Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palu > Berita
KOLEGIAL Sulawesi Tengah Juni 2022, Lebih dari Sekadar Lelang Produk
Angger Dewantara
Jum'at, 01 Juli 2022   |   92 kali

Palu (1/7/2022) - Kolaborasi Lelang UMKM Digital (KOLEGIAL) - Sulawesi Tengah, yang merupakan program Lelang Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sejak Maret hingga Juni 2022, berhasil menjual produk dari berbagai jenis UMKM dengan nilai penjualan pokok lelang mencapai Rp27 jutaan.

 

Program "Kolaborasi Lelang UMKM Digital (KOLEGIAL) - Sulawesi Tengah oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palu", ini merupakan bentuk keikut sertaan KPKNL Palu dalam kompetisi Kedai Lelang oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). Program ini me-lombakan seluruh KPKNL di Indonesia untuk sama-sama mengambil peran dalam pemberdayaan UMKM, khususnya yang terkena dampak pandemi covid-19 untuk memanfaatkan platform Lelang Indonesia.

 

Lelang produk UMKM dalam program KOLEGIAL ini dilaksanakan setiap bulan sepanjang tahun 2022 yang sebelumnya dibuka dengan lelang perdana pada Maret lalu. Pada periode Juni ini KPKNL Palu berhasil menjual 32 lot UMKM dengan total nilai pokok lelang mencapai Rp5,5 jutaan. Lelang periode Juni ini diselenggarakan selama 2 hari berturut-turut (29/6/2022-30/6/2022) secara daring melalui portal laman lelang.go.id.


Produk UMKM yang dilelang diantaranya ada kain motif batik khas Sulawesi Tengah (Sulteng), kain tenun (Kab. Donggala), kerajinan rotan, kerajinan batok kelapa, kerajinan kayu hitam (Kota Palu, Kab, Sigi dan Kab. Poso), hingga produk batik eco-printing produksi binaan Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BRSPDI) Nipotowe, Sigi.

 

Tegar O.Z., ketua panitia KOLEGIAL - Sulawesi Tengah akan mengandalkan pihak perbankan, instansi pemerintah pusat, dan pemerintah daerah yang selama ini menjadi stakeholder layanan KPKNL.


"Kami berusaha untuk memberikan outcome yang lebih meluas tidak hanya menjual produk UMKM melalui mekanisme lelang. Namun juga ikut aktif berpartisipasi dalam berbagai bentuk pemberdayaan UMKM seperti, edukasi pemasaran, dan juga permodalan," kata Tegar.

 

Hingga saat ini, kerjasama yang kuat banyak dilakukan bersama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Palu untuk melihat potensi UMKM di Sulawesi Tengah, khususnya di Kota Palu.

 

KPKNL Palu juga mengajak masyarakat umum untuk berpartisipasi mengikuti program KOLEGIAL ini yang akan terus berjalan setiap bulannya di tahun 2022 melalui platform Lelang indonesia yang dapat diakses melalui laman lelang.go.id atau aplikasi android Lelang Indonesia.

 

Penulis : Tim Seksi Hukum dan Informasi

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini