Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pamekasan > Kilas Peristiwa
Peringatan Hari Oeang ke-74 di Tengah Pandemi Covid-19, Unit Vertikal Kemenkeu se-Madura
Muhammad Mukti Abadi
Selasa, 03 November 2020   |   193 kali

Pamekasan – Dalam rangka memperingati Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) ke-74 Tahun 2020, sebagaimana tahun sebelumnya, unit vertikal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) se-Madura, yang terdiri dari KPKNL Pamekasan, KPPN Pamekasan, KPPBC TMP C Madura, KPP Pratama Pamekasan, dan KPP Pratama Bangkalan menyelenggarakan sejumlah rangkaian kegiatan yang dimulai pada tanggal 20 Oktober 2020 s.d. 3 November 2020. Adapun rangkaian kegiatan tersebut berupa beberapa perlombaan antar unit vertikal, donor darah, pengajian, dan webinar.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan peringatan HORI kali ini lebih banyak dilakukan secara virtual, mengingat pandemi Covid-19 yang belum juga usai sampai dengan saat ini. Perlombaan tahun lalu yang lebih banyak dilakukan secara fisik dan tatap muka langsung, pada tahun ini diganti dengan jenis lomba yang bisa dilakukan secara virtual, yaitu lomba Quizizz, E-Sport, dan Tiktok.

Adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan mengurangi kerumunan dan kontak fisik secara langsung, tidak menghalangi semangat para peserta untuk tetap semangat dan antusias mengikuti lomba-lomba yang telah dipersiapkan. Pada tanggal 20 Oktober 2020, peringatan HORI ke-74 diawali dengan lomba Quizizz untuk mengasah dan memperdalam pengetahuan peserta tentang tugas dan fungsi serta nilai-nilai Kemenkeu. Lebih dari 70 orang dari masing-masing unit vertikal Kemenkeu se-Madura mengikuti perlombaan ini.

Selain Quizizz, diperlombakan E-Sport berupa Battle Royal. Dengan bermodalkan smartphone, masing-masing perwakilan dari setiap kantor bersaing dalam permainan Call of Duty Mobile. Untuk para generasi milenial dan para pejabat, diadakan lomba Tiktok. Mengangkat tema Sinergi Kemenkeu, para pegawai milenial dan para pejabat dapat menuangkan ide-ide kreatif mereka melalui aplikasi berbasis video tersebut.

Pelaksanaan Donor Darah sebagai bentuk kepedulian sosial juga dilaksanakan dalam kegiatan HORI ke-74 tahun ini. Bertempat di KPP Pratama Pamekasan, pada tanggal 21 Oktober 2020 diadakan kegiatan Donor Darah yang bekerja sama dengan PMI Pamekasan. Selama kegiatan berlangsung, para peserta maupun pihak panitia tetap berusaha menjalankan protokol kesehatan. Hal ini dilakukan agar risiko penyebaran Covid-19 tetap dapat dihindari.

Untuk meningkatkan kualitas spiritual para pegawai unit vertikal Kemenkeu se-Madura, pada tanggal 23 Oktober 2020 diadakan kegiatan Pengajian bersama. Pengajian ini dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Dengan peserta kurang lebih 50 orang, acara ini berlangsung dengan khusyuk.

Pelaksanaan Upacara Bendera memperingati HORI yang biasanya dilaksanakan secara bersama di salah satu Kantor unit vertikal Kemenkeu se-Madura, pada kali ini dilaksanakan secara virtual dengan mengikuti melalui link atau youtube Kemenkeu pada tanggal 31 Oktober 2020.

Rangkaian kegiatan peringatan HORI ke-74 unit vertikal Kemenkeu se-Madura ditutup dengan pelaksanaan kegiatan Webinar bertemakan “Kemenkeu Mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional, untuk Indonesia Maju”. Dengan narasumber Yustinus Prastowo, Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis, Webinar ini tidak hanya diikuti oleh para pegawai Kemenkeu, namun juga oleh para pegawai/pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten di pulau Madura, yaitu Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. Selain menambah wawasan, pelaksanaan Webinar ini juga bertujuan sebagai ajang sosialisasi Pemerintah Pusat terkait adanya program Pemulihan Ekonomi Nasional. Diharapkan setelah mengikuti Webinar ini, para peserta dapat memahami dan bahkan dapat memberikan kontribusi untuk pemulihan ekonomi di tengah kondisi negara sedang krisis sebagai akibat Pandemi Covid 19.

Pada akhirnya, walaupun kegiatan peringatan HORI tahun ini banyak dilaksanakan secara daring, namun euforia dan semangat para pegawai tidaklah surut. Mereka tetap semangat dan antusias untuk mengikuti rangkaian kegiatan peringatan HORI ke-74. Pandemi Covid-19 bukanlah halangan bagi kita untuk terus berpikir kreatif dan inovatif. Walapun tidak dapat  bertemu secara langsung, pelaksanaan kegiatan peringatan HORI ke-74 ini merupakan bukti nyata bahwa kita dapat menghadapi pandemi Covid-19 dengan penuh optimisme untuk Indonesia Maju. Dengan semangat HORI ke-74, mari kita bersama-sama berupaya maksimal membantu program Pemulihan Ekonomi Nasional untuk Indonesia Maju dengan mengoptimalkan kinerja.


(Seksi HI, KPKNL Pamekasan)

 

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini