KPKNL Pangkal Pinang
BERITA UTAMA
Kegiatan Pembinaan Pengendalian Gratifikasi oleh Kantor Wilayah DJKN Sumatera Selatan, Jambi dan Bangka Belitung pada KPKNL Pangkalpinang
Pengumuman
Kilas Peristiwa
Profil KPKNL Pangkal Pinang

Kota Pangkalpinang merupakan ibukota dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang namanya diambil dari dua  kepulauan yaitu Bangka dan Belitung yang telah lama dikenal sebagai timah terbesar di Indonesia dan memiliki pesona alam pantai yang mengagumkan. Selain dua pulau besar juga ada pulau-pulau kecil seperti Pulau Lepar, Pulau Pongok, Pulau Mendanau dan Pulau Selat Nasik, total pulau yang telah bernama berjumlah 470 buah dan yang berpenghuni hanya 50 pulau. Apalagi keistimewaan pantainya dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia adalah pantainya yang landai berpasir putih dengan bak dihiasi hamparan batu granit.

 

Sebagai bagian dari Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, Pangkalpinang merupakan salah satu kota yang memiliki rekaman sejarah yang cukup penting di propinsi ini, mulai dari sejarah penambangan timah sampai dengan sejarah perlawanan terhadap penjajahan Belanda dan Jepang. Berbagai Benda Cagar Budaya dan Sejarah yang tersisa saat ini menjadi petunjuk bahwa kota Pangkalpinang memegang peranan penting dalam perjalanan sejarah propinsi yang terkenal dalam novel dan film Laskar Pelangi.

Pangkalpinang sebagai ibukota Propinsi Kepulauan Bangka Belitung dikenal sebagai Negeri Serumpun Sebalai yang berarti bahwa kekayaan alam dan plularisme masyarakat propinsi ini tetap merupakan keluarga besar komunitas (serumpun) yang memiliki perjuangan yang sama untuk menciptakan kesejahteraan, kemakmuran, keadilan dan perdamaian. Luasnya wilayah Kepulauan Bangka Belitung menuntut pelayanan akan Pengurusan Piutang Negara, dan Pelayanan Lelang, bagi para stakeholder, Penyerah Putang, pengguna jasa lelang serta instansi serta lembaga pemerintahan lain semenjak resmi menjadi Propinsi ke 31 pada tahun 2000.

Pada akhirnya pada tahun 2002 dengan dibukanya Kantor Pelayanan Pengurusan Piutang dan Lelang Negara (KP2LN) Pangkalpinang yang sebelumnya merupakan bagian dari wilayah kerja KP2LN Palembang.  Sebagai ibukota provinsi, kehadirannya KP2LN Pangkalpinang adalah sebuah konsekuensi logis dari keberadaan Propinsi Bangka Belitung yang terus mengalami perkembangan secara signifikan. Hal ini sejalan dengan telah dibentuknya Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pangkalpinang sesuai Peraturan Menteri Keuangan nomor 135/PMK.01/2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.

KPKNL Pangkalpinang yang diresmikan sejak tahun 2007 sebagai salah satu dari kantor vertikal DJKN pada Kantor Wilayah DJKN Sumatera Selatan, Jambi dan Bangka Belitung memiliki tugas melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, piutang negara, dan lelang. Dalam melaksanakan tugasnya, KPKNL Pangkalpinang mempunyai fungsi melakukan pengelolaan kekayaan negara, penagihan  harta kekayaan milik penanggung hutang/penjamin hutang, pengurusan piutang negara/daerah,  pelaksanaan pelayanan penilaian, dan pelaksanaan pelayanan lelang. Lokasi  KPKNL Pangkalpinang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani Nomor 8, Taman Sari, Kota Pangkalpinang, dan menempati gedung 3 (tiga) lantai dengan luas bangunan ± 1.924 m².

Lingkup wewenang KPKNL Pangkalpinang, meliputi pelayanan pengurusan Piutang Negara, Lelang, penilaian, dan Pengelolaan Kekayaan Negara di wilayah Propinsi Kepulauan Bangka Belitung yang terdiri atas Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur.

Saat ini Kepala KPKNL Pangkalpinang dijabat oleh Sumurung Siahaan, dengan dibantu oleh Kepala Sub Bagian Umum (Agus Trewulianto), Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (Goklas Tunggul Partoho), Kepala Seksi Pelayanan Penilaian (Dedi Dewanta Brahmana), Kepala Seksi Piutang Negara (Parulian), Kepala Seksi Pelayanan Lelang (Arief Nugroho), Kepala Seksi Kepatuhan Internal (Imron Rosyadi), serta Kepala Seksi Hukum dan Informasi (Dwinanto).

 

Salah satu kekuatan KPKNL Pangkalpinang saat ini adalah sumber daya manusia yang dimiliki. KPKNL Pangkalpinang didukung oleh sebagian besar pegawai-pegawai hasil seleksi pegawai untuk kantor teladan tahun 2014. Jumlah pegawai  KPKNL Pangkalpinang saat ini sebanyak 22 (dua puluh dua) orang. Dengan kompetensi pegawai yang unggul, sangat mempengaruhi pelayanan yang diberikan KPKNL Pangkalpinang. Pelayanan yang diberikan seluruh pegawai KPKNL Pangkalpinang merupakan kunci sinergi dalam operasional layanan unggulan DJKN di Kepulauan Bangka Belitung.

Pelayanan KPKNL Pangkalpinang

a. Pelayanan Kekayaan Negara, KPKNL Pangkalpinang melakukan pembinaan dan bimbingan teknis barang milik negara pada 372 (tiga ratus tujuh puluh dua) satuan kerja, dengan memberikan pelayanan kepada Satuan Kerja, sebagai berikut:

- Pelayanan Pengelolaan Barang Milik Negara, yaitu persetujuan/penolakan penghapusan BMN, persetujuan/penolakan penjualan BMN berupa selain tanah dan/atau bangunan, penetapan status penggunaan BMN, persetujuan/penolakan pemanfaatan BMN, persetujuan/penolakan pemindahtangan BMN berupa Hibah.

- Pelayanan Penatausahaan BMN, yaitu: pembinaan dalam penggunaan aplikas SIMAK dan aplikasi lain terkait dengan panatausahaan BMN, pelaksanaan rekonsiliasi BMN semesteran dan tahunan.

b. Pelayanan Piutang Negara, KPKNL Pangkalpinang melakukan penagihan piutang negara yang berasal dari penyerahan dari DJKN cq. Direktorat PKNSI, Kementerian/Lembaga Rumah Sakit, Pemerintah Provisi\Kabupaten, BPJS dan Bea Cukai.

c. Pelayanan Lelang, KPKNL Pangkalpinang melaksanakan lelang Eksekusi, Lelang Non Eksekusi Wajib, dan lelang Non Eksekusi Sukarela, atas objek lelang (benda bergerak maupun benda tidak bergerak).

d. Pelayanan Penilaian, KPKNL Pangkalpinang melakukan penilaian atas objek yang terletak di wilayah KPKNL Pangkalpinang, dalam rangka:

- Penilaian barang jaminan dan/atau harta kekayaan lain, dalam rangka pengurusan piutang negara oleh Panitia Urusan Piutang Negara, untuk keperluan penjualan melalui lelang, penjualan tanpa melalui lelang, penebusan dengan nilai permohonan penebusan di bawah nilai pembebanan dan keringanan hutang.

- Penilaian Barang Milik Negara satuan kerja di bawah KPKNL Pangkalpinang, dalam rangka  penyusunan neraca pemerintah pusat, penerbitan surat berharga syariah, pemanfaatan barang milik negara dan pemindahtangan barang milik negara.

Si PACAK KPKNL Pangkalpinang

Jika dibandingkan antara SDM beserta fasilitas yang ada dengan hasil yang dicapai dan tujuan reformasi birokrasi Kementerian Keuangan maka untuk mencapai kinerja yang optimal kami sepakat membuat MOTTO KPKNL Pangkalpinang yaitu “PACAK”, Pacak berasal dari bahasa daerah Bangka yang sering dipakai dalam bahasa pergaulan sehari-hari yang berarti “bisa/dapat” dan dalam arti luas optimalisasi yang maksimal, sedangkan akronim bahasa merupakan singkatan dari

     P = profesional
     A = akuntabel
     C = cerdas
     A = amanah
     K = kesempurnaan

 

Disamping itu, KPKNL Pangkalpinang juga membuat alat untuk membantu percepatan pelayanan, kami membuat aplikasi sederhana yang disebut aplikasi “sipacak” yang merupakan singkatan dari Sistem Informasi Pencaharian Arsip Cepat Administrasi Kantor. Aplikasi ini dijalankan dengan menggunakan server-local yang dipasang pada komputer M-Kios di area pelayanan terpadu KPKNL Pangkalpinang  diharapkan mampu meningkatkan efisiensi, memberikan pelayanan cepat dan berkualitas dalam pencarian arsip risalah lelang. Aplikasi ini dapat juga berguna pada saat penyusunan laporan bulanan atas hasil risalah lelang yang diterbitkan KPKNL Pangkalpinang kepada Kanwil DJKN Sumatera Selatan, Jambi dan Bangka Belitung.

Prestasi KPKNL Pangkalpinang

KPKNL Pangkalpinang sebagai penyabet juara kedua Lomba Kantor Pelayanan Percontohan (KPPc) Tahun 2015, juga telah mengukir prestasi yang cukup membanggakan, diantaranya Juara Umum Lomba Hari Keuangan Tahun 2015. Selain itu berbagai penghargaan yang berasal dari kegiatan layanan penilaian yang diberikan oleh beberapa Pemerintah Daerah lingkup Provinsi Bangka Belitung.

Dengan profil ini, KPKNL Pangkalpinang mengajak kepada pengguna jasa untuk datang ke KPKNL Pangkalpinang. Kami akan menyambut semua pengguna jasa dengan tangan terbuka dan pelayanan yang terbaik.

Kami Senang Melayani Anda dengan PACAK

 

 

 

 


Wilayah Kerja
Kota Pangkalpinang
Kabupaten Bangka
Kabupaten Bangka Barat
Kabupaten Bangka Selatan
Kabupaten Belitung
Kabupaten Belitung Timur
Prestasi KPKNL Pangkal Pinang
1. Kantor Percontohan Terbaik Kementerian Keuangan Tahun 2015
2. Juara Umum Hari Oeang Republik Indonesia Lingkup Provinsi Bangka Belitung Tahun 2015
Peta Lokasi KPKNL Pangkal Pinang
Alamat Kantor
Jalan Jenderal Ahmad Yani Nomor 8 Kel. Taman Sari Kota Pangkalpinang33126
(0717) 435333
(0717) 438300
kpknl.pangkalpinang@kemenkeu.go.id