Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Pangkalan Bun
BERITA UTAMA
Sesuai dengan KMK Nomor 590/KMK.01/2016 tentang Pedoman Dialog Kinerja di Lingkungan Kementerian Keuangan, Seksi Kepatuhan Internal KPKNL Pangkalan Bun melaksanakan DKO Triwulan II Tahun 2021 pada Kamis (01/07).
Profil KPKNL Pangkalan Bun

KPKNL Pangkalan Bun “Ayo Bagawi”


Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pangkalan Bun merupakan kantor vertikal di bawah Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah. Terletak di salah satu kota di Provinsi Kalimantan Tengah, Pangkalan Bun. Menurut perkembangannya, Pangkalan Bun sebelumnya dikenal sebagai Pangkalanbuun dan merupakan pelabuhan (pangkalan) di tepi Sungai Buun.

Pangkalan Bun menjadi Ibu kota Kabupaten Kotawaringin Barat. Kerajaan Kotawaringin merupakan salah satu kerajaan Islam yang wilayah intinya sekarang menjadi Kabupaten Kotawaringin Barat di Pangkalan Bun. Kerajaan ini bagian dari kepangeranan cabang Kesultanan Banjar. Istana Kuning menjadi tempat kedudukan raja dan pangeran Kerajaan Kotawaringin. Istana Kuning sendiri sekarang menjadi salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi selain Taman Nasional Tanjung Puting.

Di Kabupaten Kotawaringin Barat terdapat empat sungai besar yakni Sungai Jelai, Sungai Arut, Sungai Lamandau, Sungai Kumai, dan puluhan anak sungai lainnya. Pemukiman penduduk sejak berabad-abad yang lalu tumbuh di sepanjang sungai ini. Selain menjadi tempat mencari ikan untuk kebutuhan sehari-hari, sungai ini juga tempat mandi dan transportasi. Penduduk asli yang tinggal di daerah ini adalah suku Dayak yang berindukkan Dayak Ngaju.


KPKNL Pangkalan Bun berdiri pada 3 Mei 2007 sejak dilantiknya Kepala KPKNL Pangkalan Bun di Jakarta oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara. Terhitung mulai 1 Januari 2014 KPKNL Pangkalan Bun menempati Gedung Baru di Jalan Sutan Syahrir Nomor 46, Pangkalan Bun setelah sebelumnya meminjam Aula KPPN Pangkalan Bun dan gedung kantor milik Pemerintah Daerah.

Letak KPKNL Pangkalan Bun cukup strategis, berada di jalan utama yang merupakan daerah perkantoran. Terdapat beberapa fasilitas umum di sepanjang jalan seperti Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Imanudin dan Masjid Agung Riyadlus Sholihin. Akses menuju Bandara juga tidak terlalu jauh, sekitar 5 km dengan waktu tempuh kurang lebih 10 menit.

Wilayah kerja KPKNL Pangkalan Bun meliputi 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Sukamara, dan Kabupaten Seruyan dengan 115 satker.

Tugas KPKNL Pangkalan Bun yaitu melaksanakan pelayanan di bidang Pengelolaan Negara, Penilaian, Piutang Negara dan Pelayanan Lelang. Dalam melaksanakan tugas tersebut, KPKNL Pangkalan Bun menyelenggarakan fungsi :

1. Inventarisasi, pengadministrasian, pendayagunaan, pengamanan kekayaan negara

2. Registrasi, verifikasi, dan analisa pertimbangan permohonan pengalihan serta penghapusan kekayaan negara

3. Registrasi penerimaan berkas, penetapan, penagihan, pengelolaan barang jaminan, eksekusi, pemeriksaan harta kekayaan milik penanggung hutang/penjamin hutang

4. Penyiapan bahan pertimbangan atas permohonan keringanan jangka waktu dan/atau jumlah hutang, usul pencegahan dan penyanderaan penanggung hutang dan/atau penjamin hutang, serta penyiapan data usul penghapusan piutang negara

5. Pelaksanaan pelayanan penilaian

6. Pelaksanaan pelayanan lelang

7. Penyajian informasi di bidang kekayaan negara, penilaian, piutang negara dan lelang

8. Pelaksanaan penetapan dan penagihan hutang negara serta pemeriksaan kemampuan penanggung hutang atau penjamin hutang dan eksekusi barang jaminan

9. Pelaksanaan pemeriksaan barang jaminan milik penanggung hutang atau penjamin hutang serta harta kekayaan lain

10. Pelaksanaan bimbingan kepada Pejabat Lelang

11. Inventarisasi, pengamanan, dan pendayagunaan barang jaminan

12. Pelaksanaan pemberian pertimbangan dan bantuan hukum pengurusan piutang negara dan lelang

13. Verifikasi dan pembukuan penerimaan pembayaran piutang negara dan hasil lelang

14. Pelaksanaan administrasi KPKNL

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 170/PMK.01/2012  tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 263/PMK.01/2016, susunan organisasi KPKNL Pangkalan Bun adalah sebagai berikut:

Saat ini KPKNL Pangkalan Bun dipimpin oleh Navis Zikra selaku Kepala Kantor, dibantu oleh Kepala Subbagian Umum Dian Annisa, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara Dwi Marinda Sari, Kepala Seksi Pelayanan Penilaian Sigit Prasetyo, Kepala Seksi Pelayanan Lelang Indriani Rositowati, Kepala Seksi Piutang Negara (Plt.) Justinus Benni Indrianto, Kepala Seksi Kepatuhan Internal Nur Indiyah Retno Palupi, dan Kepala Seksi Hukum dan Informasi Justinus Benni Indrianto. Terdapat 4 pejabat fungsional yang ditempatkan di KPKNL Pangkalan Bun, antara lain 2 (dua) Pelelang Ahli Pertama, Muhamad Nur Misbahul Fuad dan Arin Sulistyaningsih, dan 2 (dua) Penilai Pemerintah Ahli Pertama, Tri Atmojo dan Radi Soebiyanto.

Jumlah keseluruhan pegawai KPKNL Pangkalan Bun yaitu 26 orang dengan berbagai macam latar belakang pendidikan.

KPKNL Pangkalan Bun mempunyai motto:

Ayo BAGAWI

Bagawi berasal dari bahasa Dayak Kalimantan yang mempunyai arti “bekerja”. Sedangkan kepanjangan dari istilah BAGAWI yaitu Bersih, Amanah, Guyub, Akuntabel,Wibawa, Ikhlas. Dengan motto tersebut, para pegawai KPKNL Pangkalan Bun terus mengedepankan pelayanan yang prima dan menciptakan kinerja yang terbaik.




Wilayah Kerja
Kabupaten Kotawaringin Barat
Kabupaten Sukamara
Kabupaten Lamandau
Kabupaten Kotawaringin Timur
Kabupaten Seruyan
Prestasi KPKNL Pangkalan Bun
Penghargaan sebagai Unit Pelayanan Berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) tahun 2020
Juara II Kantor Pelayanan Terbaik Tahun 2020
Peta Lokasi KPKNL Pangkalan Bun
Alamat Kantor
Jl. Sutan Syahrir No. 46, Pangkalan Bun - 74111
(0532) 21502
(0532) 21834
kpknlpangkalanbun@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |