Pangkalan Bun – Kamis (28/01), KPKNL
Pangkalan Bun berhasil meraih dua penghargaan bergengsi pada tahun 2020.
Tahun 2020
menjadi perjalanan yang panjang bagi KPKNL Pangkalan Bun. Pandemi yang menyebar
di awal tahun tidak menjadikan semangat dalam melayani masyarakat dan negara
runtuh begitu saja. Rencana yang telah disusun di awal tahun tetap dilaksanakan
sesuai jadwal dengan memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Suka duka
dalam menjalankan pekerjaan menjadi tantangan tersendiri bagi para pegawai.
Sebelum pandemi
masuk Indonesia dan menyebabkan semua aktivitas pekerjaan harus dikerjakan dari
rumah (Work From Home), KPKNL
Pangkalan Bun berkesempatan melaksanakan Pencanangan Pembangunan Zona
Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi pada 4 Februari 2020. Acara ini
dihadiri oleh Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah, Ombudsman
Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala Kejaksaan Negeri Kotawaringin Barat, dan
para stakeholder KPKNL Pangkalan Bun.
Walaupun dalam
situasi pandemi yang tidak memungkinkan untuk dinilai secara langsung, proses
penilaian oleh Kemenpan-RB tetap berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan
sebelumnya. KPKNL Pangkalan Bun berhasil meraih predikat WBK Tahun 2020 yang
diumumkan melalui acara Apresiasi dan Penganugrahan Zona Integritas Menuju
Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK WBBM)
Tahun 2020. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian peringatan hari
Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2020.
Penyerahan
predikat ini merupakan bagian akhir dari rangkaian proses evaluasi Pembangunan
Zona Integritas menuju WBK/WBBM yang dilaksanakan sejak Agustus 2020. Kegiatan
ini adalah sebuah bentuk apresiasi terhadap instansi pemerintah dan unit kerja
yang sungguh-sungguh melaksanakan pembangunan zona integritas sehingga
masyarakat mendapatkan pelayanan yang prima dan berintegritas.
Selain itu,
KPKNL Pangkalan Bun juga terpilih menjadi salah satu kandidat Kantor Pelayanan
Terbaik (KPT) 2020 di Lingkungan Kementerian Keuangan. Penilaian KPT dilakukan
oleh tim Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan Kementerian Keuangan. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai sarana
untuk melakukan penilaian kinerja, inovasi, dan prestasi dalam rangka
percepatan reformasi birokrasi menuju Zona Integritas WBK/WBBM dengan
mengedepankan fungsi pelayanan sebagai ujung tombak Kementerian Keuangan kepada
masyarakat.
Proses penilaian
KPT ini dilakukan secara virtual melalui media video conference aplikasi zoom meeting dikarenakan kondisi pandemi
COVID-19. Pemilihan Kantor Pelayanan Terbaik dilakukan sesuai dengan Keputusan
Menteri Keuangan Nomor 49/KMK.01/2019 tentang Pedoman Penilaian Kantor
Pelayanan Terbaik dan Kantor Wilayah Terbaik di Lingkungan Kementerian
Keuangan.
KPKNL Pangkalan
Bun berhasil meraih Juara II Kantor Pelayanan Terbaik di Lingkungan Kementerian
Keuangan. Penghargaan ini diumumkan pada acara puncak Hari Oeang ke-74, 30
Oktober 2020. KPKNL Pangkalan Bun berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan
publik kepada para stakeholder dengan berpegang teguh pada Nilai-Nilai
Kementerian Keuangan dan semangat “Ayo Bagawi” dengan tujuan mewujudkan
pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN.
Pencapaian Nilai Kinerja Organisasi KPKNL Pangkalan Bun Tahun 2020 juga patut untuk dibanggakan. Hal ini dapat dilihat dari “hijau”nya capaian IKU yang berhasil diraih dibandingkan dengan tahun 2019. NKO Tahun 2020 KPKNL Pangkalan Bun mencapai angka 111,51% dengan rincian 12 (dua belas) Sasaran Strategis dan 21 (dua puluh satu) Indikator Kinerja Utama (IKU).
Keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras semua pihak, serta bukti nyata integritas dan komitmen pegawai pada tugas dan tanggung jawabnya. Pencapaian yang berhasil diraih KPKNL Pangkalan Bun di tahun 2020 menjadi pemicu semangat untuk menghadapi tantangan baru di tahun-tahun berikutnya. Masih ada “tangga-tangga” berikutnya yang harus ditapaki sebagai komitmen KPKNL Pangkalan Bun. Proses pembangunan untuk menjadi lebih baik lagi selalui tertanam dalam wujud komitmen seluruh jajaran KPKNL Pangkalan Bun.
(Seksi Hukum dan Informasi, KPKNL Pangkalan Bun)