Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pangkalan Bun: Sinergi dan Koordinasi untuk Optimalisasi Kinerja
Dian Maretasari
Rabu, 15 Agustus 2018   |   208 kali

Pangkalan Bun – Pada minggu ketiga bulan Agustus 2018 ini, cukup banyak agenda kegiatan yang mengiringi langkah KPKNL Pangkalan Bun. Kegiatan-kegiatan tersebut tentunya bertujuan untuk mendukung optimalisasi kinerja serta sinergi yang berkelanjutan dengan kantor vertikal lainnya.

Agenda pertama adalah Koordinasi dan Silaturahmi dengan Kepala Bandara Iskandar Pangkalan Bun, Bp. Ambar Suryoko, S.E., M.M yang dilaksanakan pada 14 Agustus 2018 di Kantor Bandara Iskandar Pangkalan Bun. Pada pertemuan tersebut, Kepala KPKNL Pangkalan Bun, Fendy Purwanto didampingi oleh Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara beserta dengan Pelaksana KPKNL Pangkalan Bun. Pertemuan ini berlangsung dengan santai tapi serius dengan pembicaraan yang mengalir santai dari kedua belah pihak dan untuk selanjutnya dihasilkan beberapa kesepakatan koordinasi dan kerjasama, salah satunya terkait Data Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berasal dari Aset milik Bandara Iskandar Pangkalan Bun. Hal tersebut dilaksanakan guna memperlancar penghimpunan Informasi PNBP yang dihasilkan khususnya dari pemanfaatan aset secara akurat dan akuntabel.

Agenda kedua yaitu Rekonsiliasi Piutang Negara antara KPKNL Pangkalan Bun dengan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C (KPPBC TMP C) Sampit. Pada acara tersebut, KPKNL Pangkalan Bun diwakili oleh Rusli, Kepala Seksi Piutang Negara dan Ketut Sandiasa, Kepala Seksi Hukum dan Informasi, sedangkan untuk KPPBC Sampit diwakili oleh Kepala Seksi Perbendaharaan. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2018 bertempat di KPPBC Sampit. Rekonsiliasi ini dilaksanakan guna menindaklanjuti Surat Edaran Bersama nomor: 05/BC/2018 dan nomor 01/KN/2018 tanggal 21 Mei 2018 tentang Mekanisme Rekonsiliasi dan Pelaporan Piutang Negara yang Telah Diserahkan Pengurusannya oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) kepada DJKN/PUPN. Kegiatan ini sekaligus sebagai pengejawantahan salah satu nilai Kementerian Keuangan yaitu Sinergi. Sinergi tersebut diharapkan dapat terus berkelanjutan, sehingga dapat meningkatkan kinerja kedua belah pihak terkait.

Kedua Agenda di atas adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh Seksi Teknis KPKNL Pangkalan Bun. Untuk Agenda Ketiga di minggu ketiga bulan Agustus 2018 ini merupakan pencapaian dari Supporting Unit KPKNL Pangkalan Bun. Pada tanggal 15 Agustus 2018, Kepala KPKNL Pangkalan Bun didampingi oleh Mujianto, Kepala Subbagian Umum dan Bendahara Pengeluaran KPKNL Pangkalan Bun menghadiri Rapat Koordinasi Daerah Pelaksanaan Anggaran Semester I Tahun 2018 Satuan Kerja Wilayah Pelayanan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pangkalan Bun yang bertempat di Aula KPPN Pangkalan Bun. Pada kesempatan tersebut, KPKNL Pangkalan Bun memperoleh penghargaan sebagai Satuan Kerja (satker) Terbaik Ketiga dengan nilai 99,85 (Sangat Baik) pada Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Periode Semester I TA 2018 Klasifikasi Pagu Kecil. Pencapaian tersebut merupakan hasil kerja keras dan kerjasama para punggawa KPKNL Pangkalan Bun, khususnya di Subbagian Umum. Perolehan penghargaan ini diharapkan dapat terus menjadi pemacu semangat para pegawai untuk lebih optimal dalam kinerja, dan maksimal dalam sinergi antar seksi.

(Penulis : Dian Maretasari / Foto : Tim Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini