Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sosialisasi Pengelolaan BMN dan Anti Korupsi: Pengelolaan BMN yang Optimal dan Pelayanan yang Bersih dan Berintegritas
Garditto Gema Nuswantoro
Jum'at, 23 Juni 2023   |   50 kali

Kamis (22/06), bertempat di Aula Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bangkalan, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pamekasan selaku Pengelola Barang menyelenggarakan Sosialisasi Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) dan Anti Korupsi kepada seluruh Satuan Kerja (Satker) selaku Kuasa Pengguna BMN yang berada di wilayah kerja Kabupaten Bangkalan.


Kegiatan ini dimulai tepat pukul 09.00 WIB. Kepala KPKNL Pamekasan, Indera Widajanto dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas sinergi yang telah terjalin dengan baik antara Satker selaku Kuasa Pengguna BMN dan KPKNL Pamekasan selaku Pengelola BMN. Selain itu, Indera juga menekankan bahwa dalam memberikan layanan, KPKNL Pamekasan berkomitmen untuk memberikan layanan yang berintegritas dan anti korupsi dengan berpedoman pada nilai-nilai Kementerian Keuangan serta Core Value ASN ber-AKHLAK. "Jika Bapak/Ibu sekalian menemukan bahwa kami melanggar komitmen pelayanan yang berintegritas, silahkan Bapak/Ibu dapat menyampaikan aduan melalui saluran maupun nomor kontak yang tersedia," jelas  Indera .  Setelah sambutan dari Kepala KPKNL Pemekasan, acara dilanjutkan agenda utama yaitu Sosialisasi Pengelolaan BMN dan Anti Korupsi. Agenda penyampaian materi dalam sosialisasi ini sendiri terbagi dalam tiga sesi, pertama adalah penyampaian materi Pengelolaan BMN, Focus Group Discussion (FGD) Pengelolaan BMN, dan  materi sosialisasi Anti Korupsi. 


Pada kesempatan pertama, Joko Surono selaku Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) KPKNL Pamekasan menyampaikan gambaran umum mengenai Pengelolaan BMN khususnya pada Satker di wilayah kerja Kabupaten Bangkalan.  Joko menyampaikan bahwa secara umum BMN pada Satker di Kabupaten Bangkalan telah dikelola sesuai dengan kaidah dan asas-asas Pengelolaan BMN yang berlaku. "Dalam periode Januari sampai dengan bulan Juni 2023, secara total kami telah menerbitkan persetujuan pengelolaan untuk Satker di wilayah kerja Kabupaten Bangkalan dengan nilai lebih dari Rp1,1 Milyar," ungkap Joko dalam materinya. Terhadap persetujuan tersebut, Joko mengungkapkan bahwa hampir seluruh dari persetujuan telah ditindaklanjuti oleh Satker selaku Kuasa Pengguna BMN. "Kami ucapkan terima kasih kepada Satker yang telah menindaklanjuti persetujuan-pesetujuan yang telah diterbitkan. Bagi yang belum, saya harap segera melaksanakan tindak lanjut, sehingga dapat mendorong realisasi PNBP yang berasal dari Pengelolaan BMN," pesan Joko mengakhiri materinya. 

 

Sosialisasi dilanjutkan dengan penjelasan tentang pengelolaan BMN yang difokuskan pada optimalisasi penggunaan BMN melalui mekanisme pemanfaatan dan pemindahtanganan. Materi sosialisasi ini disampaikan oleh Setyo Widodo selaku staf pada Seksi PKN KPKNL Pamekasan. Pada kesempatan ini para peserta sosialisasi mendapatkan penjelasan mengenai Pemanfaatan dan Pemindahtanganan BMN yang meliputi dasar hukum, alur pelaksanaan, maupun jenis-jenis dokumen yang menjadi syarat kelengkapan. "Untuk mengoptimalkan BMN yang ada pada Satker Bapak/Ibu sekalian, salah satu upayanya adalah dengan melaksanakan pemanfaatan BMN melalui beberapa skema yang meliputi antara lain, Sewa, Pinjam Pakai, Kerja Sama Pemanfaatan, Bangun Guna Serah/Bangun Serah Guna, Kerja Sama Penyediaan Infrastruktur, dan Kerja Sama Terbatas untuk Pembiayaan Infrastruktur," jelas Widodo. Selain itu, di penghujung materi disampaikan pula sekilas materi mengenai BMN Idle. Setelah Widodo menyampaikan seluruh materi, acara dilanjutkan dengan agenda kedua, yaitu FGD Pengelolaan BMN yang dilaksanakan secara berkelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari beberapa Satker yang kemudian dipandu oleh para staff Seksi PKN KPKNL Pamekasan yaitu, Wawan Junaidi, Andi Priyananda, Setyo Widodo, dan Eko Budhi Prasetyo. Dalam kegiatan FGD ini, para peserta berkesempatan untuk mendiskusikan current issue maupun berkonsultasi mengenai kendala pengelolaan BMN yang ada di Satker masing-masing. 


Seusai sesi FGD yang berlangsung kurang lebih satu jam, kegiatan dilanjutkan dengan agenda terakhir
, yaitu Sosialisasi Anti Korupsi yang disampaikan oleh Riyadus Solihin selaku staf pada Seksi Kepatuhan Internal KPKNL Pamekasan. Pada kesempatan ini Riyadus menyampaikan materi sosialisasi yang antara lain mengenai  Whistle Blowing System Kementerian Keuangan, Pengendalian Gratifikasi, serta Komitmen Layanan KPKNL Pamekasan. Dalam pemaparannya Riyadus juga menyampaikan terima kasih kepada para peserta sosialisasi karena KPKNL Pamekasan dapat meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) berkat sinergi yang baik, saran, dan juga masukan dari para para pengguna layanan. "Di sini kami ingin menegaskan kembali komitmen kami untuk melayani Bapak/Ibu sekalian dengan pelayanan terbaik yang bersih dan berintegritas. Apabila Bapak/Ibu mendapatkan pelayanan yang tidak sesuai dengan komitmen tersebut, maka silakan menyampaikannya melalui Saluran Pengaduan Intenal, WiSe Kemenkeu, atau aplikasi SP4N Lapor," jelas Riyadus.   

 

Setelah penyampaian materi Sosialisasi Anti Korupsi, sebelum acara ditutup, panitia memberikan kuis dengan beberapa pertanyaan kepada para peserta. Para peserta yang dapat menjawab pertanyaan dengan tepat kemudian mendapat bingkisan sebagai kenang-kenangan. Tepat pada pukul 12.00 WIB acara berakhir dan kemudian ditutup dengan bersama-sama meneriakkan slogan pengelolaan BMN di wilayah kerja Madura, "Pengelolaan BMN, Siap ALAKOH!"

 

(Seksi HI KPKNL Pamekasan)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini