Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kunjungan Kerja dan Pengarahan Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur
Nowo Agus Riswantoro
Kamis, 16 September 2021   |   213 kali

Pamekasan (15/9), Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Jawa Timur, Tugas Agus Priyo Waluyo dengan didampingi Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi (KIHI) yang merangkap sebagai Plt. Kepala Bagian Umum, Irwan Mardianto melakukan kunjungan kerja ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pamekasan. Kunjungan kerja ini merupakan kunjungan pertama Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur pasca dilantik oleh Menteri Keuangan pada 5 Februari 2021.

 

Menyambut kunjungan tersebut, KPKNL Pamekasan menggelar acara secara hybrid. Acara yang digelar di ruang rapat pada pukul 14.00 WIB ini, dihadiri oleh para Kepala Seksi, Kepala Subbagian Umum, dan Jabatan Fungsional Pelelang. Sedangkan para pegawai lainnya, baik yang sedang Work From Office (WFO) maupun Work From Home (WFH) mengikuti acara tersebut secara daring melalui zoom cloud meetings. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga protokol kesehatan, sehingga dapat meminimalisasi risiko penularan virus Covid-19.

 

Acara dibuka oleh pembawa acara dengan pembacaan do’a. Dalam acara ini, Kepala KPKNL Pamekasan, Harmaji menyampaikan capaian kinerja KPKNL Pamekasan sampai dengan bulan September pekan pertama. Dijelaskannya bahwa terdapat beberapa capaian yang sudah sesuai dengan target kinerja tahunan yang telah ditetapkan, di antaranya adalah capaian kinerja dari Seksi Pelayanan Penilaian, Seksi Piutang Negara, Subbagian Umum, Seksi Kepatuhan Internal, dan Seksi Hukum dan Informasi. Sedangkan untuk capaian Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara dan Seksi Pelayanan Lelang masih ada beberapa capaian yang sedang on progress untuk mencapai target. Meski demikian, Harmaji optimis dengan dukungan seluruh pegawai KPKNL Pamekasan target kinerja yang telah ditetapkan tersebut akan tercapai sampai dengan akhir tahun 2021. Disampaikan juga beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan dalam waktu mendatang, antara lain agenda penyerahan sertipikat BMN tanah yang telah diselesaikan oleh Kantor Pertanahan yang menjadi target sertipikasi tahun 2021, rencana Goes to Campus di bulan Oktober/November, dan persiapan untuk mengikuti penilaian Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI-WBBM) Tahun 2022.

 

Usai penyampaian capaian kinerja oleh Harmaji, acara dilanjutkan dengan pengarahan Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur kepada seluruh pegawai KPKNL Pamekasan. Pada kesempatan ini, Tugas Agus sebagaimana biasa disapa menyampaikan bahwa kunjungan kerjanya ke KPKNL Pamekasan adalah dalam rangka lebih mengenal lebih jauh dengan para pegawai di KPKNL Pamekasan. “Sudah jauh-jauh hari saya mengagendakan kunjungan kerja ke KPKNL Pamekasan ini, namun belum kesampaian karena terhalang oleh gelombang kedua virus Covid-19 di wilayah Jawa Timur,” jelasnya.

 

Dalam kesempatan ini, Tugas Agus menyampaikan bahwa ia merasa sangat senang atas motivasi kerja para pegawai KPKNL Pamekasan yang sangat tinggi, di mana di antaranya ditunjukkan dengan keberhasilannya meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada tahun 2020. Ia berharap bahwa motivasi kerja yang sudah baik ini dapat dipertahankan dan kalau perlu terus ditingkatkan. Selain itu, dalam kegiatan ini pula Tugas Agus ingin mengetahui kiat-kiat KPKNL Pamekasan sehingga berhasil meraih predikat WBK, yang nantinya akan diterapkan di Kanwil DJKN Jawa Timur sebagai bekal mengikuti penilaian ZI-WBK pada tahun 2022 mendatang.

 

Selain menyampaikan apresiasi kepada KPKNL Pamekasan, Tugas Agus juga menyampaikan beberapa hal yang menjadi catatan Kanwil DJKN Jawa Timur atas capaian kinerja KPKNL Pamekasan sampai dengan triwulan II tahun 2021. Beberapa catatan tersebut antara lain, yaitu capaian sertipikasi bidang tanah dan pokok lelang yang belum mencapai target sesuai yang diharapkan. Tugas Agus meminta KPKNL Pamekasan agar melakukan koordinasi lebih intensif lagi dengan Satker K/L dan Kantor Pertanahan terkait guna pencapaian target sertipikasi tanah dimaksud. Lebih lanjut, Tugas Agus juga meminta agar merealisasikan rencana aksi yang telah ditetapkan sebelumnya guna mencapai target pokok lelang, khususnya untuk lelang eksekusi Hak Tanggungan dari Perbankan. Menurutnya, jika diperlukan dapat mengadakan pertemuan dengan pihak Perbankan untuk melakukan koordinasi terkait obyek-obyek mana saja yang berpotensi untuk laku lelang. “Pada tahap ini pihak Perbankan dan Pejabat Lelang/Pelelang KPKNL Pamekasan dapat menyeleksi bersama objek-objek yang akan laku lelang, jadi akan terbaca target yang bisa tercapai”, ujarnya.

 

Setelah menyampaikan beberapa hal yang menjadi catatan, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi. Pada sesi ini, hampir seluruh pegawai menyampaikan pendapat terkait kendala atau hambatan yang dihadapi. Pada sesi ini pula, terjalin keakraban antara peserta rapat yang hadir, baik yang hadir secara langsung maupun secara daring dengan Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur dan Kepala Bidang KIHI/Plt. Kepala Bagian Umum. Sebagai nakhoda pimpinan tertinggi di wilayah kerja DJKN Jawa Timur, Tugas Agus tidak segan memberi masukan, saran, serta solusi terhadap permasalahan yang dihadapi pada masing-masing Seksi/Subbagian.

 

Sebelum acara ditutup, Tugas Agus memberikan motivasi kepada seluruh pegawai KPKNL Pamekasan. Menurutnya, kunci utama agar dapat mencapai target kinerja yang telah ditetapkan ialah dengan membuat rencana kerja yang tidak hanya biasa-biasa saja. “Setiap pegawai harus memiliki rencana kerja yang lebih dari biasanya, lakukan apa yang belum dilakukan karena hal tersebut dirasa hasilnya lebih baik dari sebelumnya, dan terus pikirkan terobosan baru yang dapat dilakukan,” ungkapnya.

 

Pada pukul 17.00 WIB, acara rapat pembinaan resmi ditutup oleh pembawa acara. Dengan tetap menjaga protokol kesehatan, di sesi akhir Tugas Agus dan Irwan Mardianto melakukan sesi foto bersama dengan para peserta rapat yang hadir. Dengan tangan terkepal, para peserta rapat yang mengikuti sesi foto bersama secara serentak meneriakkan motto KPKNL Pamekasan, “Rapatkan Barisan Supaya Kokoh, KPKNL Pamekasan Siap ALAKOH!!”.

 

(Seksi HI, KPKNL Pamekasan)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini