Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sinergi Dinas Koperasi UKM dan Perindag, KPKNL Pamekasan Sosialisasikan Lelang UMKM di Kabupaten Sumenep
Garditto Gema Nuswantoro
Rabu, 09 Agustus 2023   |   71 kali

Selasa (08/08), bertempat di Kantor Dinas Koperasi UKM dan Perindag Kabupaten Sumenep, KPKNL Pamekasan melaksanakan sosialisasi lelang kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Sumenep khususnya yang berada di bawah pembinaan Dinas Koperasi  UKM dan Perindag Kabupaten Sumenep dan PT. Bank BRI Cabang Sumenep. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian acara "Semarak Lelang Produk UMKM Madura 2023" yang  bertujuan untuk mengenalkan mekanisme lelang melalui portal lelang.go.id sebagai salah satu alternatif sarana jual-beli produk UMKM. Selain itu, pada acara kali ini para pelaku UMKM juga diberi edukasi mengenai proses pendaftaran akun lelang.go.id  juga prosedur pengajuan lelang sukarela untuk produk UMKM.  

Dalam sambutannya, Kepala KPKNL Pamekasan yang diwakili Kepala Seksi Hukum & Informasi KPKNL Pamekasan, Evisari Eresti Melani menyampaikan bahwa  saat ini pemerintah berkomitmen untuk terus mendukung para pelaku UMKM. Kementerian Keuangan khususnya DJKN hadir untuk mendukung para pelaku UMKM melalui lelang sebagai alternatif sarana jual-beli produk UMKM. "Adanya program Lelang yang dikhususkan untuk produk UMKM ini merupakan salah satu inovasi layanan DJKN yang menunjukkan komitmen kami untuk dapat terus mendukung para pelaku UMKM dalam memasarkan produknya," jelas Evisari.

Selanjutnya  Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindag Kabupaten Sumenep, Chainur Rasyid menyampaikan terima kasih kepada KPKNL Pamekasan atas terselenggaranya acara sosialisasi ini. Chainur juga mengungkapkan bahwa pihaknya selalu bersemangat untuk mendorong para pelaku UMKM agar produknya dapat dipasarkan secara nasional. "Adanya fasilitas melalui mekanisme lelang yang diberikan oleh KPKNL Pamekasan ini merupakan kesempatan bagi produk-produk UMKM Sumenep untuk dapat naik kelas menembus level nasional," ungkap Chairul dalam sambutannya. Selain itu, Rully Agusta selaku perwakilan dari PT. Bank BRI Cabang Sumenep juga mengungkapkan bahwa pihaknya berkomitmen untuk membantu para pelaku UMKM dari sisi permodalan.

Agenda penyampaian materi dalam sosialisasi ini sendiri terbagi dalam dua sesi, yaitu penyampaian materi untuk mengenalkan layanan lelang kepada para pelaku UMKM dan materi tentang prosedur permohonan lelang sukarela produk UMKM melalui website lelang.go.id.  Pada kesempatan pertama, Pelelang Ahli Muda KPKNL Pamekasan, Joko Hadi Sugondo menyampaikan kepada para peserta sosialisasi bahwa saat ini lelang telah berkembang dan DJKN berinovasi untuk memberikan layanan lelang yang ditujukan khusus bagi para pelaku UMKM. "Saat ini lelang tidak hanya digunakan untuk jual-beli barang-barang seperti tanah, rumah, dan kendaraan,namun dapat diakses oleh Bapak dan Ibu para pelaku UMKM untuk menjual produk sehingga produknya dapat menjangkau hingga level nasional," jelas Sugondo dalam paparannya.

Materi selanjutnya, Kartini Apriani Mansyur, Pelelang Ahli Pertama KPKNL Pamekasan menjelaskan mengenai prosedur yang harus dilakukan apabila para pelaku UMKM ingin menjual produknya melalui lelang. "Tahap awal yaitu Bapak/Ibu sekalian melakukan pendaftaran akun lelang. Setelah akun aktif, selanjutnya Bapak/Ibu bisa mengajukan permohonan lelang. Setelah selesai mengajukan permohonan, nantinya akan muncul tiket sebagai tanda bahwa permohonan lelang telah selesai diunggah di website lelang.go.id," jelas Kartini. Setelah berjalan kurang lebih dua jam, kegiatan sosialisasi diakhiri dengan sesi foto bersama para peserta.


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini