam mendukung pelayanan suatu instansi. Namun mengesampingkan hal
itu, call center memiliki peranan yang penting dalam membangun citra positif
suatu instansi kepada masyarakat luas. Call center sendiri adalah sebuah pusat
layanan masyarakat yang khusus didedikasikan untuk menerima dan mengelola panggilan
telepon dari masyarakat. Ini adalah bagian penting dari fungsi customer service
dalam sebuah instansi.
Pelayanan melalui panggilan masuk
maupun menerima pesan dapat berkaitan dengan berbagai hal, seperti pertanyaan
tentang layanan instansi, penyelesaian masalah, pengaduan, atau permintaan
informasi lainnya. Adapun dalam unit kerja setara dengan KPKNL, pelayanan call
center dapat meliputi pemberian informasi seputar pelayanan KPKNL,
menyelesaikan keluhan masyarakat terhadap pelayanan yang dianggap belum
maksimal, serta sebagai narahubung yang menyambungkan antara pelayanan yang
dibutuhkan masyarakat kepada seksi teknis terkait dalam suatu instansi.
Seorang call center biasanya
dilengkapi dengan peralatan telekomunikasi dan teknologi komunikasi yang
memungkinkan operator call center untuk dapat menjawab panggilan masuk,
menerima pesan, memberikan informasi, menyelesaikan masalah atau keluhan
masyarakat, serta memberikan dukungan kepada pelanggan. Bentuk dari media call
center juga semakin beragam seiring berkembanganya zaman. Jika call center pada
zaman dahulu diasosiasikan dengan telepon, maka saat ini banyak sekali layanan
call center yang bisa dilakukan lewat e-mail, SMS, bahkan media
sosial.
Mengulang dari pembahasan sebelumnya
bahwa fungsi utama dari call center adalah untuk memberikan layanan informasi yang
efisien dan efektif melalui telepon. Selain itu, call center juga dapat
menangani komunikasi dengan masyarakat melalui saluran pengaduan lain seperti
email, chatting, atau media sosial, tergantung pada kebutuhan serta platform
media telekomunikasi yang mudah diakses oleh pihak pengguna layanan. Call
center biasanya memiliki keahlian yang secara khusus digunakan untuk berinteraksi
dengan pengguna layanan secara profesional dan ramah. Hal ini sejalan dengan
keahlian apa saja yang harus dimiliki oleh seorang call center suatu instansi.
Seorang call center juga
sangat diharapkan memiliki beberapa keahlian khusus. Berikut adalah beberapa
keahlian yang penting untuk dimiliki oleh seorang call center:
Call center yang melakukan
pekerjaannya dengan baik dan benar akan sangat berpengaruh pada kesan positif
suatu instansi. Hal ini memungkinkan suatu instansi untuk meningkatkan
produktivitas, meningkatkan kepuasan pengguna layanan, dan mendapatkan informasi
penting tentang kebutuhan dan preferensi pengguna layanan. Meskipun sering
dianggap sebagai hal yang sepele, sebenarnya pekerjaan seorang call center
memiliki banyak fungsi dan juga peran di dalam suatu instansi. Terdapat dua
fungsi utama bagi seorang call center yaitu menjadi humas terdepan dan menciptakan
kultur instansi yang positif. Seorang call center diharuskan dapat memberikan
kenyamanan sehingga pengalaman yang diperoleh pengguna layanan dalam berinteraksi
menjadi lebih baik dengan harapan memenuhi ekspektasi mereka.
Ditulis
oleh: Rimadhani Salsabilla Fadhilah (Pelaksana Seksi Hukum dan Informasi KPKNL
Parepare)
Referensi:
https://www.gramedia.com/literasi/customer-service/#Pengertian_Customer_Service