Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pangkalan Bun Goes To School
Ketut Sandiasa
Senin, 12 November 2018   |   185 kali

KPKNL Pangkalan Bun Goes To School

 

Pangkalan Bun – Jumat (09/11/2018) KPKNL Pangkalan Bun menyelenggarakan kegiatan KPKNL Goes To School yang bertempat di SMA Negeri 3 Pangkalan Bun. KPKNL Goes To School ini diisi dengan acara sosialisasi mengenai Pengelolaan Kekayaan Negara dan Lelang serta simulasi Lelang yang diselenggarakan untuk memeriahkan Pekan Kekayaan Negara dalam rangka memperingati HUT Direktorat Jenderal Kekayaan Negara yang Ke-12. Kegiatan tersebut diikuti oleh 60 siswa kelas 12 di SMAN 3 Pangkalan Bun.

Kepala KPKNL Pangkalan Bun, Fendy Purwanto memberikan sambutannya untuk mengawali kegiatan tersebut. Beliau mengatakan bahwa tujuan diselenggarakan kegiatan sosialisasi ini yaitu supaya siswa SMAN 3 Pangkalan Bun lebih mengenal tentang KPKNL Pangkalan Bun serta tugas dan fungsinya. Dengan semakin berkembangnya penggunaan teknologi dalam pelaksanaan lelang, maka sosialisasi ini sangat cocok untuk diberikan kepada siswa yang merupakan generasi milenial.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian materi tentang pengelolaan kekayaan negara yang dibawakan oleh kepala seksi PKN, Wahyu Warsono. Dalam materi tersebut para siswa dijelaskan mengenai apa saja kekayaan negara di Indonesia dan bagaimana pengelolaannya. Tidak lupa juga para siswa dihimbau untuk selalu menjaga aset negara. Untuk lebih mengenal pengelolaan kekayaan negara, para siswa diperlihatkan video kegiatan KPKNL Pangkalan Bun.

Pemberian materi yang kedua yaitu tentang lelang dibawakan oleh kepala seksi Lelang, Banu Hasmoro. Materi yang diberikan yaitu mengenai jenis-jenis lelang dan bagaimana tata cara lelang yang baik dan benar. Banu Hasmoro juga selalu mengingatkan untuk selalu berhati-hati dengan adanya tawaran-tawaran lelang berharga murah. Sosialisasi yang diselenggarakan KPKNL Pangkalan Bun ini ternyata membuat siswa SMAN 3 Pangkalan Bun sangat antusias. Hal ini terbukti pada saat sesi tanya jawab banyak siswa yang mengacungkan tangannya untuk bertanya maupun memberikan pendapat.

Setelah pemberian materi selesai, untuk meningkatkan pemahaman para siswa mengenai pengelolaan kekayaan negara dan lelang, maka acara dilanjutkan dengan simulasi lelang. Panitia dari kegiatan ini telah menyiapkan barang-barang yang akan dilelang dalam kegiatan simulasi tersebut. Simulasi lelang tersebut dipimpin oleh Muhamad Nur Misbahul Fuad sebagai pejabat lelang. Simulasi tersebut dilaksanakan seperti layaknya lelang konvensional yang sebenarnya sampai benar-benar ditentukan pemenangnya.

Melihat antusiasme siswa sangat tinggi selama mengikuti kegiatan ini, panitia penyelenggara memberikan barang yang digunakan untuk simulasi lelang secara gratis. Dengan diselenggarakan kegiatan KPKNL Goes To School, diharapkan para pelajar mengerti mengenai pengelolaan kekayaan negara dan lelang serta DJKN khususnya KPKNL Pangkalan Bun bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas.

(Tim Seksi HI)        

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini