Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sharing Session - Morning Call di Awal Bulan September 2021
Muhammad Mukti Abadi
Rabu, 08 September 2021   |   139 kali

Rabu (8/9), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pamekasan mengadakan dua agenda rutin, yaitu agenda mingguan sharing session dan agenda bulanan morning call untuk bulan September 2021. Dua kegiatan ini merupakan agenda rutin dalam rangka berbagi informasi sekaligus sebagai wadah diskusi yang berkaitan dengan menyiapkan strategi dan mengatasi kendala dalam pencapaian target yang telah ditetapkan.

Kegiatan diawali dengan sharing session pada pukul 08.00 WIB. Sharing session hari ini membahas tentang “onḍhâgghâ bhâsa (tingkatan bahasa Madura)”. Dipilihnya topik bahasan ini merupakan salah satu wujud menghargai budaya Madura, mengingat hal ini dikarenakan letak geografis KPKNL Pamekasan yang berada di Pulau Madura, setiap pegawai hampir pasti berinteraksi langsung dengan masyarakat asli Madura.

Narasumber dalam sharing session kali ini adalah Ristalina Putri (Ina) dan Susanti Stia Wardani (Santi) yang merupakan PPNPN/Honorer di KPKNL Pamekasan. Ina menjelaskan bahwa secara garis besar terdapat tiga tingkatan bahasa Madura. Pertama “onḍhâgghâ bhâsa enjâ’ iyâ (bahasa lumrah/kasar)” yang dipergunakan sehari-hari antar teman sebaya, orang tua terhadap anaknya, guru terhadap murid, dan kyai terhadap santri-nya. Kedua “onḍhâgghâ bhâsa engghi enten (bahasa tengah/campuran)” yang dipergunakan antar teman sebaya, sesama saudara, istri dan suami, dan mertua terhadap menantu. Ketiga “onḍhâgghâ bhâsa ènghi bhunten (bahasa halus)” yang dipergunakan antar teman sebaya yang sama-sama sepuh, anak terhadap orang tua, murid terhadap guru, dan santri terhadap kyai-nya.

Seusai kegiatan sharing session, acara dilanjutkan dengan morning call yang dipandu langsung oleh Dwi Nugroho salaku Kepala seksi Kepatuhan Internal. Morning call kali ini membahas beberapa hal penting, di antaranya yaitu monev capaian kinerja, pengendalian internal dan pengelolaan risiko s.d. bulan Agustus 2021, evaluasi rencana kerja masing-masing Seksi/Subbagian, serta pembahasan hal-hal lainnya.

Walaupun kegiatan morning call diadakan maraton setelah kegiatan sharing session, hal ini ternyata tidak menyurutkan semangat pegawai KPKNL Pamekasan untuk menyimak paparan materi yang disampaikan oleh Dwi Nugroho. Tampak pada saat sesi diskusi, para pegawai aktif menyampaikan pendapatnya guna mencari solusi dan strategi dalam pencapaian target kinerja periode berikutnya.

Selain mendiskusikan hal teknis tentang capaiaan kinerja, pada morning call kali ini dibahas juga persiapan KPKNL Pamekasan dalam mengikuti penilaian Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI-WBBM) di periode yang akan datang. Hal ini merupakan tindak lanjut dari program yang telah di tetapkan oleh Kantor Pusat DJKN. Sebagai informasi, pada tahun 2020 KPKNL Pamekasan telah memperoleh predikat Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK). Sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, KPKNL Pemekasan akan mengikuti program penilaian ZI-WBBM di tahun 2022.

Kegaiatan sharing session dan morning call  kali ini berlangsung hingga pukul 11.00 WIB. Di pengujung acara Harmaji mengingatkan kepada setiap pegawai untuk senantiasa disiplin dalam menjalankan tugas. “Ke depan akan semakin banyak tantangan pekerjaan yang harus dikerjakan, tetap disiplin dan juga tetap semangat,” pesan Harmaji menutup kegiatan kali ini.

(Seksi HI KPKNL Pamekasan)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini