Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palopo > Berita
Himbauan Kelapa KPKNL Palopo terkait Digitalisasi Korespondensi antar Satker
Hayuningtyas Iga Siwi
Kamis, 14 Maret 2024   |   18 kali
Bertempat di aula KPPN Tipe A1 Palopo, Kepala KPKNL Palopo Naf’an Widiarso Rafid membagi informasi terkait digitalisasi layanan pengelolaan kekayaan negara (BMN) kepada para pimpinan satker/Kuasa Pengguna Barang di wilayah Luwu Raya. Kepala KPKNL Palopo menghimbau agar korespondensi para pimpinan satker dengan KPKNL Palopo dapat dilakukan secara digital dengan surat elektronik (email), dalam hal ini ke alamat email resmi KPKNL Palopo, sepanjang tidak disyaratkan oleh ketentuan harus dalam bentuk fisik. Dalam hal terdapat dokumen yang perlu dibubuhi meterai, dapat menggunakan meterai secara elektronik (e-materai) terutama jika tanda tangan pimpinan satker juga sudah dilakukan secara elektronik. Hal yang sama juga diharapkan dapat diterapkan sebaliknya dalam korespondensi KPKNL Palopo kepada para pemangku kepentingan, sehingga setiap satker diminta untuk menyampaikan alamat email resmi masing-masing kepada KPKNL Palopo.

Kebijakan untuk mengurangi penggunaan kertas (paperless) ini merupakan komitmen KPKNL Palopo dalam mendukung keberlanjutan lingkungan hidup. Penggunaan email resmi satker didorong agar digitalisasi dan dokumentasi bersifat resmi dan formal, ketimbang korespondensi menggunakan platform aplikasi kirim pesan melalui akun pegawai yang sifatnya informal. Lebih jauh, himbauan korespondensi secara digital ini merupakan transisi sebelum diimplementasikannya digitalisasi layanan secara penuh menggunakan aplikasi SIMAN v2. Sebagaimana direncanakan, tahun 2024 ini seluruh Kementerian/Lembaga selaku Pengguna Barang berikut instansi vertikalnya akan beralih menggunakan SIMAN v2 dalam pengelolaan barang milik negara. Dengan SIMAN v2 nanti, seluruh layanan pengelolaan BMN seperti penetapan status penggunaan, persetujuan pemanfaatan BMN, dan persetujuan pemindahtanganan BMN akan dilakukan secara digital.

Kepala KPKNL Palopo menyampaikan materi dimaksud di sela kegiatan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Anggaran Semester I Tahun 2024 dan penganugerahan ERA Treasury Award 2023, yang diselenggarakan oleh KPPN Palopo pada Selasa, 5 Maret 2024. Seperti dilakukan di kegiatan sejenis sebelumnya, selain penyampaian materi oleh Kepala KPPN Palopo terkait pelaksanaan anggaran, event ini juga menghadirkan Kepala KPKNL Palopo untuk menyampaikan materi seputar tugas dan fungsi KPKNL Palopo, khususnya dalam hal ini pengelolaan BMN. Sinergi ini merupakan manifestasi spirit Kemenkeu Satu antara KPKNL dan KPPN yang sama-sama bertanggung jawab dalam pelaksanaan kebijakan fiskal. Bedanya yang satu fokusnya mengurus barang, sementara yang lain mengurus uang.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini