Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Tingkatkan Kopetensi dan Pengetahuan, Kanwil SJB adakan FGD Pejabat Lelang
Wahyu Dwi Prasetya
Senin, 08 Mei 2023   |   64 kali

Palembang – Pejabat Fungsional Pelelang Ahli Muda M. Ibrahim dan Pelelang Ahli pertama Arif Eko Prasetyo hadir dalam Focus Group Discussion (FGD) Peningkatan Pengetahuan Pelelang dalam Rangka Penggalian Potensi Lelang di Lingkup Kanwil DJKN Sumatera Selatan, Jambi, dan Bangka Belitung (SJB), pada Rabu (03/05/2023).

Acara bertempat di Kampus UNSRI Indralaya, Palembang 3 sd. 4 Mei 2023. Narasumber dalam acara ini adalah Kepala Sub Direktorat Kebijakan Lelang DJKN Diki Zainal Abidin, Mantan Kepala Kanwil DJKN SJB Surya Hadi dan Kepala Bidang KIHI Rahmat Mahsan.

Diki memberikan paparan mengenai Penggalian Potensi Lelang Kepailitan. Surya tentang Penggalian Potensi Lelang di Era Digital dan Rahmat mengenai Standar Operating Prosedure lelang di Kanwil DJKN SJB.

Unit Kepatuhan Internal masing-masing KPKNL adalah bukan pengawas atau pemeriksa demi tertib administrasi pelaksanaan lelang dari permohonan lelang sampai dengan penyelesaian minuta risalah lelang, pelelang agar berkolaborasi dan berkoordinasi dengan seksi KI di KPKNL masing-masing, guna menghindari adanya temuan,” ujar Rahmat.

“proses normal adalah jika ada gugatan pailit dan dikabulkan oleh hakim pengadilan niaga, sedangkan yang abnormal adalah pailit yang melalui Penundaan Kewajiban Pembayaran Hutang (PKPU) dan Perdamaian, dalam praktik pelaksanaan lelang kreditur separatis boleh menunaikan haknya dimasa insolvensi,” kata Diki.

“dalam penerapan digitalisasi lelang perlu memperhatikan penyempurnaan regulasi lelang, pembangunan database yang handal, peningkatan profesionalisme SDM, pengawasan penerapan standar pelayanan prosedur, teknologi informasi dan komunikasi, serta integrasi system,” kata Surya.

Dengan FGD ini diharapkan para pelelang di lingkup Kanwil DJKN SJB dapat meningkatkan pengetahuan dan kompetensi dalam rangka meningkatkan capaian kinerja lelang.

(wdp) 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini