Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palu > Berita
Pemerintah Kabupaten Sigi Gelar Sosialisasi Lelang Dalam Rangka Persiapan Lelang BMD
Tegar Oktaviyan Zamzammi
Rabu, 23 Agustus 2023   |   50 kali

Palu – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palu pada Rabu (23/08) hadir sebagai narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Lelang Barang Milik Daerah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi. Kegiatan Sosialisasi dilangsungkan pada aula Gedung Citra Mulia Hotel Palu. Sosialisasi Pelaksanaan Lelang Barang Milik Daerah Pemerintah Kabupaten Sigi ini dilakukan dalam rangka memberikan pemahaman dan penjelasan mengenai pelaksanaan lelang kepada seluruh masyarakat sekitar, khususnya dalam rangka persiapan pelaksanaan Lelang Non Eksekusi Wajib BMD yang diajukan oleh Pemerintah Kabupaten Sigi dan akan dilaksanakan pada Jum’at, 25 Agustus 2023.

Sosialisasi tersbut dihadiri dan dibuka oleh Selvy S.H selaku Asisten III Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi dan didampingi oleh Ranto Sunusi S.E selaku Kepala Bidang Pengelolaan BMD BPKAD Kab. Sigi, Jery Max Nelson Piri selaku Kepala KPKNL Palu, Agran Tantu S.Kom selaku Kepala Kepala Sub Bidang Pemanfaatan, Pengamanan, & Penghapusan BMD, dan oleh seluruh perwakilan Operasional Perangkat Daerah (OPD) pada Pemerintah Kabupaten Sigi serta masyarakat umum.

“Kami mewakili Bupati Sigi berserta jajaran mengucapkan terima kasih kepada KPKNL Palu, yang saat ini telah hadir untuk memberikan sosialisasi lelang pada Pemerintah Kabupaten Sigi. Ini adalah kali pertama Kabupaten Sigi melaksanakan Lelang Barang Milik Daerah.” ujar Selvy S.H dalam sambutannya.

Di samping itu, beliau juga menyampaikan agar kedepannya seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Sigi termasuk seluruh OPD dapat berperan aktif dalam mengelola Barang Milik Daerah Kabupaten Sigi. “Semoga seluruh lot lelang yang akan dilaksanakan pada Jum’at, 25 Agustus 2023 dapat laku terjual sehingga dapat berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Daerah Sigi”, imbuhnya.

Kepala KPKNL Palu, Jerry Max Nelson Piri menyampaikan dalam sambutannya bahwa pengelolaan BMD menjadi salah satu komponen yang penting guna mewujudkan tata kelola pemerintah daerah yang baik, khususnya dalam menyenggarakan pelayanan kepada masyarakat umum.

Pelaksanaan Sosialisasi Pelaksanaan Lelang Barang Milik Daerah disampaikan oleh Ardat selaku Pelelang Ahli Muda pada KPKNL Palu. Ardat membuka penjelasan dengan menyampaikan mengenai tugas, fungsi, dan juga layanan KPKNL Palu. Pelelang Ahli Muda tersebut juga memberikan materi sosialisasi terkait seluk beluk lelang, dasar hukum pelaksanaan lelang, jenis-jenis lelang, hingga proses pelaksanaan lelang dari pra lelang, lelang, dan pasca lelang. Sedangkan untuk sesi pembuatan akun lelang dan serta praktik langsung pembuatan pembuatan akun, dilanjutkan oleh Recky T. S selaku Pelelang Ahli Pertama pada KPKNL Palu. Sesi terakhir dilanjutkan dengan tanya jawab dengan peserta sosialisasi.

“Pelaksanaan Lelang BMD Pemda Sigi yang akan dilakukan pada Jum’at, 25 Agustus 2023 menggunakan metode penawaran Open Bidding, dengan begitu peserta lelang dapat saling mengetahui penawaran pihak lain. Diharapkan untuk pihak yang akan mengikuti lelang nantinya dapat memberikan penawaran setinggi-tingginya sesuai dengan kempuan masing-masing.” penjelasan dari Ardat.

Antusiasme para peserta sosialisasi terlihat dari banyaknya pertanyaan yang ditujukan kepada Para Pelelang mengenai tahapan Pra Lelang, Lelang, hingga proses Pasca Lelang. Agran Tantu S.Kom selaku Kepala Kepala Sub Bidang Pemanfaatan, Pengamanan, & Penghapusan BMD berharap dengan adanya kegiatan seperti ini dapat membantu Pemerintah Daerah Sigi dalam optimalisasi aset daerah sehingga akan berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sigi. (Foto dan Teks oleh Tegar)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini