Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palu > Berita
Waspada dan Siaga di atas Sesar Palu Koro
Angger Dewantara
Kamis, 30 November 2023   |   49 kali

Palu – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palu melakukan kegiatan pembekalan pengetahuan tanggap bencana dan simulasi terhadap bencana alam gempa bumi (29/11/2023). Kegiatan pembekalan dan simulasi ini digelar disekitar kantor KPKNL Palu dan diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL Palu.

Kepala Subbagian Umum, Agung Febri Wibowo yang menjadi lead kegiatan ini mengatakan,”Kegiatan ini dilakukan mengingat Kota Palu yang berada pada sesar atau patahan Palu Koro sehingga menjadikan areanya sangat rawan terhadap bencana gempa bumi.” Selain itu, kegiatan ini juga merupakan implementasi atas himbauan atas rapat pembahasan persiapan simulasi evakuasi bencana gempa bumi oleh Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan, ujar Agung.

Materi tanggap darurat dan simulasi dibawakan oleh Ivandana (Subbag Umum) dan Daffa Dhiya Ulhaq (Subbag Umum). Materi yang diberikan mencakup kesiapsiagaan untuk menghadapi bencana gempa bumi dalam tahapan pra-bencana, saat bencana, hingga pasca bencana. Ivan menerangkan, “Sampai saat ini, belum ada ahli dan institusi yang mampu memprediksi kapan terjadinya fenomena alam gempa bumi ini. Sehingga perlu kesigapan untuk dapat mengambil tindakan penyelamatan diri dan penyelamatan sesama.” Ivan juga menegaskan agar seluruh pegawai memiliki rencana penyelamatan diri apabila terjadi gempa bumi, rencana yang dimaksud pun rencana persiapan diri dan menyiapkan perbekalan dalam keadaan darurat bencana alam.

Pada kegiatan ini, Daffa mengatakan bahwa simulasi dan pembekalan ini bukan hanya sekadar pemberian materi apa yang harus dilakukan, melainkan juga berisi apa-apa juga harus dihindari dalam menghadapi bencana gempa bumi. Daffa mengutarakan, “Belajar dari bencana gempa bumi, tsunami, dan likuifaksi yang dihadapi Kota Palu pada 2018 silam, KPKNL Palu juga banyak mengambil hikmah dengan mempersiapkan seluruh kebutuhan dalam menanggulangi, serta menghadapi bencana serupa yang mungkin akan datang kembali.”

Beberapa diantaranya, KPKNL Palu senantiasa melibatkan komitmen dari pimpinan (top management) untuk selalu me-maintenance kewaspadaan terhadap bencana alam, pembentukan tim tanggap darurat bencana alam, persiapan sarana dan prasarana, hingga kegiatan pelatihan dan simulasi yang  saat ini tengah dilaksanakan.

Tegar, salah satu pegawai KPKNL Palu yang menjadi peserta pembekalan ini mengatakan, “kegiatan ini diperlukan untuk mengetahui sampai sejauh mana kesiapsiagaan menghadapi keadaan darurat dan diharapkan dilakukan secara berkala, sehingga tidak lepas dari ingatan seluruh penghuni gedung. Selain itu, simulasi juga mengurangi rasa kepanikan penghuni gedung disaat terjadinya keadaan darurat.” (teks dan foto oleh : Angger Dewantara & Tegar Oktaviyan Zamzammi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini