Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Pangkal Pinang
BERITA UTAMA
KPKNL Pangkalpinang mengadakan Lelang Non Eksekusi Wajib Barang Milik Daerah (BMD) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka berupa 33 lot yang terdiri dari kendaraan roda empat, kendaraan roda dua, peralatan mesin dan hasil bongkaran bangunan. Lelang di
Info lelang.go.id
Profil KPKNL Pangkal Pinang

KPKNL Pangkalpinang






Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pangkalpinang merupakan salahunit vertikal di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) KementerianKeuangan yang berada di bawah Kanwil DJKN Sumatera Selatan, Jambi, dan BangkaBelitung. KPKNL Pangkalpinang memberikan pelayanan di bidang kekayaannegara, penilaian, dan lelang. Dalam pelaksanaan tugas tersebut, KPKNLPangkalpinang menyelenggarakan 10 (sepuluh) fungsi, diantaranya:

1.     inventarisasi, pengadministrasian, pendayagunaan, dan pengamanankekayaan negara

2.     registrasi, verifikasi dan analisa pertimbangan permohonan pengalihanserta penghapusan kekayaan negara

3.     pelaksanaan pengurusan piutang negara dan kewenangan Panitia UrusanPiutang Negara (PUPN)

4.     pelaksanaan bimbingan teknis, pembinaan, penatausahaan, penagihan, danoptimalisasi dalam rangka pengelolaan piutang negara

5.     pelaksanaan pelayanan penilaian

6.     pelaksanaan pelayanan lelang

7.     penyajian informasi di bidang kekayaan negara, penilaian, dan lelang

8.     pelaksanaan pemberian pertimbangan dan advokasi pengurusan piutangnegara dan lelang

9.     verifikasi dan pembukuan penerimaan pembayaran piutang negara dan hasillelang

10.  pelaksanaan administrasi KPKNL




KPKNL Pangkalpinang telah memiliki sarana danprasarana yang memadai yang terdiri dari aset bergerak maupun tidak bergerakyang dapat dimanfaatkan secara optimal untuk melaksanakan tugas dan fungsi. GedungKPKNL Pangkalpinang diresmikan pada tanggal 4 Maret 2014. KPKNL Pangkalpinangberlokasi di Jalan Ahmad Yani Nomor 8 Kelurahan Batin Tikal Kecamatan TamanSari Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 




KepulauanBangka Belitung adalah provinsi yang terdiri dari dua pulau utama yaituBangka dan Belitung telah lama dikenal sebagai sumber timah terbesar diIndonesia dan memiliki pesona alam pantai yang mengagumkan. Selain dua pulau utamatersebut, terdapat juga pulau-pulau kecil seperti Pulau Lepar, Pulau Pongok,Pulau Mendanau, Pulau Selat Nasik, Pulau Lengkuas, dan masih banyak pulaulainnya. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki keistimewaan berupa pantaiyang landai, berpasir putih, dan dihiasi dengan hamparan batu granit. ProvinsiKepulauan Bangka Belitung juga dikenal sebagai Negeri Serumpun Sebalai yangberarti bahwa kekayaan alam dan pluralisme masyarakat di Provinsi KepulauanBangka Belitung tetap merupakan keluarga besar komunitas (serumpun) yangmemiliki perjuangan yang sama untuk menciptakan kesejahteraan, kemakmuran,keadilan dan perdamaian. Sebagaiibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kota Pangkalpinang merupakan salahsatu kota yang memiliki rekaman sejarah yang cukup penting di provinsi ini. Mulaidari sejarah penambangan timah hingga sejarah perlawanan terhadap penjajahanBelanda dan Jepang. Berbagai benda bersejarah yang tersisa saat ini menjadi petunjuksekaligus bukti bahwa Kota Pangkalpinang memegang peranan penting dalamperjalanan sejarah provinsi yang terkenal dalam novel dan film Laskar Pelangi.


KPKNLPangkalpinang memiliki lingkup wilayah kerja di Provinsi Provinsi Kepulauan BangkaBelitung yang meliputi 7 (tujuh) Kabupaten/Kota yang terdiri dari:

1.  Kota Pangkalpinang

2.  Kabupaten Bangka

3.  Kabupaten Bangka Tengah

4.  Kabupaten Bangka Selatan

5.  Kabupaten Bangka Barat

6.  Kabupaten Belitung

7.  Kabupaten Belitung Timur




Berdasarkan Peraturan MenteriKeuangan Nomor 154/PMK.01/2021  tentangOrganisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal KekayaanNegara, susunan organisasi KPKNL Pangkalpinang adalah sebagai berikut:

a.   Subbagian Umum

b.   Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara

c.   Seksi Piutang Negara

d.   Seksi Hukum dan Informasi


Wilayah Kerja
Kota Pangkalpinang
Kabupaten Bangka
Kabupaten Bangka Barat
Kabupaten Bangka Selatan
Kabupaten Belitung
Kabupaten Belitung Timur
Kabupaten Bangka Tengah
Prestasi KPKNL Pangkal Pinang
1. Kantor Percontohan Terbaik Kementerian Keuangan Tahun 2015
2. Juara Umum Hari Oeang Republik Indonesia Lingkup Provinsi Bangka Belitung Tahun 2015
3. • Kantor Berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Tahun 2020
Peta Lokasi KPKNL Pangkal Pinang
Alamat Kantor
Jalan Ahmad Yani Nomor 8 Kel. Batin Tikal, Kec. Taman Sari, Kota Pangkalpinang 33126
(0717) 435333
(0717) 438300
kpknl.pangkalpinang@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini