Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kejar Target Bidang Tanah BMN yang Disertipikasi, KPKNL Pamekasan Laksanakan DKO Triwulan I 2021
Nowo Agus Riswantoro
Kamis, 08 April 2021   |   144 kali

Pamekasan - Rabu (7/4) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pamekasan melaksanakan rapat Dialog Kinerja Organisasi (DKO) Triwulan I Tahun 2020. Dengan tetap menjaga dan mematuhi protokol kesehatan, kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat KPKNL Pamekasan dengan dipimpin oleh Kepala KPKNL Pamekasan dan dihadiri oleh seluruh Kepala Seksi dan Kepala Subbagian serta para Pejabat Fungional KPKNL Pamekasan. Rapat DKO ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap triwulan untuk mereview capaian kinerja yang telah diperoleh triwulan sebelumnya sekaligus menyusun strategi terbaik serta melakukan mitigasi risiko untuk pencapaian target kinerja yang akan datang.

Tepat pukul 09.00 WIB, rapat DKO dibuka secara singkat oleh Kepala KPKNL Pamekasan, Harmaji. Dalam pembukaannya Harmaji menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama dan sinergi yang telah terjalin dengan baik dari semua Seksi dan Subbagian Umum, sehingga target kinerja di triwulan I tahun 2021 dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan. "Tantangan untuk optimalisasi kinerja khususnya strategi pencapaian target Penerimaan Negara dari Pengelolaan Kekayaan Negara, Portofolio Aset, Kesesuaian Penggunaan Barang Milik Negara (BMN) dengan Standar Barang dan Standar Kebutuhan (SBSK), Penyelesaian Berkas Kasus Piutang Negara (BKPN), Realisasi Pokok Lelang dan Produktivitasnya serta yang menjadi tema DKO saat ini, yaitu Sertipikasi BMN Tanah yang targetnya cukup banyak, 134 bidang tanah, memerlukan upaya yang terpadu dan sinergi yang kuat dengan Kantor Pertanahan dan Satker Kementerian/Lembaga (K/L) yang mengajukan permohonan sertifikasi," ujar Harmaji.

Selanjutnya, setelah acara dibuka, Dwi Nugroho selaku Kepala Seksi Kepatuhan Internal menyampaikan ikhtisar capaian kinerja, status capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) di triwulan I tahun 2021, yang terdiri dari 11 IKU berwarna hijau, 6 IKU berwarna abu-abu, 1 IKU berwarna kuning, dan 1 IKU berwarna merah, serta Nilai Kinerja Organisasi (NKO) dengan nilai sebesar 112,54%. “Dalam rapat DKO kali ini, fokus tema yang akan dibahas adalah rencana realisasi presentase bidang tanah BMN yang disertipikasi serta monitoring dan evaluasi (monev) capaian persentase produktivitas lelang yang menjadi pokok bahasan pada DKO triwulan IV tahun 2020,” ujar Dwi secara singkat.

Memasuki waktu pembahasan, terkait IKU yang capaiannya masih kuning, yaitu persentase realisasi pokok lelang, Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Andi Prayitno mengemukakan bahwa berdasarkan permohonan lelang yang masuk, maka secara potensi pada triwulan ke-IV optimis akan tercapai sesuai trajectory. Untuk IKU yang merah, yaitu persentase efektivitas penyelesaian BKPN, Plt. Kepala Seksi Piutang Negara yang juga dijabat oleh Andi Prayitno menyampaikan bahwa telah dilakukan upaya pencapaian target sesuai trajectory dan untuk triwulan II optimis akan tercapai.

Terkait dengan monev tema DKO triwulan IV tahun 2020, yaitu capaian persentase produktivitas lelang, Dwi menyampaikan bahwa Seksi Pelayanan Lelang telah melaksanakan beberapa rencana aksi untuk meningkatkan produktivitas lelang, antara lain adalah melakukan koordinasi dengan para pemohon lelang untuk meningkatkan pemasaran obyek lelang, menambah durasi pengumuman lelang, melakukan penggalian potensi lelang, dan meningkatkan publikasi lelang e-Auction kepada masyarakat.

Untuk tematik DKO triwulan I tahun 2021 saat ini, yaitu rencana realisasi presentase bidang tanah BMN yang disertipikasi, Joko Surono selaku Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara menyampaikan bahwa realisasi dan capaian target persentase bidang tanah BMN yang disertipikasi masih berwarna abu-abu, karena trajectory baru ada di triwulan II. Terdapat 6 ruang lingkup yang akan dilakukan untuk percepatan program sertipikasi BMN, antara lain pembinaan ke stakeholder, identifikasi BMN berupa tanah dengan aplikasi SIMANTAP, verifikasi atas hasil identifikasi pendataan menggunakan aplikasi SIMANTAP, menyusun daftar target indikatif dan nominatif, berkoordinasi dalam pelaksanaan sertipikasi BMN serta melakukan pemantauan dan pelaporan perkembangan pelaksanaan sertipikasi. Untuk daftar target indikatif sejumlah 15 bidang tanah dan target nominatif sejumlah 134 bidang tanah akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan Kanwil DJKN Jatim,” ujar Joko.

Kemudian, untuk rencana aksi atau strategi di triwulan II tahun 2021 dalam hal merealisasikan target persentase bidang tanah BMN yang disertipikasi, Joko menyampaikan beberapa rencana kegiatan yang akan dilaksanakan, antara lain melakukan koordinasi dengan Kantor Pertanahan di wilayah Madura, melaksanakan sosialisasi dan konsultasi melalui link whatsapp atau telepon dengan satuan kerja, dan membuat timeline rencana kerja program percepatan sertipikasi BMN.

Dalam pembahasan lebih lanjut, para peserta rapat telah mendiskusikan hal-hal tersebut di atas. Para perserta rapat saling memberikan pemikiran untuk bersama-sama dapat mencari strategi terbaik dalam pencapaian target ke depan.

Di akhir kegiatan, tak lupa Harmaji menyemangati untuk terus memberikan kinerja terbaik dalam pencapaian target kinerja tahun 2021 dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna layanan serta komitmen bekerja dengan integritas.

(Seksi HI KPKNL Pamekasan)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini