Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sinergi Pemkab Bangka dan KPKNL Pangkalpinang Hasilkan Penerimaan Lebih Dari Setengah Milyar Rupiah Melalui Lelang Barang Milik Daerah
Intan Fitri Ardinasari
Senin, 15 April 2019   |   238 kali

Sungailiat - Barang Milik Daerah (BMD) milik Pemerintah Kabupaten Bangka berupa kendaraan operasional roda 2 (dua), roda 3 (tiga), roda 4 (empat) dan alat berat yang berjumlah sebanyak 48 objek dijual dengan cara lelang melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pangkalpinang. Lelang tersebut dilaksanakan pada hari Kamis (11/04/2019) pukul 10.00 WIB di Halaman Kantor Bupati Bangka. Sebelumnya, dilaksanakan aanwijzing pada hari Senin (08/04/2019), yang bertujuan agar para calon peserta lelang dapat melihat kondisi barang lelang yang akan mereka tawar. Lelang dilaksanakan melalui cara penawaran lisan dengan harga yang semakin meningkat.

“Saya menghimbau kepada para peserta lelang untuk melihat kembali kondisi objek lelang yang akan ditawar dengan sungguh-sungguh, agar tidak salah memilih”, kata Bupati Bangka, Mulkan saat memberikan sambutan sebelum dilaksanakannya lelang. Selanjutnya, perwakilan dari SAMSAT Kabupaten Bangka memberikan penjelasan mengenai peraturan terbaru, yaitu tentang tidak adanya biaya untuk mengganti plat nomor kendaraan dari plat merah ke plat hitam karena adanya pemutihan dari tanggal 15 Maret 2019- 15 Juni 2019. Tentu saja hal tersebut mempermudah para pemenang lelang untuk mengurus administrasi penggantian plat kendaraan bermotor.

Puncak acara adalah pelaksanaan lelang yang dipimpin oleh Awendri, Pelelang Ahli Pertama pada KPKNL Pangkalpinang. Lelang dilaksanakan secara berurutan sesuai nomor urut lot. Peserta yang mengikuti lelang dipersilakan duduk di depan saat objek sesuai nomor urut lot yang ia pilih dilelang dengan cara mengangkat tangannya apabila masih bertahan dengan harga yang ditawarkan dan apabila sudah tidak sanggup dengan tawaran harga yang disampaikan maka peserta lelang dapat menurunkan tangannya. Peserta lelang yang menawar dengan harga tertinggi akan dinyatakan sebagai pemenang lelang. Sebanyak 35 objek lelang berhasil terjual dengan total nilai pokok lelang sebesar  Rp 639.150.000,00.

Pada acara lelang tersebut terdapat hal yang menarik, yaitu adanya seorang peserta lelang yang tertarik mengikuti lelang karena mendengar kabar bahwa motor dinas yang pernah ia pakai dulu saat bertugas di Pemerintah Kabupaten Bangka turut menjadi objek lelang. Ia menceritakan bahwa motor dinas tersebut sangat bernilai historis bagi dia. Keberuntungan pun berpihak kepadanya karena ia berhasil memenangkan lelang motor dinas yang dahulu pernah dipakainya.

Dengan acara lelang tersebut, Pemerintah Kabupaten Bangka dan KPKNL Pangkalpinang dapat bersinergi untuk mengenalkan lelang kepada masyarakat. Kegiatan tersebut juga berhasil menambah penerimaan negara dan penerimaan daerah.

(Seksi Hukum dan Informasi & Seksi Pelayanan Lelang)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini