Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Peningkatan Soft Competency Pegawai KPKNL Pamekasan
Candra Kurniawan
Rabu, 04 Juli 2018   |   226 kali

Pamekasan - Kemampuan pegawai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pamekasan terus ditingkatkan melalui kegiatan Lokakarya Peningkatan Soft Competency oleh Bagian Kepegawaian Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) bertempat di KPKNL Pamekasan, Selasa (3/7).

Bagian Kepegawaian Kantor Pusat DJKN bekerjasama dengan Pusdiklat Pengembangan SDM (PPSDM) BPPK Kemenkeu melakukan kegiatan Lokakarya yang dihadiri dan diikuti seluruh pegawai KPKNL Pamekasan termasuk Kepala KPKNL Pamekasan. Tema Kegiatan Lokakarya kali ini Peningkatan Soft Competency Pegawai DJKN “Bersinergi Untuk Negeri Revaluasi Tuntas Berkualitas”.

Kegiatan dilakukan dalam dua sesi, Out door dilakukan di halaman KPKNL Pamekasan dari mulai Pukul 08.00 WIB s.d Pukul 12.00 WIB dan dilanjutkan makan siang serta sesi selanjutnya In Door di Aula KPKNL Pamekasan.

Pembukaan acara dilakukan Harmaji selaku Kepala KPKNL Pamekasan, dalam sambutannya beliau menyatakan “Peningkatan kemampuan pegawai KPKNL Pamekasan harus terus ditingkatkan agar dapat memberikan pelayanan prima kepada stakeholder”.

“Kegiatan IHT ini diperlukan sebagaimana ibarat mobil yang suatu saat perlu di charge batery-nya kembali supaya jalannya lancar mencapai tujuan. Harapannya juga sebagai salah satu cara untuk internalisasi nilai-nilai Kementerian Keuangan yaitu intregritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan, dan kesempurnaan,” lanjutnya.

Fery Hadikarya, selaku perwakilan dari Bagian Kepegawaian Kantor Pusat DJKN dalam sambutannya menyatakan “Peningkatan Soft Competency sangat penting bagi pegawai dalam memberikan layanan kepada stakeholder, sehingga stakeholder merasa dilayani dengan baik dan semua kebutuhan yang diperlukan dapat terpenuhi”.

Acara selanjutnya dipandu oleh Bambang Kismanto, Widyaiswara PPSDM dibantu oleh Luhur Priyantoko Aji, asisten Widyaiswara PPSDM. Bambang mengawali dengan bercerita mengenai perlunya pegawai untuk mengasah/menimba ilmu kembali atau me-refresh hidupnya. Selanjutnya mengadakan game bersama dengan seluruh peserta yang dibagi menjadi 3 (tiga) Tim. Game pertama berupa ballon race dimana seluruh anggota Tim berbaris dengan dibatasi 3 buah balon, satu di depan perut, dua di ketiak dan harus berjalan bersamaan terus mengambil kelereng yang harus ditaruh di dalam ember yang berada di ujung, satu persatu kelereng diambil sebanyak 10 kelereng. Game kedua menyelesaikan soal-soal logika yang harus dijawab bersama dan diperagakan masing-masing Tim. Game ketiga melempar air, dimana satu tim dibagi menjadi tiga bagian, bagian pertama mengambil air dari ember dan dimasukan ke dalam plastik, bagian kedua melempar plastik ke temannya diseberang sejauh 10 meter, dibagian ketiga menerima lemparan air dengan sarung dan memasukan ke dalam botol aqua.

Saat makan siang juga masih dilakukan game dimana setiap anggota Tim ditutup matanya dan hanya 2 orang saja yang bertugas sebagai bos dan melayani anak buahnya yang tidak dapat melihat. Semua anak buah diambilkan makan sesuai dengan pesanannya dan dilayani dengan baik. Anak buah dengan keterbatasan matanya hanya dapat meminta bantuan untuk diambilkan makanan, semua berjalan sangat seru dan menyenangkan.

Setelah game di outdoor selesai dilanjutkan dengan kegiatan berkumpul di dalam ruangan (indoor) di aula KPKNL Pamekasan, Bambang Kismanto menjelaskan arti semua kegiatan yang telah dilaksanakan pada saat berada di outdoor. Intinya semua pegawai KPKNL Pamekasan harus bangga menjadikan KPKNL/DJKN sebagai rumahnya, dengan bangga maka semua pegawai akan semangat bekerja dan memajukan institusi KPKNL/DJKN.

Seluruh kegiatan diikuti oleh peserta dengan sangat antusias. Acara terakhir dilakukan pemaparan oleh Fery Hadikarya mengenai Soft Competency, Implementasi WBKWBBM, Current Issue dan Monitoring pada KPKNL Pamekasan, Manajemen Talenta Beasiswa, DJKN Muda dan Jabatan Fungsional. Dilanjutkan penutupan Lokakarya Peningkatan Soft Competency oleh Harmaji.

(Teks dan Foto Candra Kurniawan)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini