Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palu > Kilas Peristiwa
MENJAGA INTEGRITAS DIMANAPUN BERADA
Abd. Choliq
Senin, 02 Maret 2020   |   202 kali

Menyelaraskan tindakan dan ucapan itulah integritas, salah satu nilai Kementerian Keuangan ini demikian mudah diucapkan namun perlu terus menerus disosialisasikan agar menjadi melekat dalam ingatan dan tindakan. Untuk peningkatan pemahaman kepada para pejabat/pegawai dilingkungan Kementerian Keuangan khususnya wilayah Sulawesi Tengah dan sekitarnya telah dilaksanakan sosialisasi Penguatan Integritas Kementerian Keuangan yang secara komprehensif dengan beberapa sub tema mengenai pengawasan internal, persepsi integritas, pelaporan harta kekayaan, kode etik dan disiplin serta saluran pengaduan publik

Setelah diadakan serangkaian sosialisasi di beberapa daerah di Indonesia, Kamis 27 Februari 2020 Bagian Kepatuhan dan Verifikasi Kekayaan Pegawai (KVKP) Inspektorat Jenderal kementerian Keuangan kembali menyelenggarakan sosialisasi mengenai 1. Sosialisasi Tata Kelola Pengawasan Intern, 2. Sosialisasi Pelaporan Harta Kekayaan dan Pajak-Pajak Pribadi melalui ALPHA, 3. Sosialisasi Survei Persepsi Integritas, 4. Sosialisasi Kode Etik Pegawai Inspektorat Jenderal, 5. Sosialisasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SPAN) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) di Aula Kantor Wilayah DJPB Provinsi Sulawesi Tengah, Jl. Tanjung Dako No.15, Lolu Selatan, Palu Selatan, Kota Palu.

Acara ini dihadiri oleh satuan kerja Kementerian Keuangan RI yang ada di Sulawesi Tengah yaitu: Kanwil DJPb Provinsi Sulteng, KPKNL Palu, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palu, Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Pantoloaan, KPPN Palu dan KPPN yang ada di Prov Sulteng, serta Kantor Pangkalan Sarana Operasi Bea dan Cukai Pantoloaan. Masing-masing satker diwakili oleh para Kepala Kantor dan Pejabat Eselon IV.

Selanjutnya acara dibuka dengan sambutan Plh. Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Tengah selaku perwakilan Kementerian Keuangan RI di Palu, Bapak. Suwajianto, yang kemudian dilanjutkan acara sosialisasi oleh Bagian Kepatuhan dan Verifikasi Kekayaan Pegawai (KVKP). Dalam sosialisai penguatan integritas Kementerian Keuangan ini, dingingatkan mengenai pentingnya integritas. Menurutnya, integritas merupakan nilai pertama dan utama dari nilai-nilai Kementerian Keuangan, "Integritas merupakan suatu nilai yang tidak bisa terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi kita di unit masing-masing. Integritas tidak dapat di perjualbelikan. Oleh karna itu integritas harus kita jaga dimanapun kita berada.’’

Selain itu, beliau juga menjelaskan mengenai ALPHA (Aplikasi Laporan Perpajakan dan Harta Kekayaan) yaitu laporan-laporan harta kekayaan dan pajak-pajak pribadi yg disampaikan Menteri Keuangan. Setelah itu dijelaskan juga mengenai dasar hukumnya Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 1986 tentang Kewajiban Penyampaian Laporan Pajak-Pajak Pribadi bagi Pejabat Negara, Pegawai Negeri Sipil, Anggota Angkatan Bersenjata Republik Indonesia dan Pegawai Badan Usaha Milik Negara dan Daerah serta Keputusan Menteri Keuangan Nomor 277/KMK.09/2017 tentang Mekanisme Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Dan Pajak-Pajak Pribadi Pejabat/Pegawai Di Lingkungan Kementerian Keuangan. Diharapkan melalui sistem ALPHA ini kepatuhan pegawai Kemenkeu untuk melaporkan harta dan pajak akan semakin tinggi dan akan mendorong akuntabilitas dan transparansi di lingkungan Kemenkeu.

Selanjutnya, penjelasan teknis mengenai pengisian ALPHA disampaikan oleh Staff bagian Kepatuhan dan Verifikasi Kekayaan Pegawai (KVKP), peserta juga diberikan simulasi pengisian data-data pada aplikasi ALPHA dan penjelasan rinci mengenai data-data yang diminta. Kemudian acara dilanjutkan dengan langkah-langkah pengisian ALPHA dan diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Diharapkan dengan kegiatan seperti ini akan memudahkan pegawai Kementerian Keuangan untuk mudah mengingat nilai-nilai yang mendasari pelaksanaan tugas dan fungsi serta melaksanakan nilai-nilai tersebut dalam keseharian baik didalam maupun di luar kantor.


Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini