Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Palu
Berita DJKN

KPKNL Palu Tingkatkan Pemahaman Pengelolaan BMN pada Pengadilan Negeri se-Sulawesi Tengah

Rabu, 09 Juni 2021   |   53 kali

Palu – Selasa (8/6), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Palu menjadi narasumber dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) SAIBA, dan Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Pengadilan Tinggi Sulawesi Tengah bertempat di Hotel Rama Garden, Kota Palu.

Perwakilan dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil DJPB) Sulawesi Tengah hadir dalam acara tersebut untuk memberikan materi terkait penggunaan aplikasi SAIBA. Audiens kegiatan adalah seluruh Pengadilan Negeri di provinsi Sulawesi Tengah sebagai peserta. Menurut keterangan moderator kegiatan, acara bimtek ini merupakan agenda rutin setiap tahun bertujuan untuk membekali pegawai khususnya pegawai baru yang bertugas menjadi operator barang milik negara (BMN) dengan pengetahuan mengenai pengelolaan BMN secara keseluruhan, serta mewujudkan pengelolaan BMN di wilayah kerja Pengadilan Tinggi Sulawesi Tengah yang tertib dan akuntabel.

KPKNL Palu hadir diwakili oleh seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) yaitu Kepala seksi PKN Surya Hadi Purnama dan pelaksana seksi Aditya serta Widiana, mereka membawakan materi mengenai inventarisasi, penggunaan, pemanfaatan, pemindahtanganan, pemusnahan, penghapusan, serta penilaian BMN. Setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi diskusi untuk menyampaikan permasalahan dalam pengelolaan BMN yang ditemui di masing-masing kantor.

“Pertanyaan-pertanyaan yang umum ditanyakan oleh audiens yaitu mengenai teknis penghapusan dan pemusnahan BMN, dan juga pembagian kewenangan antara pengguna dan pengelola barang. Karena keterbatasan waktu, kami juga menegaskan bahwa kami KPKNL Palu selalu siap untuk diajak berdiskusi atau dimintai keterangan seputar pengelolaan BMN,”  terang Prabowo.

“Selama ini, Pengadilan Tinggi termasuk jajaran satuan kerja (satker) kami dengan pengelolaan BMN paling tertib.” tambah Surya Hadi Purnama.

Pada kesempatan tersebut, KPKNL Palu juga memberikan penghargaan terhadap Pengadilan Tinggi Sulawesi Tengah sebagai satker dengan tingkat akurasi data aplikasi SIMAN terbaik se-Sulawesi Tengah.


Penulis    : Tim Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Palu

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Prof. Moh. Yamin No. 55 Palu - Sulawesi Tengah
(0451) 8202737
-
palu.kpknl@gmail.com
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |