Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Semarak Lelang Produk UMKM Madura 2023 : Produk UMKM Menjangkau Pasar yang Lebih Luas.
Garditto Gema Nuswantoro
Jum'at, 18 Agustus 2023   |   108 kali

Kamis (16/08), bertempat di Kantor PT. Bank BRI Cabang Sumenep, KPKNL Pamekasan menyelenggarakan lelang produk UMKM di wilayah Madura khususnya Kabupaten Sumenep. Kegiatan ini terselenggara dengan sinergi antara KPKNL Pamekasan, PT. Bank BRI Cabang Sumenep dan Dinas Koperasi UKM dan Perindag Kabupaten Sumenep selaku pembina UMKM di wilayah Kabupaten Sumenep. Dalam sambutannya, Pimpinan PT. Bank BRI Cabang Sumenep, Heru Hendrowardono, berharap dengan adanya lelang produk UMKM ini maka produk-produk UMKM di Kabupaten Sumenep dapat menjangkau pasar yang lebih luas. "Adanya lelang produk UMKM ini, apalagi secara online, tentu akan membuka kesempatan bagi industri UMKM untuk dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi," ujar Heru dalam sambutannya.


Pada kesempatan ini, dilaksanakan lelang terhadap 25 (dua puluh lima) lot produk UMKM yang berupa berbagai macam produk UMKM khas Kabupaten Sumenep. Produk-produk yang dilelang antara lain adalah baju batik, makanan ringan, dan juga berbagai macam jamu serta ramuan tradisional. Lelang dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB melalui portal lelang.go.id oleh dua Pelelang KPKNL Pamekasan, yaitu Joko Hadi Sugondo selaku Pelelang Ahli Muda dan Kartini Apriani Mansyur selaku Pelelang Ahli Pertama. Berbeda dengan pelaksanaan lelang pada umumnya, lelang produk UMKM merupakan lelang sukarela yang dilaksanakan dengan ketentuan tanpa uang jaminan bagi peserta lelang sehingga dapat memberi kemudahan, baik bagi masyarakat maupun para pelaku UMKM itu sendiri. Pada lelang kali ini seluruh produk dapat laku terjual lelang, bahkan terdapat beberapa produk yang laku di atas nilai limit. Setelah para pelelang menetapkan pemenang, rangkaian kegiatan lelang UMKM dinyatakan selesai dan berakhir pada pukul 10.00 WIB. 

 

Perwakilan dari mitra UMKM yang produknya terjual melalui lelang menyampaikan terima kasih kepada DJKN, khususnya KPKNL Pamekasan karena telah memberikan fasilitas untuk memasarkan dan menjual produk UMKM miliknya melalui mekanisme lelang secara online di portal lelang.go.id. "Kami mengucapkan terima kasih kepada DJKN dan KPKNL Pamekasan yang telah mendukung produk-produk UMKM, khususnya di wilayah Madura ini. Semoga dengan adanya lelang seperti ini, industri UMKM di Madura dapat semakin maju dan dikenal," ujarnya. 


Kegiatan lelang produk UMKM yang dilaksanakan oleh KPKNL Pamekasan ini merupakan puncak  acara "Semarak Lelang Produk UMKM Madura 2023" yang bertujuan untuk mengenalkan mekanisme lelang melalui portal lelang.go.id sebagai salah satu alternatif sarana jual-beli sehingga dapat mendorong sektor UMKM, khususnya di Madura, untuk dapat naik kelas ke level nasional. Adanya portal lelang.go.id juga diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif sarana jual beli yang efisien, transparan, akuntabel, adil, dan kompetitif bagi masyarakat, khususnya pada sektor UMKM.  

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini