Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Lelang e-Auction Barang Milik Daerah (BMD) Kabupaten Kotawaringin Barat
Ketut Sandiasa
Kamis, 11 April 2019   |   473 kali

Pangkalan Bun – Selasa (09/04/2019), KPKNL Pangkalan Bun sebagai unit vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara menyelenggarakan Lelang Barang Milik Daerah (BMD) di Kabupaten Kotawaringin Barat, provinsi Kalimantan Tengah. Lelang kali ini diselenggarakan secara e-auction di Aula Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat serta dihadiri oleh kepala KPKNL Pangkalan Bun, Fendy Purwanto.

Pada kesempatan kali ini, Fendy Purwanto memberikan sosialisasi singkat mengenai lelang e-auction. Ia menjelaskan bahwa lelang sekarang ini jauh lebih mudah dengan adanya aplikasi e-auction. Aplikasi e-auction banyak memberikan keuntungan bagi masyarakat yang ingin mengikuti lelang seperti bisa melakukan penawaran dimanapun dan kapanpun. Fendy Purwanto juga menghimbau kepada peserta lelang agar hati-hati terhadap penipuan dan agar tidak mudah percaya dengan oknum yang meminta uang jaminan lelang tidak melalui aplikasi e-auction. Pada sosialisasi tersebut juga memberikan tutorial atau tata acara membuat akun peserta lelang untuk mendaftar lelang e-auction, yaitu melalui situs www.lelang.go.id.

KPKNL Pangkalan Bun melakukan lelang BMD Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat berupa kendaraan dinas roda empat, kendaraan dinas roda dua dan scrap. Untuk lelang kendaraan roda empat, dari 8 (delapan) unit barang yang dilelang, telah terjual sebanyak 4 (empat). Sedangkan untuk kendaraan roda dua telah terjual 53 (lima puluh tiga) unit dari total 68 (enam puluh delapan) unit barang yang dilelang serta 2 paket scrap terjual semua. Adapun total harga yang dihasilkan dari lelang seluruh barang tersebut yaitu sebesar Rp 416.703.006,00 (empat ratus enam belas juta tujuh ratus tiga ribu enam rupiah) dari nilai limit sebesar Rp 310.574.800 (tiga ratus sepuluh juta lima ratus tujuh puluh empat ribu delapan ratus rupiah)

Hasil lelang tersebut tergolong besar, dan kegiatan lelang BMD ini selalu menjadi hal yang dinanti khususnya oleh masyarakat sekitar. Terlihat dari antusiasme masyarakat yang ingin mengetahui seluk beluk lelang, bagaimana cara mendaftar sebagai peserta lelang, serta bagaimana cara pembuatan akun peserta lelang. Ditambah dengan sosialisasi lelang e-auction yang gencar dilakukan, semoga kedepannya lelang menjadi alternatif utama untuk jual beli barang.

(Tim HI KPKNL Pangkalan Bun)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini