Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palopo > Berita
Apresiasi Capaian Kinerja Pengelolaan Kekayaan Negara dan Lelang di WIlayah Sulawesi Selatan Tahun 2023
Hayuningtyas Iga Siwi
Senin, 29 Januari 2024   |   30 kali

Tahun 2023 telah ditutup dengan senyum. Catatan manis ini antara lain dibukukan oleh program sertifikasi tanah Barang Milik Negara (BMN) yang merupakan Program Unggulan Pemerintah tahun 2023. Sempat tertatih-tatih kinerjanya terutama di paruh pertama tahun lalu, percepatan sertifikasi tanah BMN ini berakhir dengan capaian yang membanggakan. Kondisi yang kurang lebih sama terjadi di bidang lelang, di mana torehan capaian ditutup dengan melegakan kendati kepastian prestasi hijau tersebut baru diperoleh di waktu-waktu akhir sebelum penutupan tahun.

Atas rapor bagus tersebut, Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat (Sulseltrabar) menggelar acara apresiasi kepada para pemangku kepentingan yang terlibat dalam pencapaian. Apresiasi diselenggarakan di Aula GKN II Makassar pada Kamis, 25 Januari 2024. Dalam acara yang dibuka oleh Kepala Kanwil DJKN Arif Bintarto Yuwono ini, hadir sejumlah pejabat antara lain Kepala BBWS Pompengan-Jeneberang, Karolog Polda Sulawesi Selatan, perwakilan BPN Provinsi Sulawesi Selatan, perwakilan PT. Pegadaian (Persero), pimpinan wilayah perbankan di Sulawesi Selatan, para Kepala Kantor Pertanahan di Provinsi Sulawesi Selatan, Pejabat Lelang Kelas II, dan perwakilan Balai Lelang. Dari DJKN hadir Kepala KPKNL Makassar, Kepala KPKNL Parepare, Kepala KPKNL Palopo, serta jajaran pejabat di lingkungan Kanwil DJKN Sulseltrabar.

Sejumlah penghargaan disampaikan kepada pemangku kepentingan terkait, sebagai perwujudan apresiasi dari DJKN. Di bidang lelang, penghargaan diberikan kepada Pegadaian, Pejabat Lelang Kelas II, dan Balai Lelang atas kontribusi mereka, baik dari sisi PNBP, pokok lelang, maupun frekuensi lelang. Sementara itu, di bidang pengelolaan BMN khususnya terkait sertifikasi tanah BMN, apresiasi diberikan baik kepada Kantor Pertanahan maupun satuan kerja. Penghargaan kolaborasi diberikan kepada para Kepala Kantor Pertanahan di wilayah kerja KPKNL Makassar, KPKNL Parepare, dan KPKNL Palopo atas kerja sama yang apik dalam menuntaskan sertifikasi tanah BMN ini. Adapun satker yang menerima penghargaan merupakan satker dengan jumlah tanah BMN yang disertifikatkan paling banyak, yaitu BBWS Pompengan-Jeneberang (Kementerian PUPR) dan Balai Pengelola Kereta Api Sulawesi Selatan (Kementerian Perhubungan). 

Khusus untuk apresiasi sertifikasi tanah BMN kepada Kepala Kantor Pertanahan di wilayah kerja KPKNL Palopo, penghargaan kolaborasi diberikan oleh Kepala KPKNL Palopo Naf’an Widiarso Rafid kepada Kepala Kantah Kota Palopo, Kab. Luwu, Kab. Luwu Utara, Kab. Luwu Timur, Kab. Tana Toraja, dan Kab. Enrekang. Dalam kesempatan ini, Kepala Kantah Kab. Luwu Timur juga memperoleh penghargaan sertifikasi dengan kompleksitas tertinggi, mengingat jumlah sertifikasinya paling banyak dan dapat selesai dalam waktu relatif singkat. Sementara itu, Kepala Kantah Kota Palopo meraih juga penghargaan sebagai Kantah Favorit. Untuk konteks satker, penghargaan sertifikasi juga diperoleh Institut Agama Kristen Negeri Tana Toraja yang diterima oleh Rektor IAKN.

Diharapkan dengan penyampaian apresiasi dan penghargaan di bidang BMN ini, kerja sama untuk menuntaskan sertifikasi tanah BMN antara DJKN, BPN/Kantor Pertanahan, dan satuan kerja dapat terjalin lebih erat dan positif, dan target sertifikasi tahun 2024 dapat tercapai dengan lancar.


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini