Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Lelang go.id Dukung UMKM Belitung
Wahyu Dwi Prasetya
Senin, 04 Desember 2023   |   63 kali

Pangkalpinang – Pejabat Fungsional Pelelang Ahli Pertama Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pangkalpinang Arif Eko Prasetyo melakukan koordinasi dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Tenaga Kerja (KUKMPTK) Kab. Belitung, Prov. Kep. Bangka Belitung sekaligus melakukan penggalian potensi lelang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di wilayah Kab. Belitung (30/11/2023).

Pelaksanaan koordinasi bertempat di Kantor Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Tenaga Kerja (KUKMPTK) Kab. Belitung, Prov. Kep. Bangka Belitung. Pejabat Fungsional Pelelang Ahli Pertama Arif Eko Prasetyo bersama Kepala Seksi Hukum dan Informasi Wahyu Dwi Prasetya dan Kepala Seksi Kepatuhan Internal bertemu dengan Kepala Dinas KUKMPTK Kab. Belitung Syamsuddin dan Kabid KUKM Budi Swasta serta jajaran.

Lelang produk UMKM melalui KPKNL merupakan jenis Lelang Non Eksekusi Sukarela yang dapat dengan mudah diikuti oleh penjual maupun pembeli. Melalui Aplikasi Lelang Indonesia (dapat di-download di google playstore) dan portal lelang.go.id, para pelaku UMKM dapat memasarkan dan mengenalkan produknya untuk mendapatkan harga yang kompetitif dengan jangkauan seluruh Indonesia,” jelas Arif.

Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Tenaga Kerja (KUKMPTK) Kab. Belitung menyambut baik inisiatif KPKNL Pangkalpinang dalam mendukung UMKM di wilayah Belitung dalam memasarkan produknya, ‘’ kata Syamsuddin.

Pada hari yang sama tim KPKNL Pangkalpinang mengunjungi  UMKM Pratisthaku berlokasi di Jalan Sudirman, Kelurahan Pangkal Lalang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung. Tim bertemu dengan ibu Kartini selaku pemilik Pratisthaku. Pratisthaku merupakan UMKM yang membuat produk kerajinan ecoprint berupa tas, topi, kain dsb yang memiliki mutu yang sangat bagus dan bahkan dapat bersaing dengan produk kerajinan dari luar Kepulauan Bangka Belitung.

Selain mengenalkan lelang Arif juga membantu Kartini pemilik UMKM Pratisthaku untuk membuat akun lelang.go.id agar bisa segera memasarkan produknya.

“Penjual (Pengusaha UMKM/Kelompok Unit Bersama UMKM) dapat mengajukan permohonan lelang secara manual diantar ke KPKNL atau via pos atau dapat juga secara online pada lelang.go.id. Mengenai tata cara permohonan secara online, setelah berkas dinyatakan lengkap, berkas dapat disampaikan beserta tiket permohonan lelangnya ke KPKNL. Kemudian setelah adanya penetapan jadwal lelang dari KPKNL, penjual melakukan pengumuman lelang,” kata Arif memberikan penjelasan.

Tim KPKNL Pangkalpinang juga mengunjungi Galeri UMKM Belitung dan selanjutnya ke sentra kerajinan keramik BICA (Belitung Island Ceramic Art) Bica keramik berlokasi di Desa Batu Itam, Sijuk, Kab. Belitung, Prov. Bangka Belitung. Bica Keramik memproduksi souvenir dari keramik berupa miniatur barang-barang peninggalan kapal tenggelam, piring, gelas, diorama, guci dll.

Koordinasi dan penggalian potensi lelang UMKM di Belitung diharapkan dapat mengenalkan lelang.go.id sebagai alternatif penjualan produk-produk UMKM. Dengan mudahnya prosedur serta manfaat yang akan diperoleh dari lelang UMKM, yaitu para pelaku UMKM dapat memasarkan dan mengenalkan produknya untuk mendapatkan harga yang kompetitif dengan jangkauan seluruh Indonesia, tidak ada salahnya para pelaku UMKM mencoba lelang UMKM melalui KPKNL(wdp)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini