Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palu > Berita
Tuntaskan Target Sertipikasi Tahun 2023, KPKNL Palu Tetap Fokus Hadapi Target Tahun 2024
Angger Dewantara
Selasa, 19 Desember 2023   |   32 kali

Palu – Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Donggala melakukan serah terima sertipikat tanah Barang Milik Negara (BMN) sejumlah 210 sertipikat kepada KPKNL Palu dalam rangka penyelesaian target sertipikasi BMN berupa tanah tahun 2023 pada Senin, 18 Desember 2023.

Kepala KPKNL Palu, Jerry M.N. Piri mendatangi Kantor Pertanahan Kabupaten Donggala untuk menerima sejumlah 210 sertipikat tanah BMN. Diketahui, jumlah tersebut terdiri atas 69 sertipikat fisik dan 141 sertipikat  elektronik. Tanah yang disertipikatkan adalah tanah pada satuan kerja Pelaksana Jalan Nasional (PJN) I Wilayah Kerja Sulawesi Tengah.

Bertemu dengan Wayan, Kepala Seksi Penetapan dan Pendaftaran Hak Tanah, Jerry menyampaikan, “Kami menyampaikan terimakasih dan apresiasi setinggi mungkin atas kinerja yang telah diberikan sehingga sertipikat pada tanah satker PJN I Sulawesi Tengah ini dapat terbit dan menjadi capaian dalam program sertipikasi BMN berupa tanah tahun 2023.” Menurutnya, selain menjadi tugas dan fungsi KPKNL, namun kesadaran dan usaha pihak kantor pertanahan dan satuan kerja PJN I Wil.Ker. Sulteng sangat diperlukan dan tercermin dalam terbitnya sertipikat tanah BMN ini.

Guntur, pelaksana seksi Pengelola Kekayaan Negara (PKN) KPKNL Palu mengungkapkan, “Berjalan sejak awal tahun, KPKNL Palu bersama kantor pertanahan dan satuan kerja akhirnya berhasil mencapai capaian yang diharapkan menuntaskan program sertipikasi ini. Tambahan 210 sertipikat ini, meningkatkan capaian persentase target sertipikasi sebesar 37,25 persen.” Menurut data diperoleh dari seksi PKN KPKNL Palu, secara akumulatif capaian sertipikasi BMN tahun 2023 KPKNL Palu saat ini mencapai 104,64 persen termasuk sertipikat yang diserahkan kantah Kab. Donggala.

Wayan, turut menyampaikan,”Meskipun sedikit terlambat, namun kami sangat bersyukur dan berterimakasih kepada KPKNL Palu dan seluruh satker yang telah mau bekerjasama dalam program (sertipikasi BMN) ini.” Tidak lupa, Wayan juga mengapresiasi pegawainya dan kinerja KPKNL Palu yang selalu bergerak cepat untuk berkoordinasi menangani kendala teknis yang dihadapi di lapangan.

Mendekati akhir tahun anggaran, Jerry menyampaikan rencana dalam waktu dekat untuk dapat bekerjasama dengan satuan kerja PJN I Wil. Ker. Sulawesi Tengah untuk dapat melakukan update data pada aplikasi SIMAN, sehingga ke-210 sertipikat ini dapat dicatat sebagai capaian kinerja tahun 2023.

Tidak sampai disitu, KPKNL Palu sendiri telah melakukan rapat persiapan pelaksanaan pensertipikatan BMN tahun 2024 sebelumnya. Rapat tersebut diselenggarakan bersama Kanwil BPN Sulawesi Tengah yang diwakili Susetyo, Kepala Bidang Penetapan dan Pendaftaran Hak Tanah dan juga satuan kerja dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sulawesi Tengah, Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Provinsi Sulawesi Tengah, Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Provinsi Sulawesi Tengah dan SNVT PJPA W.S. Palu-Lariang, W.S. Parigi-Poso, W.S. Kaluku-Karama Provinsi Sulawesi Tengah.

“Rapat membahas terkait persiapan anggaran, persiapan target masing-masing Kantah, hingga rencana timeline pengerjaan program yang telah disepakati oleh seluruh pihak”, ucap Fidela R, Kepala Seksi PKN KPKNL Palu saat diwawancara. Lebih dalam, menurutnya perlu dilakukan identifikasi, verifikasi, dan klarifikasi Kembali atas kategorisasi bidang tanah yang telah disusun. (foto dan teks oleh Angger Dewantara).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini