KPKNL Pangkalan Bun
BERITA UTAMA
e-Auction DJKN
Info Lelang
Pengumuman
Kilas Peristiwa
Profil KPKNL Pangkalan Bun

Pangkalan Bun merupakan kota yang berada di Provinsi Kalimantan Tengah dan saat ini menjadi ibukota Kabupaten Kotawaringin Barat. Pangkalan Bun mempunyai kontur yang berbukit dan berlembah, letaknya berada di pinggir sungai. Sebelumnya, Pangkalan Bun bernama Pangkalan Buun yang merupakan pelabuhan (pangkalan) di tepi Sungai Buun. Dinamakan demikian karena kota ini merupakan sebuah pelabuhan di tepi Sungai Buun. Saat ini pelabuhan tersebut telah berkembang pesat dan menjadi salah satu gerbang menuju Pangkalan Bun, selain Bandara Iskandar

.

Kota ini merupakan tempat kedudukan raja dan pangeran Kerajaan Kotawaringin, setelah Istana di Kotawaringin Lama ditinggalkan pada tahun 1841. Tempat tersebut yang saat ini dikenal dengan nama Istana Kuning dan menjadi objek wisata di Pangkalan Bun. Selain itu, Pangkalan Bun juga memiliki berbagai objek wisata lainnya, antara lain Rumah Adat Betang (Khas Kalimantan), Taman Nasional Tanjung Puting, Pantai Kubu dan Pantai Tanjung Penghujan.



Pada perkembangannya, saat ini Pangkalan Bun telah menjadi pusat bagi berbagai perusahaan dan silvikultur yang banyak memiliki lahan usaha di sekitar kota ini.

Keberadaan KPKNL di Pangkalan Bun dimulai sejak di lantiknya Kepala KPKNL Pangkalan Bun pada tanggal 3 Mei 2007 di Jakarta oleh Direktur jenderal Kekayaan Negara. Pada mulanya KPKNL Pangkalan Bun berkantor di Aula KPPN Pangkalan Bun sesuai Surat Ijin dari Kepala Kantor Wilayah XVII Perbendaharaan Palangka Raya Nomor: S-419/WPB.17/BG.0103/2007 tanggal 10 Mei 2007 untuk masa waktu 2 (dua) bulan.

Atas prakarsa Kepala Kantor Wilayah XII DJKN Banjarmasin dengan Surat Nomor: S-180/WKN.12/2007 tanggal 15 Mei 2007, meminta bantuan Pemerintah Daerah Kotawaringin Barat untuk meminjamkan salah satu gedung kantor milik Pemerintah Daerah Kotawaringin Barat yang kosong / tidak digunakan. 

Dengan Surat Nomor: 028/188/VI/2007/BP.2 tanggal 12 Juni 2007 Bupati Kotawaringin Barat, Bapak H. Ujang Iskandar, ST, MT. menyetujui untuk meminjamkan salah satu gedung kantor, yaitu Ex. Kantor Dinas Perkebunan Kotawaringin Barat. Mulai tanggal 12 Juli 2007 KPKNL Pangkalan Bun menempati Gedung Kantor milik  Pemerintah Daerah Kotawaringin Barat yang beralamat di Jalan Pakunegara Nomor 32 Pangkalan Bun. Sesuai dengan surat perjanjian terakhir nomor: 028/107/VII/2012/BP.2 tanggal 01 juni 2012 tentang perpanjangan pinjam pakai tanah dan bangunan gedung kantor milik pemerintah kabupaten kobar, KPKNL Pangkalan Bun  sampai dengan 31 Desember 2013.

Terhitung mulai 1 Januari 2014 KPKNL Pangkalan Bun menempati Gedung Baru di Jalan Sutan Syahrir No. 46, Pangkalan Bun. Kemudian berdasarkan Keputusan DJKN Nomor: Kep-144/KN/2013 tanggal 12 Agustus 2013, KPKNL Pangkalan Bun ditetapkan sebagai KPKNL Teladan.

Letak  KPKNL Pangkalan  Bun  cukup  strategis, berada  di  jalan  protokol yang merupakan daerah perkantoran baik instansi Pemerintah Daerah maupun instansi vertikal Pemerintah Pusat, serta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Imanudin dan Mesjid Agung Riyadlus Sholihin. Akses menuju Bandara juga tidak terlalu jauh, sekitar 5 km dengan waktu tempuh kurang lebih 10 menit.




Wilayah kerja KPKNL Pangkalan Bun terdiri dari 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Seruyan, dan Kabupaten Sukamara.

Saat ini KPKNL Pangkalan Bun dipimpin oleh Riyanto, dan dalam menjalankan tugas dibantu oleh Jamaludin sebagai Kepala Subbagian Umum. Wahyu Warsono sebagai Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara. Mujianto sebagai Kepala Seksi Penilaian. Rusli sebagai Kepala Seksi Piutang Negara. Banu Hasmoro sebagai Kepala Seksi Lelang. Ketut Sandiasa sebagai Kepala Seksi Hukum dan Informasi serta Totok Hartanto sebagai Kepala Seksi Kepatuhan Internal.


Secara keseluruhan SDM di KPKNL Pangkalan Bun sebanyak 25 pegawai dengan rincian Gol. II = 2, Gol. III = 18 dan Gol. IV = 1. Berdasarkan pendidikan: SLTA: 3, DIII = 8, S1 = 11 dan S2 = 3.

Dalam rangka membangun semangat dalam melayani para stakeholder, KPKNL Pangkalan Bun memiliki motto pelayanan, yaitu melayani dengan “CINTA” (Cepat, Inovatif, Nyaman, Tanggap, Amanah). Dengan motto tersebut, para pegawai KPKNL Pangkalan Bun terus mengedepankan pelayanan yang prima dan menciptakan kinerja yang terbaik.



Dengan visi DJKN, yaitu “Menjadi pengelola Kekayaan Negara yang profesional dan akuntabel untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat”, KPKNL Pangkalan Bun dengan segala Sumber Daya Alam yang ada di wilayah kerjanya, akan terus melakukan koordinasi dengan para stakeholder maupun mitra kerja terkait, sehingga Sumber Daya Alam tersebut dapat dioptimalkan fungsinya agar dapat memberikan kontribusi bagi penerimaan Negara.


Wilayah Kerja
Kabupaten Kotawaringin Barat
Kabupaten Sukamara
Kabupaten Lamandau
Kabupaten Kotawaringin Timur
Kabupaten Seruyan
Peta Lokasi KPKNL Pangkalan Bun
Alamat Kantor
Jl. Sutan Syahrir No. 46, Pangkalan Bun - 74111
(0532) 21502
(0532) 21834
kpknlpangkalanbun@kemenkeu.go.id