Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kilas Balik KPKNL Pangkalan Bun Raih 2 Penghargaan Bergengsi di Tahun 2020
Justinus Benni Indrianto
Kamis, 28 Januari 2021   |   174 kali

Pangkalan Bun – Kamis (28/01), KPKNL Pangkalan Bun berhasil meraih dua penghargaan bergengsi pada tahun 2020.

Tahun 2020 menjadi perjalanan yang panjang bagi KPKNL Pangkalan Bun. Pandemi yang menyebar di awal tahun tidak menjadikan semangat dalam melayani masyarakat dan negara runtuh begitu saja. Rencana yang telah disusun di awal tahun tetap dilaksanakan sesuai jadwal dengan memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Suka duka dalam menjalankan pekerjaan menjadi tantangan tersendiri bagi para pegawai.

Sebelum pandemi masuk Indonesia dan menyebabkan semua aktivitas pekerjaan harus dikerjakan dari rumah (Work From Home), KPKNL Pangkalan Bun berkesempatan melaksanakan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi pada 4 Februari 2020. Acara ini dihadiri oleh Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah, Ombudsman Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala Kejaksaan Negeri Kotawaringin Barat, dan para stakeholder KPKNL Pangkalan Bun.

Walaupun dalam situasi pandemi yang tidak memungkinkan untuk dinilai secara langsung, proses penilaian oleh Kemenpan-RB tetap berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan sebelumnya. KPKNL Pangkalan Bun berhasil meraih predikat WBK Tahun 2020 yang diumumkan melalui acara Apresiasi dan Penganugrahan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK WBBM) Tahun 2020. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian peringatan hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2020.

Penyerahan predikat ini merupakan bagian akhir dari rangkaian proses evaluasi Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM yang dilaksanakan sejak Agustus 2020. Kegiatan ini adalah sebuah bentuk apresiasi terhadap instansi pemerintah dan unit kerja yang sungguh-sungguh melaksanakan pembangunan zona integritas sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan yang prima dan berintegritas.

Selain itu, KPKNL Pangkalan Bun juga terpilih menjadi salah satu kandidat Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) 2020 di Lingkungan Kementerian Keuangan. Penilaian KPT dilakukan oleh tim Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan Kementerian Keuangan.  Kegiatan ini dilaksanakan sebagai sarana untuk melakukan penilaian kinerja, inovasi, dan prestasi dalam rangka percepatan reformasi birokrasi menuju Zona Integritas WBK/WBBM dengan mengedepankan fungsi pelayanan sebagai ujung tombak Kementerian Keuangan kepada masyarakat.

Proses penilaian KPT ini dilakukan secara virtual melalui media video conference aplikasi zoom meeting dikarenakan kondisi pandemi COVID-19. Pemilihan Kantor Pelayanan Terbaik dilakukan sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 49/KMK.01/2019 tentang Pedoman Penilaian Kantor Pelayanan Terbaik dan Kantor Wilayah Terbaik di Lingkungan Kementerian Keuangan.

KPKNL Pangkalan Bun berhasil meraih Juara II Kantor Pelayanan Terbaik di Lingkungan Kementerian Keuangan. Penghargaan ini diumumkan pada acara puncak Hari Oeang ke-74, 30 Oktober 2020. KPKNL Pangkalan Bun berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan publik kepada para stakeholder dengan berpegang teguh pada Nilai-Nilai Kementerian Keuangan dan semangat “Ayo Bagawi” dengan tujuan mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN.

Pencapaian Nilai Kinerja Organisasi KPKNL Pangkalan Bun Tahun 2020 juga patut untuk dibanggakan. Hal ini dapat dilihat dari “hijau”nya capaian IKU yang berhasil diraih dibandingkan dengan tahun 2019. NKO Tahun 2020 KPKNL Pangkalan Bun mencapai angka 111,51% dengan rincian 12 (dua belas) Sasaran Strategis dan 21 (dua puluh satu) Indikator Kinerja Utama (IKU).

Keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras semua pihak, serta bukti nyata integritas dan komitmen pegawai pada tugas dan tanggung jawabnya. Pencapaian yang berhasil diraih KPKNL Pangkalan Bun di tahun 2020 menjadi pemicu semangat untuk menghadapi tantangan baru di tahun-tahun berikutnya. Masih ada “tangga-tangga” berikutnya yang harus ditapaki sebagai komitmen KPKNL Pangkalan Bun. Proses pembangunan untuk menjadi lebih baik lagi selalui tertanam dalam wujud komitmen seluruh jajaran KPKNL Pangkalan Bun.


(Seksi Hukum dan Informasi, KPKNL Pangkalan Bun

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini