Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palu > Berita
Konferensi Pers APBN Sulteng, Ekonomi Terus Bertumbuh
Angger Dewantara
Jum'at, 22 Desember 2023   |   24 kali

Palu – KPKNL Palu bersama tergabung dalam Kemenkeu Satu – Sulawesi Tengah menyelenggarakan Konferensi Pers APBN Tahun Anggaran 2023. Mengundang beberapa awak media lokal di Sulawesi Tengah, kegiatan dilaksanakan di Auditorium kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu. Poin-poin penting yang dipaparkan terkait capaian realisasi pelaksanaan anggaran realisasi sampai dengan per 30 November 2023 (21/12/2023).

Dibuka oleh Yuni Wibawa, Kepala Kanwil DJPb Sulteng yang juga sebagai Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Sulawesi Tengah, ia menyampaikan beberapa poin penting diantaranya pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah yang menunjukan pertumbuhan sebesar 13,06 persen pada kuartal III tahun 2023, yang merupakan pertumbuhan tertinggi kedua di Indonesia setelah provinsi Maluku Utara. “Pertumbuhan tersebut didukung oleh semua komponen PDRB. Pengeluaran kinerja ekspor pun masih cukup tinggi, serta konsumsi rumah tangga semakin meningkat, dan juga konsumsi pemerintah daerah dan pusat pun terus tumbuh positif”, ujar Yuni dalam pemaparannya.

KPKNL Palu, diwakilkan oleh Dewi Indrias Ayuni, Kepala Seksi Piutang Negara KPKNL Palu menyampaikam realisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Pada kesempatan tersebut, Dewi mengatakan, “Secara keseluruhan, realisasi PNBP hingga 30 November 2023 mencapai 902,7 miliar rupiah, hal ini merupakan capaian positif secara persentasi mencapai 163,67 persen dari target tahunan yang telah ditentukan.” Dari hasil paparan, diketahui bahwa PNBP berasal dari pendapatan Jasa Pelayanan Pendidikan BLU Universitas Tadulako menyumbang 28 persen (Rp288,22 M)dari realisasi keseluruhan, disusul pendapatan dari Izin Keimigrasian dan Re-entry permit sejumlah 18 persen (174,21 M).

Dewi juga menyampaikan realisasi PNBP yang diperoleh dari pelaksanaan tugas dan fungsi KPKNL Palu diantaranya berasal dari pengelolaan aset yang mencapai Rp16,24 M dimana penerimaan tersebut didominasi berasal dari aktivitas sewa BMN oleh satuan kerja. Kemudian PNBP berasal dari pelayanan lelang yang mencapai Rp3,32 M dimana perolehan tersebut didominasi hasil dari  lelang eksekusi hak tanggungan. Informasi tambahan juga disampaikan bahwa hingga akhir November 2023, KPKNL Palu telah melaksanakan sejumlah 577 kali kegiatan lelang. Capaian PNBP positif juga diperoleh dari pelayanan pengurusan piutang negara sebesar Rp460,37 juta, nilai tersebut melampaui target yang diberikan (Rp10 juta) hingga 4.604 persen.

Disamping itu, KPKNL Palu juga kerap melaksanakan lelang produk UMKM secara rutin dan telah memperoleh capaian positif diantaranya berupa pokok lelang sebesar Rp15.376.483 hasil dari 80 lot produk UMKM yang dilelang. Dewi menegaskan bahwa produk UMKM yang terlibat banyak didominasi pelaku usaha bidang makanan seperti durian, bawang goreng, dan kopi, sedangkan dari lini kriya, kayu hitam kabupaten Poso masih menjadi andalan.

Menutup konferensi pers, Yuni Wibawa menyimpulkan, “APBN regional Sulteng mencatatkan kinerja yang baik, didukung kinerja belanja pemerintah, dan diiringi pendapatan yang tetap terjaga.” Dirinya yakin bahwa hingga saat ini APBN terus diupayakan berkontribusi nyata dan dirasakan langsung oleh masyarakat melalui berbagai program prioritas saat ini. (teks dan foto oleh Angger Dewantara)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini