Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palu > Berita
KPKNL Palu Terus Bangun Zona Integritas Menuju WBBM
Neni Puji Artanti
Jum'at, 10 Maret 2023   |   90 kali

Setelah berhasil meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada Tahun 2021, KPKNL Palu terus berupaya meningkatkan performa dan komitmen dalam mempertahankan predikat WBK tersebut. Berbagai indikator kinerja terus dijaga dan ditingkatkan yang ditandai dengan naiknya Nilai Kinerja Organisasi (NKO) dari 113,49 di tahun 2021, menjadi 116,10 di tahun 2022. Tak hanya meraih NKO dengan predikat istimewa dan tertinggi ke-3 secara nasional pada Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), raihan tersebut juga membawa KPKNL Palu memenuhi persyaratan untuk membangun Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Krisdianto selaku Kepala KPKNL Palu sejak awal tahun telah mengungkapkan komitmennya untuk memimpin proses menuju WBBM ini dengan saksama. “Apresiasi saya sampaikan kepada seluruh pegawai KPKNL Palu atas  prestasi kerja Tahun 2022. Kita perlu mempertajam peran kita kepada masyarakat”.

Peran KPKNL Palu kepada masyarakat dapat diwujudkan melalui pelaksanaan tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). “Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani adalah momentum yang tepat bagi kita untuk mewujudkan tujuan tersebut” imbuh Krisdianto.

Tim Komponen Pengungkit terus mengidentifikasi, memenuhi, dan mengevaluasi seluruh indikator yang memastikan tata kelola (governance) yang baik, berjalan dan berdampak kepada pengguna jasa. “Para Ketua Tim dan anggotanya harus dapat menangkap kebutuhan pelayanan yang perlu ditingkatkan. Lebih jauh lagi, output yang dihasilkan harus konkret” ungkap Bertha, Kepala Seksi Kepatuhan Internal sekaligus Ketua Tim WBBM KPKNL Palu.

Kepala Seksi Hukum dan Informasi, Neni, mengatakan, “Kepekaan terhadap kebutuhan pelayanan harus bertransformasi menjadi inovasi yang bermanfaat dan relevan.” Kerja sama seluruh pegawai yang memiliki keterampilan beragam menjadi penting dalam merealisasikan inovasi unit kerja.

Agung Febrianto, Kepala Sub Bagian Umum, membagi kebutuhan inovasi menjadi dua yaitu internal dan eksternal. “Pertumbuhan atau improvement harus ditunjukkan dari inovasi yang telah dikembangkan sejak tahun 2021” ungkapnya.

Beberapa inovasi bagi pegawai yang telah dikembangkan KPKNL Palu adalah Sistem Aplikasi Administrasi Sehari-hari (SI-ASHARI) dan Sistem Layanan Kepatuhan Internal. “Kedua aplikasi ini  menunjang operasionalisasi Sumber Daya Manusia dan Pengukuran Kinerja secara elektronik yang telah diakomodasi oleh sistem aplikasi di tingkat Kementerian Keuangan” ungkap Neni. Ia menambahkan bahwa adanya inovasi internal dapat melengkapi kebutuhan yang lebih detail yang belum ada di aplikasi pada skala nasional.

Krisdianto, Kepala KPKNL Palu, terus mengevaluasi secara berkala Aplikasi Data Studio yang menyajikan kebutuhan data bagi pimpinan dalam bentuk dashboard. “Data harus disajikan dengan valid, real time, dan proses bisnis penyajiannya efisien” jelas Krisdianto.

Kebutuhan pelayanan kepada pengguna jasa juga dimudahkan dengan inovasi Aplikasi Layanan KPKNL Palu (Aplikasi LAKU). “Berbagai kebutuhan dan informasi yang biasanya dibutuhkan oleh pengguna jasa telah diakomodir fitur Aplikasi LAKU” jelas Tegar, penanggung jawab Aplikasi LAKU.

Guna memastikan seluruh tahapan pembangunan Zona Integritas menuju WBBM telah sesuai dengan program kerja yang ditetapkan, KPKNL Palu melakukan monitoring dan evaluasi setiap pekannya. KPKNL Palu terus memperkuat komitmen untuk melayani pengguna jasa sebagaimana termaktub pada Maklumat Pelayanan. Maklumat ini senada dengan motto KPKNL Palu, “Kami Ikhlas Melayani”.

Teks dan Foto disusun oleh Tim Seksi Hukum dan Informasi.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini