Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palu > Berita
K1S Awards, Sinergi Pemerintah Pusat dan Daerah untuk Pembangunan Sulawesi Tengah
Angger Dewantara
Rabu, 15 November 2023   |   65 kali

Palu - KPKNL Palu bersama tergabung dalam Kemenkeu Satu – Sulawesi Tengah menyelenggarakan acara Kemenkeu Satu (K1S) Awards pada Rabu (15/11/2023), di Gedung Pagombo, komplek Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.

Pada kegiatan tersebut hadir Kepala Perwakilan Kemenkeu – Sulawesi Tengah, Yuni Wibawa, Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Ma'mun Amir serta sejumlah perwakilan kepala daerah pemerintah kota dan kabupaten di Sulawesi Tengah. Satuan kerja kantor unit vertikal kementerian keuangan di Sulawesi Tengah berasal dari instansi pemerintah pusat juga hadir dalam kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Yuni Wibawa menyampaikan, “Kemenkeu Satu Awards ini dihelat sebagai bentuk kolaborasi budaya dan sistem untuk mendorong perekonomian di daerah, serta memperkuat kerjasama instansi pusat dan daerah untuk bersama bahu membahu melakukan pembangunan regional di Sulawesi Tengah.”

Dirinya juga mengutarakan bahwa melalui K1S awards dirinya hendak mengoptimalkan kinerja fiskal di Sulawesi Tengah menjelang akhir tahun ini, sekaligus menjadi acuan dalam pelaksanaan anggaran pusat ke daerah kedepannya. “K1S Awards juga sebagai bentuk apresiasi dan ungkapan terimakasih kami kepada para stakeholder dari berbagai lini yang telah bekerja keras dan cerdas guna menjalankan anggaran yang handal, transparan, dan akuntabel guna mendorong pembangunan Sulawesi Tengah”, ujarnya.

Memilih tema yang sama dengan Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) ke-77, ‘Kemenkeu Melayani Lebih Baik’, terdapat 14 penghargaan yang diberikan Kemenkeu Satu – Sulteng ke berbagai stakeholder guna menjadi dorongan untuk dapat memberikan pelayanan kearah yang lebih baik serta mampu bersinergi dalam menghadapi segala tantangan kedepannya.

KPKNL Palu sendiri menganugerahkan penghargaan berupa Pengelola Barang Milik Daerah (BMD) Terbaik Tahun 2023. Penghargaan tersebut diberikan kepada 3 pemerintah daerah yaitu Pemerintah Kota Palu sebagai urutan terbaik 1, Pemerintah Kabupaten Morowali sebagai urutan terbaik 2, dan Pemerintah Kabupaten Buol sebagai urutan terbaik 3. Jerry M.N. Piri, Kepala KPKNL Palu menyampaikan, “Penghargaan ini diberikan dengan dasar banyaknya frekuensi kerjasama pengelolaan BMN/D dengan instansi pemerintah daerah terkait khususnya penilaian, lelang penjualan BMD, hingga sinergi pengurusan piutang daerah oleh KPKNL.”

Rusdy Mastura juga menyampaikan dalam keynote speechnya, “Saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih khususnya kepada seluruh pemerintah kota dan kabupaten beserta OPD-nya. Pengelolaan anggaran yang baik juga merupakan awal dari pembangunan yang berkelanjutan.” Dirinya menekankan harapannya untuk dapat menjadikan Sulawesi Tengah menjadi provinsi yang berperan aktif dan besar sebagai penunjang pembangunan IKN, karena menurutnya pembangunan IKN ini merupakan kesempatan bagi Sulawesi Tengah untuk turut bertumbuh perekonomiannya. (teks dan foto oleh : Angger Dewantara)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini