Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Pamekasan Sosialisasikan Layanan Pengurusan Piutang Negara Lelang dan Penilaian
Garditto Gema Nuswantoro
Senin, 02 Oktober 2023   |   30 kali

Selasa (26/09), KPKNL Pamekasan melaksanakan sosialisasi layanan di bidang Pengurusan Piutang Negara, Lelang dan Penilaian. Kegiatan sosialisasi  bertempat di Ruang Rapat KPKNL Pamekasan dihadiri para pengguna layanan di wilayah kerja KPKNL Pamekasan, khususnya pemerintah daerah di Madura. 

Tepat pada pukul 09.00 WIB, acara dibuka oleh MC dan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala KPKNL Pamekasan yang diwakili oleh Tri Wahyudy selaku Kepala Subbagian Umum yang menyampaian sosialisasi bertujuan untuk memberikan gambaran lebih jelas mengenai layanan KPKNL Pamekasan, terutama layanan di bidang Pengurusan Piutang Negara, Lelang, dan Penilaian. Selain itu, acara ini juga diharapkan dapat menjadi sarana koordinasi dan sinergi antara KPKNL Pamekasan dan pemerintah daerah di wilayah Madura. "Dalam sosialisasi ini Bapak/Ibu sekalian tidak hanya akan mendapatkan sharing knowledge mengenai tata cara dan standar layanan dalam pelaksanaan lelang, pengurusan piutang negara, serta pelaksanaan penilaian BMN/D, namun kami juga berharap dengan adanya forum ini kita dapat saling berdiskusi dan berkoordinasi mengenai kendala dan permasalahan yang Bapak/Ibu alami khususnya di bidang pengurusan piutang, lelang, dan juga penilaian," ungkap Tri dalam sambutannya.  

Acara dilanjutkan pada agenda utama yaitu penyampaian materi sosialisasi yang terdiri dari tiga sesi, yaitu penyampaian materi Layanan Lelang, Pengurusan Piutang Negara  dan Layanan Penilaian BMN/D. Pada sesi pertama, Joko Hadi Sugondo selaku Pelelang Ahli Muda  memberikan penjelasan mengenai Layanan Lelang, gambaran umum lelang melalui portal lelang.go.id dan mekanisme permohonan lelang. "Saat ini, pelaksanaan lelang sudah dilakukan secara online melalui lelang.go.id sehingga lelang bisa diakses oleh siapapun melalui aplikasi yang dapat di unduh di Play Store atau dengan mengunjungi website resmi lelang.go.id. Dengan lelang yang lebih mudah, hal ini tentu saja juga akan mempermudah upaya Bapak/Ibu sekalian dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)," jelas Gondo dalam materinya. 

Seusai penyampaian materi layanan lelang, sosialisasi dilanjutkan dengan materi pengelolaan Pengurusan Piutang Negara yang disampaikan oleh Rizal Bastian selaku staf pada Seksi Piutang Negara KPKNL Pamekasan. Dalam pemaparannya, Rizal  menjelaskan tugas KPKNL Pamekasan dalam kapasitasnya sebagai Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN). "Dalam Pengurusan Piutang Negara ini terdapat dua pihak yang terlibat, yaitu instansi pemilik piutang, dalam hal ini Bapak/Ibu sekalian selaku Pemerintah Daerah  dan DJKN dalam hal ini KPKNL Pamekasan / PUPN. Apabila piutang pada instansi Bapak/Ibu sudah macet dan sudah tidak bisa diselesaikan, maka selanjutnya silahkan untuk piutang-piutang tersebut dapat disampaikan secara tertulis dan diserahkan kepada KPKNL Pamekasan selaku PUPN," terang Rizal. 

Pada sesi terakhir  materi Layanan Penilaian. Agung Sutrisno selaku Penilai Ahli Muda  menyampaikan standar layanan sekaligus persyaratan yang diperlukan apabila pemerintah daerah ingin menggunakan jasa Penilai KPKNL Pamekasan untuk melaksanakan penilaian terhadap BMD yang ada di instansinya. "Apabila Bapak/Ibu sekalian membutuhkan layanan penilaian dari kami, silahkan Bapak/Ibu mengajukan surat permohonan terlebih dahulu yang menyebutkan dengan jelas identitas objek, jenis layanan penilaian yang dimohonkan, serta dilampiri juga dengan dokumen berisi data dan informasi terkait objek penilaian. Data yang Bapak/Ibu sampaikan harus benar dan sesuai fakta di lapangan karena nilai wajar yang nanti dihasilkan akan sangat dipengaruhi oleh data-data yang diberikan oleh pemohon," jelas Agung dalam materinya.

Sosialisasi dilanjutkan dengan sesi diskusi. Dalam sesi diskusi ini para peserta nampak antusias untuk mendiskusikan berbagai hal mengenai kendala dan solusi terkait dengan layanan KPKNL Pamekasan khususnya yang terkait dengan lelang, pengurusan piutang negara, dan penilaian. Kegiatan sosialisasi berakhir pada pukul 12.00 WIB dan ditutup dengan foto bersama.  

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini